27.9 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

Listing Koin ASIX di Platformnya, Ini Kata Bos Indodax

JAKARTA, duniafintech.com – ASIX Token yang merupakan koin kripto garapan musisi sekaligus politisi Anang Hermansyah akan listing di platform perdagangan kripto terbesar di Indonesia, Indodax, besok, 3 Maret 2022.

Diperdagangkannya ASIX Token di marketplace lokal seolah menjawab keraguan masyarakat terkait aset kripto tersebut. Hal ini karena Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sempat melarang penjualan token tersebut.

Mengonfirmasi hal ini, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa, Indodax memfasilitasi perdagangan ASIX Token untuk memudahkan calon investor Indonesia membeli atau menjual aset tersebut.

Pasalnya, menurut Oscar komunitas ASIX Token cukup besar di dalam negeri, sehingga agar memudahkan komunitas lokal ini untuk berinvetasi tanpa harus menggunakan platform luar negeri, pihaknya memfasilitasi dengan melisting aset yang dirilis pada 27 Januari 2022 ini.

“Kami hanya penyedia platform jual-beli (aset kripto), supaya komunitas Indonesia kalau mau beli lebih mudah,” katanya kepada Duniafintech.com, Rabu (2/3/2022).

Selain itu, alasan Indodax memfasilitasi perdagangan ASIX adalah karena developer dari aset kripto ini cukup terpercaya dan dikenal luas oleh publik di Tanah Air, sehingga keberadaannya dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena kita lihat komunitas ASIX di Indonesia sangat besar developer penanggungjawabnya cukup bisa dipercaya, sehingga kita mencoba melisting koin ASIX ini,” ujarnya.

Adapun, Token ASIX merupakan aset kripto yang dikembangkan oleh Anang Hermansyah dan Ashanty bersama dengan CEO IDM Token MC Basyar. Pada sebelum peluncurannya, token ASIX melewati beberapa fase yaitu private sell, presale, dan launching.

Token ASIX dibangun di dalam jaringan blockchain Binance. Token yang dikembangkan Anang Hermansyah dan timnya ini mulai dirilis pada 27 Januari 2022. Karena tingginya antusias terhadap token ASIX ini, pada fase private sell, token ASIX sempat ludes dalam kurun waktu sangat singkat.

Sebelumnya Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Tirta Karma Sanjaya mengungkapkan bahwa agar dapat terdaftar di Bappebti, setiap token harus mengikuti Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

“Bisa dicek di Peraturan Bappebti No.8/2021, ada syarat kriteria penilaian aset kripto yang harus didaftarkan dahulu kepada Bappebti agar dapat diperdagangkan di calon pedagang kripto di Indonesia,” katanya kepada Duniafintech.com, Senin (14/2).

Sebab, kata dia, hanya dengan terdaftar di Bapebbti lah aset kripto tersebut diakui legalitasnya dan peredarannya dapat dipertanggungjawabkan oleh regulator dan juga pedagang aset kripto di dalam negeri.

Selain itu, jika telah terdaftar di Bapebbti, maka aset tersebut akan berada dalam list aset yang telah terdaftar dan dapat diperdagangkan di pasar fisik aset kripto. Diketahui saat ini telah terdapat 229 token yang telah terdaftar dari Bappebti.

“Aset kripto yang belum terdaftar di Bappebti maka tidak dapat diperdagangkan atau listing di calon pedagang aset kripto. Ini juga untuk menjamin aset kripto layak diperdagangkan karena sudah diberikan penilaian sesuai aturan Bappebti,” ujarnya.

Tirta pun menuturkan, terkait dengan koin yang belum mengantongi tanda terdaftar dari Bappebti namun telah diperdagangkan di pasar fisik aset kripto seperti ASIX token, dia menegaskan bahwa tanggung jawab sepenuhnya dipegang oleh perusahaan pengembang aset tersebut.

“Dalam hal listing di pedagang luar negeri dan sudah dijual tapi belum didaftarkan ke Bappebti, maka tanggung jawab sepenuhnya ada di PT pengembang aset kripto tersebut bila terjadi hal
yang merugikan,” tegasnya.

Adapun, menurut Tirta saat ini Anang Hermansyah masih dalam tahap akan mendaftarkan token ASIX ke Bappebti. Hanya saja token ini telah dijual dan mendapatkan sorotan publik lantaran promosi yang melibatkan sejumlah artis nasional. ASIX token yang mengklaim dirinya akan meramaikan bisnis Non Fungible Tokens (NFT) di Tanah Air ini telah dipromosikan oleh selebriti seperti Ariel Noah, Judika, Kevin Aprilio, Indra Bekti, Titi Kamal, Thariq Halilintar dan Atta Halilintar.

Sebagai informasi, jika melihat data dari coinmarketcap.com saat ini harga Asix terpantau Rp0.059/koin, atau naik 7,55% dalam 24 jam terakhir. Sedangkan harga tertinggi untuk koin ini sempat menyentuh Rp0.13/koin pada tanggal 7 Februari 2022.

 

Penulis : Nanda Aria

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU