28.2 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

MASALAH KEMANUSIAAN TERBANTU BLOCKCHAIN

duniafintech.com – Masalah kemanusiaan seperti perdagangan manusia, tenaga kerja, dan tunawisma memang menjadi masalah serius yang harus dihadapi oleh negara maju maupun negara yang berkembang saat ini.

Yang mana masalah ini dari waktu ke waktu menjadi masalah yang menjadi fokus dari seluruh negara di dunia, apalagi hal ini menyangkut kesejahteraan, kesehatan, hak untuk hidup dan juga perlindungan yang seharusnya diberikan oleh suatu negara untuk warga negaranya.

Sektor ini dianggap sangat penting bagi suatu negara. Mengapa? Karena kualitas hidup masyarakat pada suatu negara menjadi sebuah indikator yang sangat penting dan dapat menunjukkan tingkat kualitas hidup seseorang di negara tersebut.

Namun pada era digital seperti sekarang, masalah terkait kemanusiaan tersebut sudah perlahan-lahan sudah mulai dibantu oleh teknologi. Teknologi tersebut adalah teknologi Blockchain. Yang mana penerapan dan penetrasi Blockchain sudah meramba ke beberapa sektor yang dianggap potensial untuk digunakan seperti keuangan, kemanusiaan, perdagangan, periklanan, energi dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan penerapan Blockchain pada bidang kemanusiaan yang diyakini bisa membantu memberantas kesenjangan sosial pada masyarakat.

Memberikan Identitas Pribadi Secara Digital

Masalah legalitas seperti tidak mempunyai kartu identitas (ID Card) memang menjadi masalah yang umum terjadi khusus pada negara-negara miskin seperti di Afrika.

Hal inilah yang menjadi keunggulan dari penerapan Blockchain yakni teknogi Blockchain mampu memberikan identitas pribadi secara digital kepada orang-orang yang belum memiliki identitas. Yang mana identitas tersebut akan dimasukkan ke dalam sistem Blockchain yang terdesentralisasi sehingga data identitas tersebut menjadi aman.

Cara ini sangat efektif dalam memerangi masalah kemanusiaan seperti perdagangan anak-anak dibawah umur, yang mana banyak dari korban tersebut merupakan anak-anak yang belum memiliki identitas pribadi yang sah.

Mengurangi Perdagangan Manusia

Seperti yang sudah dijelaskan, masalah utama dalam memerangi perdagangan manusia adalah banyak orang yang belum memiliki identitas pribadi yang sah sehingga banyak pelaku perdagangan manusia membuat dokumen-dokumen palsu untuk memuluskan aksi tak terpuji mereka.

Inilah alasan utama, mengapa PBB saat ini sudah menerapkan teknologi Blockchain untuk memberantas perdagangan manusia, hal ini dikarenakan dengan Blockchain para pelaku bisa mudah ditemukan, diamankan, dan dilacak dengan sistem jaringan yang terdesentralisasi.

Meningkatkan Kesejahteraan Tenaga Kerja

Masih banyak kita bisa menemukan bahwa seorang tenaga kerja dibayar dibawah standar upah minimum, tetapi dengan adanya Blockchain hal tersebut dapat dihindari dengan cara melakukan perjanjian kontrak kerja melalui layanan smart contract pada Blockchain.  Yang mana hal tersebut bisa menjamin hak yang akan diterima oleh seorang tenaga kerja seperti gaji.

Itulah beberapa keuntungan dari penerapan Blockchain pada bidang kemanusiaan yang bisa membantu masyarakat secara luas dalam hal peningkatkan taraf hidup mereka.

Written by: Febrian Surya

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU