26.2 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

Masalah Keuangan yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah

duniafintech.com – Pacaran udah sekian tahun nih. Pada satu titik, tentunya sudah terlintas di benak kalian untuk membawa hubungan ini ke jenjang berikutnya: pernikahan. Salah satu hal terpenting untuk dibahas bersama adalah masalah keuangan.

Nah, sebelum disibukkan dengan urusan resepsi pernikahan atau honey moon, ada banyak hal yang harus kamu diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan, masalah keuangan ini cukup penting. Hal ini tentu saja agar kamu tak shock saat telah berumah tangga kelak.

Sebagai panduan untukmu, berikut adalah masalah keuangan yang wajib dibahas sebelum kamu menikah, seperti dilansir dari Swara Tunaiku!

  • Kenali dan pahami habit masing-masing saat mengelola pemasukan dan pengeluaran

Kamu dan pasangan wajib mengenali pemasukan, pengeluaran, dan pola konsumsi masing-masing. Enggak mau kan tiba-tiba kaget  kalau ternyata dia tak pandai menabung atau gajinya bocor kemana-mana?  Menurut sebuah studi dari Universitas Virginia, rata-rata pasangan yang  baru menikah untuk pertama kalinya, memiliki kecenderungan 40 – 50% untuk cerai karena masalah uang!

  • Harus aware dengan hutang dan pinjaman yang sedang ditanggung

Selama ini, kamu tahu bahwa pasanganmu memiliki karir yang baik dan penghasilan yang lumayan. Tapi,  di balik itu, bagaimana dengan kredit-kredit yang ia miliki?  Lebih baik, saling utarakan dan transparanlah mengenai hutang-piutang  saat ini. Karena, saat sudah satu atap, kamu dan pasangan akan harus menanggung itu  bersama-sama.

  • Tak kalah penting, kamu juga perlu mengetahui kebiasaan dan pola konsumsi dari orang tua masing-masing

Pernikahan itu tak ‘hanya’ untuk kamu dan pasangan. Keluarga kalian masing-masing, terutama orangtua, pasti akan mempengaruhi bagaimana kalian berdua menyikapi urusan finansial. Makanya, penting bagimu untuk memahami pola konsumsi orang tua masing-masing.  Si dia yang dibesarkan dalam keluarga berkecupukan mungkin enggak terbiasa apabila harus menjalani hidup yang pas-pasan. Atau, sebaiknya,  kamu yang terbiasa hidup irit dan hemat, jadinya susah diajak kompromi untuk membeli sesuatu, alias pelit.

  • Bahkan saat sebelum menjadi pasangan, kalian sudah harus memiliki target finansial

Perkara target finansial, bisa jadi kalian memiliki pandangan yang berbeda. Satunya ingin pensiun muda, satunya berambisi mengejar karir setinggi-tingginya.  Solusinya gimana nih? Pertama-tama, cobalah untuk berbagi apa sih definisi “kesuksesan finansial” bagi kalian masing-masing? Jika memang berbeda, kalian harus berkompromi untuk menemukan jalan tengah dan menjalaninya dengan komitmen. Bisa, kok!

  • Bahas juga mengenai kesepakatan manajemen uang kalian sebagai pasangan dan individu

Secara naluriah, kamu mempercayai pasangan dan kompak mengatur uang apabila penghasilan kalian berdua digabung. Saat berumah tangga, kebutuhan rumah tangga harus ditanggung bersama-sama jika keduanya bekerja. Untuk mengelolanya, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan. Misalnya, membuat akun rekening bersama, mengecek pengeluaran pribadi dan rumah tangga, membuat bujet, atau sesederhana menentukan prioritas pengeluaran.

Nah, itulah dia 5 hal keuangan yang wajib dibahas sebelum kamu menikah. Apakah kamu sudah pernah membicarakan salah satunya dengan pasanganmu?

Kehidupan pernikahan memang menantang, terutama secara finansial. Dengan persiapan yang matang dari kedua belah pihak, pasti akan ada jalan keluar, kok. Asalkan kalian saling terbuka dan saling mendukung.

Written by : Swara Tunaiku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE