30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Komoditas Impor Indonesia 2024, Ketahui Selengkapnya di Sini

Komoditas impor Indonesia apa saja? Impor dan ekspor adalah kegiatan umum dalam setiap negara. Komoditas impor merujuk pada barang-barang yang dibeli dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan suatu negara. 

Selain membahas ekspor, penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa komoditas impor Indonesia yang cukup signifikan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa komoditas impor Indonesia yang berasal dari berbagai negara. Ayo, ikuti pembahasan ini sampai selesai, seperti dinukil dari OCBC.id.

Macam-Macam Komoditas Impor Indonesia

Komoditas impor Indonesia tidak hanya teknologi dan fashion, tetapi juga mencakup kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, lho. Berikut masing-masing penjelasannya.

Baca juga: 10 Komoditas Impor di Indonesia dan Fenomena Komoditas Internasional

Komoditas Impor Indonesia

1. Peralatan Mekanik

Salah satu jenis komoditas impor Indonesia adalah mesin dan berbagai peralatan mekanik yang diperlukan oleh industri dalam negeri. Peralatan mekanik ini sering diimpor dari negara-negara seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan, Malaysia, dan Tiongkok. Hingga Oktober 2023, nilai impor peralatan mekanik di Indonesia mencapai 2.902.622.126 USD.

2. Peralatan Elektronik

Selain peralatan mekanik, Indonesia juga mengimpor peralatan elektronik dari luar negeri. Beberapa jenis peralatan elektronik yang diimpor termasuk smartphone, mesin cuci, AC, komputer, dan berbagai perangkat lainnya.

3. Produk Plastik

Impor plastik di Indonesia mencakup berbagai barang sehari-hari seperti peralatan makan dan minum, sering kali diimpor dari Tiongkok. Namun, impor tidak hanya terbatas pada produk jadi, tetapi juga mencakup bahan baku plastik dan limbah plastik. Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa nilai impor plastik dan produk plastik Indonesia mencapai 858.085.530 USD dengan berat total 524.044.507 kilogram.

4. Kendaraan

Komoditas impor utama Indonesia termasuk kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil, beserta suku cadangnya. Nilai impor kendaraan di Indonesia pada Oktober 2023 mencapai 774.732.452 USD. Kendaraan tersebut umumnya diimpor dari negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, India, Malaysia, Thailand, serta beberapa negara Eropa seperti Italia, Jerman, dan Inggris.

5. Produk Fashion

Produk fashion, mencakup pakaian, sepatu, tas, perhiasan, dan aksesoris, merupakan komoditas impor yang signifikan di Indonesia. Produk ini dominan berasal dari Tiongkok, dan tren terkini juga menunjukkan pengaruh dari Korea Selatan, Amerika, Australia, Brasil, dan Vietnam dalam industri fashion Indonesia.

6. Alat Medis

Alat medis menjadi salah satu komoditas impor Indonesia yang penting. Meskipun Indonesia memiliki produsen alat medis yang berkualitas, impor masih diperlukan. Pada Oktober 2023, alat medis, termasuk instrumen optik, fotografi, dan sinematografi, memiliki nilai impor sebesar 331.723.489 USD. Indonesia melakukan impor alat medis utamanya dari Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Malaysia.

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Mendag Tetapkan Daftar Positive Impor

Komoditas Impor Indonesia

7. Aluminium

Aluminium juga termasuk dalam komoditas impor Indonesia. Menurut data dari Badan Pusat Statistik hingga Oktober 2023, Indonesia telah mengimpor aluminium dari berbagai negara sebanyak 160.648.237 USD dengan total berat 61.114.671 kilogram.

8. Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan komoditas impor Indonesia yang digunakan sebagai bahan baku. Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa pada Oktober 2023, Indonesia telah mengimpor buah-buahan sebanyak 53.761.922 kilogram dengan nilai impor sebesar 117.684.445 USD. Sementara itu, total berat sayuran yang diimpor adalah 53.802.706 kilogram dengan nilai impor sebesar 62.330.768 USD.

9. Besi dan Baja

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, hingga Oktober 2023, Indonesia telah mengimpor besi dan baja sejumlah 848.965.318 USD dengan total berat 1.096.914.188 kilogram. Indonesia umumnya mengimpor besi dan baja dari negara seperti China, Jepang, dan Afrika Selatan.

10. Serealia

Serealia, termasuk gandum, sorgum, dan jagung, merupakan jenis tanaman yang diimpor sebagai komoditas impor. Produk serealia sebagian besar diimpor dari Australia, Argentina, Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat. Pada Oktober 2023, Indonesia telah mengimpor serealia sebanyak 1.357.189.571 kilogram dengan nilai impor mencapai 522.047.851 kilogram.

Komoditas Impor Indonesia

Penutup

Demikianlah ulasan terkait komoditas impor Indonesia yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Lindungi UMKM, Pemerintah Kendalikan Impor

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE