32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Danacita: Platform Pinjaman Pendidikan untuk Mahasiswa

Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pinjaman pendidikan secara bertahap untuk mahasiswa perguruan tinggi serta peserta pelatihan. Platform ini hadir untuk membantu biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan kredit pendidikan, dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia.

Danacita termasuk dalam pinjol pendidikan terbaik menurut Investbro.id karena telah bermitra dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga kursus.

Platform pinjaman pendidikan untuk mahasiswa dan peserta pelatihan ini memiliki persyaratan yang cukup mudah untuk pengajuan peminjaman. Pinjaman ini tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit seperti mewajibkan jaminan atau agunan seperti aset dan surat berharga lainnya.

Bahkan, kamu tidak perlu melakukan pembayaran down payment (DP) atau uang muka untuk mendapatkan pinjaman di platform ini. Di samping itu, Danacita juga memproses pengajuan dengan cepat, peminjam dapat mengajukan pinjaman secara online dan apabila diterima, maka tinggal melakukan pembayaran bulanan.

Cara Kerja Danacita

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon peminjam tentunya membuka situs website penyelenggara dan mendaftarkan akunnya di sana. Kemudian, apabila telah diverifikasi, maka calon peminjam tinggal mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagai informasi, platform pinjaman pendidikan ini menerima pengajuan untuk semua biaya akademis yang secara resmi ditagih oleh kampus atau lembaga pendidikan tempat calon peminjam mencari ilmu.

Apabila pengajuan peminjam disetujui, platform ini akan membayarkan terlebih dahulu biaya pendidikan peminjam, dan dana pembiayaan yang telah disetujui akan dikirim lansung ke rekening kampus atau lembaga pendidikan yang telah didaftarkan oleh peminjam.

Kemudian, jika pembayaran telah diterima oleh kampus atau lembaga pendidikan, penerima pinjaman hanya perlu melakukan pembayaran kembali secara bertahap sesuai dengan pilihannya pada waktu mengajukan pinjaman. Ada beberapa tenor pinjaman, yaitu mulai dari 6 bulan, hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif, dan mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan untuk mahasiswa baru.

Kategori Calon Peminjam Dana Pendidikan

Ada dua kategori yang dapat mengakses pembiayaan dana pendidikan di Danacita, yaitu sebagai berikut.

  1. Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru adalah pelajar yang baru menjadi mahasiswa di salah satu kampus atau lembaga pendidikan, dan baru akan menjalani sesi perkuliahannya. Untuk mahasiswa kategori ini, dapat mengajukan pinjaman hingga tenor waktu 24 bulan.

  1. Mahasiswa Aktif

Kemudian ada mahasiswa aktif yang merupakan mahasiswa yang telah dan sedang menjalani sesi perkualiahannya. Mahasiswa kategori aktif ini dapat mengajukan pembiayaan dana pendidikan di Danacita hingga tenor waktu 12 bulan lamanya.

Untuk mengajukan pembiayaan dana pendidikan, calon peminjam hanya perlu mendaftarkan dirinya di platform pinjaman online ini. Setelah memiliki dan memverifikasi akunnya, maka calon peminjam akan diminta untuk melengkapi formulir pengajuan dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak Danacita.

Untuk alur pembiayaan, calon peminjam akan melakukan pendaftaran, kemudian pengajuan, melakukan proses verifikasi, kemudian disetujui platform, lalu tandatangan dokumen perjanjian , dan platform melakukan pembayaran ke kampus atau lembaga pendidikan.

Persyaratan Pengajuan

Untuk mengajukan pembiayaan pendidikan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

Persyaratan usia di bawah 21 tahun

  1. e-KTP pelajar dan wali yang fungsinya untuk data identitas kamu dan wali.
  2. Selfie (swafoto) pelajar dan wali untuk memberikan bukti dan kepastian validitas data kamu dan wali.
  3. Dokumen bukti penghasilan sebagai bukti penghasilan kamu dan wali yang bisa dalam bentuk slip gaji atau rekening koran satu bulan terakhir.
  4. Bukti tagihan kampus atau lembaga kursus untuk memverifikasi dan memastikan kamu terdaftar di salah satu kampus atau lembaga kursus sekolah yang telah bermitra dengan Danacita.

Persyaratan usia di atas 21 tahun

  1. e-KTP pelajar sebagai data identitas calon peminjam.
  2. Selfie pelajar sebagai validitas data calon peminjam kepada platform.
  3. Dokumen bukti penghasilan sebagai bukti penghasilan penghasilan kamu atau wali yang bentuknya bisa berupa slip gaji atau rekening koran satu selama bulan terakhir.
  4. Bukti tagihan kampus atau lembaga kursus untuk memastikan calon peminjam sudah terdaftar di salah satu kampus atau lembaga kursus sekolah mitra Danacita.

Nah, bagi calon peminjam yang ingin mengajukan pembiayaan pendidikan, platform ini menggandeng PrivyID untuk melakukan proses verifikasi saat penandatanganan dokumen secara digital setelah pengajuan diterima.

PrivyID dan password akan dikirimkan ke masing-masing email pelajar dan wali (jika menggunakan wali sebagai penjamin). Platform digital signature ini berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam melakukan perjanjian serta mencegah pemalsuan tanda tangan yang kerap terjadi dalam transaksi digital belakangan ini.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU