29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

Ternyata Bisa Kredit Motor di Pegadaian, Begini Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Kredit motor di Pegadaian adalah satu dari beberapa solusi bagi Anda untuk mendapatkan motor sebagai salah satu transportasi menunjang aktivitas sehari-hari. Meski demikian, ada banyak juga orang memilih beli motor bekas di Pegadaian, entah itu melalui e-commerce dan lain-lain.

Sebagaimana diketahui, motor sendiri sekarang bukan lagi hanya menjadi alat transportasi, melainkan juga sebagai salah satu status sosial hingga sarana mencari nafkah. Jika Anda memang hendak upgrade kendaraan, tetapi terkendala biaya, solusi terbaiknya tentu saja dengan cicil motor.

Biasanya, syarat dan ketentuan yang diberikan juga cukup mudah. Maka dari itu, bagi Anda yang memang tertarik untuk melakukan cicil motor lewat Pegadaian, simak uraian di bawah ini.

Tentang Kredit Motor di Pegadaian 2021

Langkah mencicil motor di Pegadaian menjadi salah satu cara cicil motor sebagaimana yang sering dilakukan orang-orang lewat leasing. Perbedaannya adalah saat Anda memilih untuk cicil motor di Pegadaian, terdapat beragam keuntungan yang ditawarkan.

Di samping itu, cicil motor lewat Pegadaian pun boleh disebut memiliki DP yang cukup terjangkau, yakni hanya 10% dari harga total. Bukan itu saja, bagi Anda yang nyicil motor lewat Pegadaian juga dapat memilih tenor mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan.

Adapun produk yang dikeluarkan oleh Pegadaian terkait biaya cicil motor dinamakan Program Pembiayaan Amanah.

Syarat Kredit Motor di Pegadaian

Inilah syarat cicil motor di Pegadaian yang perlu Anda ketahui.

  1. Minimal usia 21 tahun

Jika Anda hendak mengajukan cicilan motor melalui Pegadaian, syarat utamanya adalah berusia 21 tahun. Pasalnya, usia 21 tahun sendiri dianggap sudah mampu bertanggung jawab untuk pemenuhan kebutuhan cicilan motor.

  1. Pegawai tetap

Berikutnya, Anda pun mesti menjadi pegawai tetap pada sebuah instansi pemerintahan, BUMN, ataupun swasta. Boleh juga, setidaknya, Anda telah bekerja selama 2 tahun. Hal itu juga menjadi salah satu syarat mutlak karena pihak Pegadaian bakal mempertimbangkan permohonan cicilan motor diajukan untuk memperkirakan Anda sanggup membayar angsuran atau tidak di masa depan.

  1. Fotokopi surat rekomendasi dari atasan

Jika Anda memilih cicil motor di Pegadaian, Anda juga harus mengantongi surat rekomendasi dari atasan. Tujuan dari hal ini adalah untuk memastikan bahwa Anda benar-benar bekerja sebagai karyawan di perusahaan itu.

  1. Punya tempat tinggal

Kemudian, kalau Anda hendak mengajukan cicilan motor di Pegadaian, Anda pun mesti punya tempat tinggal. Tujuannya untuk mempermudah perusahaan memproses permohonan cicilan yang Anda lakukan dan mengantisipasi apabila terjadi cicilan macet pada masa mendatang.

Cara Cicil Motor di Pegadaian

Jika Anda sudah memenuhi syarat di atas, Anda kini dapat melakukan cicil motor di Pegadaian, dengan panduan sebagai berikut.

  1. Melengkapi dokumen

Selepas Anda memenuhi syarat sebagai orang yang mampu melakukan cicilan motor lewat Pegadaian, jangan lupa untuk juga melengkapi dokumen wajibnya, yang berupa fotokopi KTP, fotokopi KK (kartu keluarga), melampirkan slip gaji 2 bulan terakhir, dan lain-lain.

  1. Mengisi formulir

Penting diketahui, bagi Anda yang melakukan pengajuan cicil motor di Pegadaian Syariah ataupun umum, tentunya Anda akan diwajibkan mengisi formulir akad, yang akan menjadi bukti bahwa Anda terdaftar sebagai calon kreditur di Pegadaian.

Di samping itu, dengan mengisi formulir, nantinya akan mempermudah proses pengajuan yang Anda lakukan. Formulir cicil motor di Pegadaian ini dapat langsung Anda minta kepada pihak Pegadaian.

  1. Membayar uang muka sesuai kesepakatan

Selanjutnya, Anda juga diwajibkan untuk membayar uang muka sesuai kesepakatan. Uang muka yang harus dibayarkan biasanya sebesar 10% dari total harga motor yang ingin dibeli.

Kelebihan Cicil Motor di Pegadaian

  • Pegadaian mengklaim menggunakan biaya administrasi lebih murah dan cicilan tetap.
  • Uang muka yang dibebankan jika kredit lewat Pegadaian juga cukup terjangkau, yakni 10%.
  • Terdapat beragam jangka waktu pembiayaan, mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.
  • Proses pengajuannya terbilang cepat dan mudah apabila Anda sudah memenuhi semua syarat.
  • Jika memilih cicil motor di Pegadaian Syariah, tentunya akan sesuai dengan ajaran Islam serta dijamin aman, adil, dan amanah.
  • Program Pegadaian tentang cicil motor juga tersebar di berbagai wilayah. Karena itu, Anda bisa pilih lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Simulasi Cicilan

Berikut ini disajikan simulasi cicilan motor lewat Pegadaian yang dapat menjadi referensi buat Anda.

  • Beban biaya DP 10% dari harga total motor yang diinginkan.
  • Harga motor Rp16.200.000
  • Tenor 12 bulan
  • Biaya administrasi dan asuransi Rp146.000/bulan
  • Angsuran tiap bulan Rp1.361.000

Mengacu pada simulasi itu, Anda kini dapat memperkirakan bahwa biaya angsuran yang akan dibebankan kepada Anda untuk angsuran tiap bulannya adalah Rp1.361.000. Artinya, Anda harus memastikan bahwa biaya yang Anda keluarkan tidak lebih dari 30% total penghasilan.

Kesalahan saat Melakukan Kredit Kendaraan

  1. Memilih jangka kredit yang panjang

Pada umumnya, ini adalah kesalahan yang palinig sering dialami oleh para kreditur. Anda dalam hal ini perlu ingat bahwa jika Anda memilih tenor panjang, itu artinya bunga yang akan dikeluarkan setiap bulannya akan lebih banyak.

Bisa juga diartikan, untuk mendapatkan satu motor impian, Anda harus membayar lebih mahal. Maka dari itu, sebaiknya sebelum Anda memilih cicilan, hitunglah terlebih dahulu kesehatan keuangan Anda.

  1. Tidak memperhatikan tanggal pembayaran

Kedua, kesalahan yang juga sering terjadi dan karena itu mesti dihindari, yakni mengabaikan tanggal pembayaran jatuh tempo. Saat Anda mengajukan kredit motor, biasanya akan ditanya tanggal jatuh tempo. Karena itu, Anda harus memperhatikan batas pembayaran ini agar tidak terjadi keterlambatan yang dapat mengakibatkan denda.

  1. Tidak mencari tahu kapan BPKB bisa diambil

Pada umumnya, buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) akan diserahkan saat Anda sudah melunasi semua cicilan. Akan tetapi, ada beberapa tempat leasing yang mempersulit hal tersebut.

Maka dari itu, carilah informasi lebih detail mengenai waktu pengambilan BPKB tersebut.

  1. Tidak menyertakan asuransi kendaraan

Ini juga menjadi hal yang juga sering dilupakan oleh kreditur motor, yakni tidak menyertakan asuransi kendaraan bermotor. Meski hal ini memang bakal menambah biaya kredit atau angsuran tiap bulannya, tetapi dengan menambah produk asuransi, tentunya bakal apabila dikemudian hari terjadi kehilangan atau kecelakaan.

Demikianlah uraian lengkap soal pengalaman kredit motor di Pegadaian yang perlu Anda ketahui. Kendati terbilang cepat, mudah, dan dengan DP ringan, tetapi penting Anda cermati terlebih dahulu kesehatan keuangan Anda sebelum melakukan angsuran motor. Hal itu agar Anda tahu kesanggupan Anda untuk melunasi cicilan tiap bulannya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU