25.4 C
Jakarta
Senin, 15 Juli, 2024

Selain Pendanaan, KlikUMKM Juga Berikan Pelatihan Anggota Terdaftar

klikUMKM merupakan platform pendanaan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk modal usaha, yang bisa diakses lewat website resminya. UMKM yang dimaksud oleh platform merupakan kelompok usaha yang berada di produk seperti kuliner, peternakan, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan,UMKM yang ingin mendapatkan pendanaan dari platform pinjaman secara online ini harus memiliki anggota yang terdiri dari minimal 8 orang ibu-ibu, dan menjadi mitra dari platform. UMKM yang menjadi mitra platform akan mendapatkan berbagai macam manfaat di luar pendanaan yang diberikan.

UMKM tersebut akan berada di suatu asosiasi yang menaunginya. Nantinya, asosiasi tersebut akan merekomendasikan UMKM tersebut untuk mendapatkan pembiayaan. Di sisi lain, asosiasi juga harus bertanggung jawab membantu UMKM mengelola dana pinjaman, sebab apabila nantinya UMKM mengalami gagal bayar saat pelunasan, maka pihak asosiasi akan ikut bertanggung jawab.

Cara Kerja klikUMKM

Sebelum berurusan dengan UMKM, pihak platform dan pihak asosiasi akan melakukan semacam penandatanganan nota kesepakatan di atas materai.  Barulah setelah itu asosiasi dapat merekomendasikan UMKM yang membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Ketika asosiasi merekomendasikan suatu UMKM, pihak platform akan melakukan semacam survey ke tempat bisnis anggota kelompok UMKM tersebut. Di sana, pihak platform akan mengumpulkan data anggota UMKM seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan pihak platform juga akan melakukan inverview kepada anggota UMKM satu per satu.

Menjadi Pemberi Pinjaman di KlikUMKM

Untuk menjadi pemberi pinjaman di platform ini, kamu dapat memprosesnya dengan mudah, hanya perlu membuka situs website resmi KlikUMKM. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka situs website resmi platform, kemudian Daftar sebagai Pemberi Pinjaman.
  2. Kemudian, setujui syarat dan ketentuan yang diminta oleh pihak platform.
  3. Masukkan nomor telepon pemberi pinjaman yang aktif.
  4. Setelah itu, pihak platform akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan kode ke nomor telepon.
  5. Setelah tahap verifikasi selesai, pemberi pinjaman harus mengisi informasi terkait identitas secara lengkap.
  6. Jika sudah, maka pendaftaran pun berhasil.
  7. Setelah berhasil mendaftar, maka pemberi pinjaman dapat memilih mitra UMKM di marketplace KlikUMKM yang tersedia.
  8. Jika telah menemukan UMKM yang sesuai kebutuhan, maka pemberi pinjaman tinggal memberikan pendanaan, dan pendanaan pun berhasil.

Dengan membiayai UMKM yang tersedia di platform ini, pemberi pinjaman akan mendapatkan imbal hasil sebesar 18 persen hingga 36 persen. Besaran bunga ini tergantung dari hasil skor kredit pada masing-masing UMKM yang terdaftar di marketplace.

Selain mendapatkan bunga, pihak pemberi pinjaman secara langsung juga telah membantu dan berperan aktif dalam tumbuh kembangnya usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia. Saat ini ada banyak sekali UMKM di Indonesia yang membutuhkan pembiayaan, tentunya dengan menjadi pemberi dana, kamu telah memberi dampak sosial yang baik untuk peningkatan ekonomi dan kualitas UMKM.

Pemberi pinjaman dapat melakukan pendanaan mulai dari Rp 500 ribu untuk setiap pengajuan yang tersedia.

Menjadi Mitra UMKM

Apa saja keuntungan jika menjadi mitra UMKM di platform ini? Tentu saja platform bisa diakses dengan sangat mudah, pendanaan diproses dengna cepat, serta angsuran yang ditawarkan sangat terjangkau.

UMKM yang bermitra dengan platform, selain mendapat pendanaan dengan angsuran terjangkau, juga mendapat pelatihan dalam mengelola dan mengembangkan usahanya. UMKM juga punya kesempatan besar untuk memperluas pasarnya, serta bisa bekerja sama dengan asosiasi sebagai anggota kelompok yang telah terpilih.

Pihak platform juga memproses pembiayaan dengan mudah dan tidak meminta jaminan atau DP untuk mendapatkan pendanaan, bahkan platform ini juga menggunakan sistem tanggung renteng.

Cara Daftar Menjadi Penerima Pinjaman

Untuk menjadi penerima pinjaman, kamu hanya perlu membuka situs website resmi platform pinjaman online ini.

  1. Buka situs website resmi platform, kemudian klik daftar sebagai penerima pinjaman.

2 Isi data yang diminta seperti nama lengkap, nomor telepon, provinsi, kota, jenis usaha, dan alamat usaha.

  1. Jika seluruh informasi telah diisi, maka pihak platform akan mengutus timnya untuk menghubungi penerima pinjaman.

 

 Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU