26.2 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

Konsultan Media Sosial: Profesi Baru yang Diburu dan Banyak Datangkan Cuan

JAKARTA, duniafintech.com – Konsultan Media Sosial merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan untuk membantu pengelolaan media sosial sesuai dengan tujuan keberadaannya. Profesi ini tercipta karena perkembangan media sosial yang kini semakin pesat digunakan oleh pelaku bisnis, Influencer, dan sebagainya untuk bisa menghasilkan uang dari internet dan sarana pemasaran digital.

Awalnya sosial media ini hanyalah sekedar media alternatif baru untuk bisa terkoneksi antar banyak orang di dunia. Berdekade lalu, publik telah mengenal bertukar surat sebagai cara komunikasi jarak jauh yang lebih efektif. Namun, kecanggihan teknologi sekarang ini memberikan alternatif yang lebih cepat dan mudah. Bahkan, sosial media sudah membuat banyak orang yang tidak saling kenal bisa saling berinteraksi.

Sekilas Tentang Medsos

Berawal hanya sekedar sebagai alat komunikasi, kini fungsinya dapat berkembang lebih jauh dan yang paling berdampak ialah sebagai alat pemasaran produk. Dikombinasikan dengan strategi digital marketing maka medsos menjadi cara promosi kekinian yang efektivitasnya tidak bisa untuk diragukan lagi.

Media sosial kini sangat berguna untuk sarana promosi, membangun image, meningkatkan awareness maupun meraih konsumen untuk kepentingan bisnis. Itulah alasannya banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki akun You Tube, Instagram, Facebook atau Twitter. Jika awalnya terasa sulit untuk memahami konsep dalam bermain media sosial, kemudian mulai beralih untuk mengikuti tren tersebut dengan motif ekonomi di baliknya.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki bakat membuat konten media sosial yang menarik. Kita tahu betul ada beberapa nama influencer yang berhasil menjadi publik figur baru hanya karena kreativitasnya menciptakan konten. Cara ini kemudian ditiru oleh banyak orang maupun produk untuk meningkatkan ketertarikan publik dan tentu saja demi meningkatkan penjualannya.

Untuk kebutuhan tersebutlah, maka jasa konsultan media sosial ini sangat dibutuhkan. Meski profesi ini terkesan remeh, namun pekerjaan ini tidaklah gampang. Karena diperlukan pemahaman luas mengenai audience sosmed yang digunakan serta konten yang sesuai dengan tujuannya. Jika kamu selama ini merasa sudah berbakat dalam bermain sosmed, maka tak ada salahnya untuk menjajal profesi baru nan kekinian ini.

Konsultan Media Sosial menjadi Profesi Baru yang Ramai Diburu

Profesi ini sekarang sedang banyak dibutuhkan dan kebanyakan yang membutuhkannya adalah perusahaan-perusahaan hingga publik figur yang ingin menggapai pasar yang lebih luas dari sebelumnya. Karena hal itu, dengan menjadi konsultan medsos sekarang ini, maka bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Selain karena penawaran cukup tinggi, dan fleksibilitas waktu kerja konsultan juga menjadi nilai plus yang tidak dimiliki oleh pekerja kantoran. Tentu bisa juga bagi kamu yang ingin menjadikan pekerjaan ini sebagai sambilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Profesi ini juga masih amat jarang dilakoni banyak orang, namun kebutuhannya sangat tinggi.

Cara Menjadi Konsultan Media Sosial yang Sukses

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang jasa konsultansi ini, berikut ini adalah lima cara yang bisa kamu ikuti, antara lain:

  • Membangun Portofolio

Sebagai seorang konsultan pemasaran media sosial, tentu harus melakukan beberapa hal, mulailah dengan membangun portofolio kasus studimu sendiri. Ada banyak klien ingin melihat pekerjaan yang telah kamu lakukan di masa lalu untuk orang lain, dan itu adalah pencapaian yang berhasil.

Lalu, memproduksi dan menerbitkan konten yang menunjukkan keahlianmu di bidang pemasaran media sosial. Dengan memiliki blog atau bahkan menulis di medium lain, maka dapat membantu kamu untuk lebih menonjol dari kerumunan konsultan-konsultan lainnya yang beredar di sekeliling kamu.

  • Membangun Koneksi

Ketika kamu telah memutuskan ingin mengambil kesempatan untuk menjadi konsultan media sosial sementara waktu, dan akhirnya beralih sebagai satu pekerjaan utama, maka mulailah untuk bergabung di jaringan pertemanan sesama ahli secara online, lebih baik lagi secara offline.

Hubungan dan membangun kepercayaan kepada para pelanggan tentu bisa memakan waktu, jadi mulailah untuk menunjukkan keahlian dan riwayat kerja kamu sesegera mungkin. Dengan sebuah jaringan pertemanan, nama kamu nantinya akan muncul sebagai salah satu rekomendasi konsultan di satu percakapan jika orang lain sedang membutuhkan jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu.

  • Kelola Akun Semenarik Mungkin

Jika kamu sangat berharap untuk menjadi konsultan medsos yang sukses, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat media sosial semenarik mungkin dan memposting konten sesering mungkin. Jangan terlalu khawatir tentang logo atau situs web yang ingin dipoles, itu adalah hal terakhir yang bisa dikerjakan nanti setelah banyak konten mengisi situs web atau media sosial kamu yang lainnya.

Fokus pada menumbuhkan pengikut yang setia dengan memberikan nilai (kiat dan trik media sosial) dan membagikan beberapa pengalaman kerja sebagai konsultan. Jika kamu masih baru dan tidak memiliki pengalaman formal, tidak perlu khawatir karena kamu masih dapat menarik calon pelanggan potensial dengan cara membagikan pengetahuan yang dimiliki kepada dunia.

Bersemangatlah dengan usaha baru kamu dan pastikan juga untuk menghabiskan waktu dalam mengembangkan brand pribadi dan eksistensi online kamu. Perlu juga untuk menanyakan konsultan lain mengenai bagaimana mereka memulai. Karena sebagian besar konsultan sosial media akan bersedia untuk mengobrol dengan kamu.

  • Mengatur Jam Terbang

Pengaturan waktu biasanya merupakan salah satu faktor yang paling sulit dalam memutuskan kapan kamu harus mulai meniti karir menjadi konsultan sosial media ini secara penuh. Tentu saja hanya kamu yang akan tahu mengenai kapan waktu tepatnya, akan tetapi berusahalah untuk menghemat biaya hidup sekitar tiga hingga enam bulanan, kalau-kalau ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana.

Jika Anda sedang bekerja di suatu bidang pekerjaan dengan penghasilan tetap, namun sudah tidak ingin bekerja di perusahaan tersebut dan ingin segera keluar, cobalah bersabar sedikit lagi. Jalani menjadi konsultan sosial media secara part time lebih dulu, sebelum menjadikannya full-time job.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE