32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Manfaat Asuransi Kendaraan, Apa Saja Ya? Simak Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, manfaat asuransi kendaraan yang utama, yaitu memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan pada kendaraan.

Adapun cakupan pertanggungan pada asuransi kendaraan kendaraan bermotor maupun mobil, di antaranya apabila terjadi kerugian, contohnya terendam banjir, rusak lantaran menabrak atau tertabrak, dan lainnya.

Pada tahun 2020 lalu, Carfix Indonesia mencatat bahwa estimasi biaya perbaikan mobil akibat banjir mulai dari Rp2 hingga Rp6,7 jutaan. Maka dari itu, saat memutuskan untuk punya mobil atau motor, baik pribadi maupun komersial, pastikan bahwa kamu sudah terproteksi dengan asuransi kendaraan.

Baca juga: Review Asuransi BCA Life, Ini Daftar Produknya [Khusus Individu dan Karyawan]

Berikut ini sederet manfaatnya yang perlu kamu tahu, sebagaimana dikutip dari Lifepal.

Manfaat Asuransi Kendaraan secara Umum

Fungsi asuransi secara umum adalah memberikan pertanggungan atau solusi finansial saat terjadi risiko kerugian total hingga sebagian. Yang dimaksud dengan risiko kerugian total yang adalah hilang dicuri, terperosok, dan lainnya, sedangkan kerugian sebagian bisa berupa lecet, penyok, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, manfaat yang diperoleh nantinya bergantung dari jenis asuransi kendaraan yang kamu pilih. Namun, pada dasarnya ada 7 manfaat berikut ini yang akan kamu peroleh dari asuransi kendaraan.

1. Menjadi solusi finansial ketika terjadi kerugian

Dengan terproteksi oleh manfaat asuransi kendaraan, nilai kerugian kendaraan nantinya akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

2. Membantu mengatur keuangan lebih baik

Manfaat lainnya adalah asuransi kendaraan akan menanggung biaya perbaikan apabila terjadi kerugian pada kendaraan kamu. Pasalnya, saat kendaraan yang kamu punya rusak maka secara tidak langsung hal itu bakal berdampak terhadap cara kamu mengatur keuangan.

3. Solusi praktis ketika terjadi kerugian

Layanan penjemputan mobil yang rusak atau mengalami kerugian akan diberikan oleh sejumlah pilihan polis asuransi mobil. Dengan demikian, itu akan menjadi solusi praktis karena artinya kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membawa mobil kamu ke bengkel rekanan.

4. Memberikan manfaat fitur layanan tambahan lainnya

Manfaat fitur lainnya ini bisa berupa biaya rental dan derek. Selama mobil kamu sedang dalam masa perbaikan, pihak asuransi nantinya akan memberikan pertanggungan biaya mobil rental atau taksi dengan ketentuan yang disepakati bersama dalam polis.

Di samping itu, kalau mobil yang diasuransikan itu mengalami mogok ketika dalam perjalanan maka pihak asuransi akan dengan sigap memberikan layanan derek secara gratis sesuai dengan ketentuan polis. 

5. Manfaat Asuransi Kendaraan: Memberikan ketenangan batin

Kamu tentu saja akan lebih tenang dalam berkendara setiap harinya setelah mengetahui bahwa ada asuransi yang akan menanggung biaya kerusakan pada kendaraan.

Baca juga: Wajib Baca! Inilah Perbedaan Asuransi Jiwa Berjangka dan Seumur Hidup

6. Manfaat Asuransi Kendaraan: Menjaga nilai kendaraan

Nilai kendaraan diketahui akan turun apabila ada kekurangan, misalnya saja penyok, baret, dan lainnya. Nah, dalam hal ini, asuransi kendaraan bisa membantu kamu untuk menjaga nilai kendaraan kamu.

Caranya sendiri adalah dengan memastikan kendaraan kamu, baik mobil maupun motor, berada dalam kondisi terbaik. 

7. Solusi terhadap risiko tingkat kecelakaan tinggi

Tingkat kecelakaan di kota besar biasanya cukup tinggi sehingga sangat penting buat kamu untuk punya asuransi. Tujuannya adalah untuk menanggung biaya kerugian apabila terjadi kecelakaan pada kendaraan. 

manfaat asuransi kendaraan

Manfaat Asuransi Kendaraan secara Khusus

Di bawah ini adalah beberapa manfaat khusus yang akan kamu dapatkan saat memiliki asuransi mobil dan kendaraan.

1. Manfaat Asuransi Kendaraan: Membantu melindungi mesin

Tentu saja, setiap kendaraan punya potensi untuk mengalami risiko kerusakan mesin. Karena itu, dengan adanya asuransi mobil all risk (comprehensive), risiko itu nantinya akan di-cover oleh asuransi sehingga kamu tidak lagi perlu khawatir terkait mahalnya biaya perbaikan.

2. Bebas biaya derek ketika terjadi kerusakan

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya kerusakan mobil dan kendaraan yang tidak dapat diprediksi waktunya.

Pasalnya, bisa saja lokasinya jauh dan bengkel, bukan? Nah,  sejumlah perusahaan asuransi diketahui akan memberikan manfaat pertanggungan fasilitas derek mobil yang dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu saat mobil kamu mogok.

3. Memberikan manfaat pertanggungan bagi pengemudi

Bukan hanya memberikan manfaat perlindungan untuk kendaraan, pertanggungan mobil pun menjamin kamu sebagai pengemudi loh. Pasalnya, dengan adanya asuransi kendaraan dan mobil, risiko ketika mengalami luka, cacat, bahkan kematian akibat kecelakaan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

4. Membantu mengurus ketika terjadi kerusakan selama 24 jam

Dalam hal jaminan perlindungan selama 24 jam, manfaat asuransi mobil baru ataupun bekas akan sangat membantu kamu. Itu berarti, saat terjadi kerusakan di kala tengah malam, kamu tidak perlu merasa waswas karena perusahaan asuransi nantinya akan membantu kamu untuk mengurus mulai dari masalah derek, memanggil taksi, hingga perkara dengan pihak berwajib.

5. Asuransi tambahan aksesori pada mobil

Secara khusus, manfaat asuransi mobil pun bakal memberikan pertanggungan terhadap aksesori kendaraan. Manfaat yang satu ini biasanya bisa kamu peroleh saat mengajukan perluasan manfaat.

Oleh sebab itu, kamu perlu berkonsultasi dengan pihak asuransi sebelum mengajukan perluasan manfaat tersebut karena saat kamu memperluas manfaat pertanggungan, secara otomatis harga preminya pun akan berbeda.

Sekian ulasan tentang manfaat asuransi kendaraan yang perlu kamu ketahui. Belum punya asuransi kendaraan? Kamu bisa membelinya di Lifepal loh. Buruan ya!

Baca juga: Penting! Inilah Daftar Istilah dalam Asuransi yang Perlu Diketahui

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE