27.3 C
Jakarta
Kamis, 20 Juni, 2024

Waspada! Hindari Korban Skema Ponzi Menjelang Idul Adha

JAKARTA, duniafintech.com – Korban skema ponzi menjadi pokok pembahasan kali ini. Idul Adha menjadi momen istimewa bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah kurban. Namun, di tengah semangat berkurban, perlu diwaspadai modus penipuan berkedok investasi atau kurban yang mengadopsi skema Ponzi.

Mengenal Skema Ponzi

Skema Ponzi adalah modus investasi ilegal yang menawarkan keuntungan tinggi dengan iming-iming bagi hasil dari investasi orang lain, alih-alih keuntungan yang dihasilkan dari usaha riil. Ibarat pepatah, “gali lubang tutup lubang,” skema ini terus berjalan dengan menggunakan dana dari investor baru untuk membayar keuntungan investor lama.

Ciri-ciri Skema Ponzi Berkedok Kurban

  • Menjanjikan Keuntungan Tidak Wajar: Skema ini menawarkan keuntungan yang sangat tinggi dan tidak masuk akal, jauh melebihi keuntungan kurban pada umumnya.
  • Minim Informasi dan Legalitas: Penyelenggara program biasanya tidak transparan mengenai pengelolaan dana dan tidak memiliki izin resmi dari lembaga terkait seperti Baznas.
  • Fokus Rekrutmen Peserta Baru: Skema ini akan gencar mengajak Anda untuk merekrut orang lain untuk mengikuti program kurban mereka.

Dampak Negatif Korban Skema Ponzi

Ikut serta dalam program kurban skema Ponzi dapat merugikan Anda:

  • Kehilangan Dana: Ketika aliran dana investor baru tersendat, skema ini akan runtuh dan Anda kehilangan dana yang disetorkan.
  • Mencoreng Ibadah Kurban: Skema ini mencederai esensi ibadah kurban yang seharusnya berlandaskan keikhlasan dan membantu sesama.

Tips Aman Berkurban

  • Pilih Penyelenggara Terpercaya: Pilih lembaga kurban yang memiliki reputasi baik, izin resmi, dan pengalaman berkurban. Contohnya lembaga seperti Baznas, Dompet Dhuafa, NU Care, atau lembaga kurban di lingkungan masjid Anda.
  • Transparansi Dana: Pastikan penyelenggara kurban transparan dalam pengelolaan dana dan pendistribusian daging kurban.
  • Cek Legalitas: Tidak ada salahnya untuk mengecek legalitas lembaga kurban melalui website resmi terkait.

Penutup

Menunaikan ibadah kurban harus dilandasi niat yang tulus dan memilih lembaga yang terpercaya. Waspadalah terhadap iming-iming keuntungan yang tidak masuk akal agar terhindar dari korban skema Ponzi. Selamat berkurban dengan penuh berkah dan terhindar dari penipuan alias korban skema Ponzi.

Baca jugaPT BEST Eco Racing: Kontroversi MLM dan Dugaan Skema Ponzi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU