25 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

5 Manfaat Teknologi Blockchain dalam Layanan Keuangan

Teknologi Blockchain sekarang ini sudah menjadi topik yang paling banyak dibahas di seluruh dunia. Tapi, apa manfaat teknologi Blockchain itu? Lalu, bagaimana cara mengimplementasikannya dalam dunia bisnis? Berikut ini akan dijabarkan lebih jauh tentangnya.

Dalam hal tersebut akan dijelaskan 5 hal yang berhubungan dengan teknologi berbasis Blockchain, seperti smart contract, manajemen identifikasi, dan penjualan saham. Melalui penjelasan berikut ini, diharapkan untuk lebih memahami kegunaan dari teknologi berbasis Blockchain.

Apa itu Teknologi Blockchain?

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang tentang keuangan dan paham konsep dari bitcoin maupun Cryptocurrency lainnya. Blockchain adalah sebuah teknologi berbentuk ledger atau buku digital untuk mencatat semua riwayat transaksi yang terjadi di dalam sebuah jaringan.

Catatan transaksi tersebut dienkripsi dalam sebuah kriptografi dan terdiri dari deretan alfanumerik, kemudian ditambahkan dengan sendirinya atau secara otomatis ke dalam riwayat transaksi tersebut. Lantas, apa kegunaan teknologi berbasis Blockchain?

Manfaat Teknologi Blockchain

Berikut ini adalah 5 kegunaan atau manfaat teknologi Blockchain dalam layanan keuangan, antara lain:

1. Smart Contract

Manfaat Smart Contract dapat menjalankan transaksi komersial dan melakukan persetujuan secara otomatis, serta dapat menegakkan kewajiban semua pihak dalam sebuah kontrak tanpa perantara. Sebab itu, smart contract adalah salah satu hal yang paling menjanjikan dalam teknologi berbasis Blockchain.

2. Meningkatkan Manajemen Identitas Online

Penggunaan Blockchain dalam manajemen identitas terbilang cukup mudah. Sehingga, pengguna dapat mengidentifikasi diri sendiri dan siapa yang akan diberitahukan. Meskipun saat ini pengguna masih harus mengidentifikasi diri sendiri di Blockchain, tapi setelahnya mungkin mereka juga dapat menggunakan identifikasi tersebut untuk layanan lain.

3. Mempermudah Perdagangan Saham

Teknologi ini nantinya akan memiliki dampak terhadap perdagangan saham di masa depan. Dengan memanfaatkan teknologi berbasis Blockchain, maka memungkinkan akurasi perdagangan dapat menjangkau lebih luas lagi dan proses penyelesaian relatif lebih cepat.

4. Mempermudah dan Mempercepat Pembayaran Lintas Batas

Nilai transfer yang terbilang cukup tinggi dan prosesnya relatif lama, sehingga membuat penggunaan Blockchain menjadi metode pembayaran alternatif yang dianggap lebih mudah dan cepat. Selain itu, dapat mengurangi biaya secara signifikan.

5. Keuntungan dan Loyalitas Teknologi Blockchain

Blockchain memiliki banyak keuntungan yang ditawarkan, salah satunya adalah transparansi dan pelacakan transaksi. Hal ini akan membantu pihak Bank dan perusahaan asuransi menciptakan lebih banyak loyalitas dan juga program reward yang sangat cocok dengan kinerja manajemen 24/7. 

Cara Kerja Blockchain

Pada dasarnya, Blockchain adalah sebuah teknologi pencatatan transaksi yang saling terhubung menggunakan kode unik di dalamnya yang bersifat kekal atau tidak dapat diubah. Cara kerja Blockchain itu sendiri adalah ketika transaksi baru atau suntingan pada transaksi yang sudah ada masuk ke dalam Blockchain.

Umumnya, sebagian besar node dalam implementasi Blockchain harus menjalankan algoritma guna mengevaluasi dan memverifikasi riwayat blok Blockchain individu yang diusulkan. Jika mayoritas node tersebut mencapai konsensus tanda tangan valid, maka blok transaksi baru diterima ke dalam buku besar dan blok baru ditambahkan ke rantai transaksi.

Namun, jika mayoritas tidak menyetujui penambahan atau modifikasi entri buku besar, maka itu ditolak dan tidak akan ditambahkan ke rantai transaksi. Jadi, Blockchain dimulai pada saat sebuah blok menerima informasi baru, dengan sistem Blockchain yang terdiri atas transaksi dan blok yang berisikan rangkaian hash kriptografi dan hash blok sebelumnya hingga membentuk jaringan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE