31 C
Jakarta
Kamis, 9 Juli, 2020

Masih Jaman Pakai Uang Tunai? Cashless Memberi Banyak Keuntungan

duniafintech.com – Perkembangan teknologi saat ini memang bisa membuat hidup semakin praktis. Termasuk juga untuk urusan pembayaran terlebih cashless memberi banyak keuntungan. Bagi sebagian orang, membawa uang tunai terkadang dirasa sangat merepotkan. Karena itu sebagian orang berusaha meminimalkan jumlah uang tunai yang dibawa. Hal tersebut juga semakin dipermudah seiring perkembangan teknologi yang juga memicu perubahan menuju gaya hidup cashless.

10 tahun lalu, mungkin anda akan merasa aneh ketika tidak memegang uang tunai seharian. Tapi kini, hampir semua orang mulai terbiasa bertransaksi non tunai dengan teknologi pembayaran digital. Kamu yang masuk ke dalam kategori tersebut, bisa dibilang telah menjadi bagian dari cashless society. Menurut penelitian oleh Visa yang dilakukan terhadap 4000 responden mulai dari usia 18 tahun, 76% masyarakat Indonesia menyatakan mereka merasa percaya diri dapat hidup tanpa uang tunai selama 24 jam.

Penelitian ini juga menyatakan bahwa 61% merasa lebih aman menggunakan kartu pembayaran daripada harus membawa uang tunai. Lalu, sebanyak 85% responden telah melakukan pembayaran digital menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan, seperti berbelanja, memesan taksi dan membayar makanan di restoran. Dapat dikatakan bahwa sebetulnya cashless memberi banyak keuntungan.

Untuk anda yang masih khawatir dan ragu untuk beralih menggunakan uang non tunai, cashless memberi banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Hidup tanpa uang tunai semakin mudah dan praktis hanya dengan mengklik beberapa fitur di smartphone anda. Selain itu aman dari resiko kejahatan, lebih mudah memantau dan mengatur pengeluaran, banyaknya promo dan diskon, terdapat sistem point dan reward, serta menguntungkan bagi anda yang mempunyai hobi traveling.

Baca Juga :

Menurut data dari Bank Indonesia terdapat 39 perusahaan uang elektronik yang terdaftar per 24 Oktober 2019. Berikut beberapa rekomendasi DuniaFintech untuk anda yang hendak menjadi bagian dari cashless society.

  1. Sakuku

SAKUKU adalah sebuah aplikasi e-Wallet atau uang elektronik yang dikeluarkan oleh BCA untuk mempermudah para penggunanya melakukan transaksi digital maupun perbankan tanpa membawa uang tunai. Dengan menggunakan aplikasi sakuku, Anda bisa melakukan berbagai jenis transaksi seperti pembayaran belanja, pengisian pulsa, serta transaksi perbankan lainnya yang bisa membuat acara hangout Anda semakin nikmat.

  1. Rekening Ponsel

Rekening Ponsel – CIMB Niaga merupakan produk e-money terbitan Bank CIMB Niaga yang bisa kita gunakan untuk setor tunai, tarik tunai, transaksi di ATM, cek saldo, riwayat transaksi, dan bayar tagihan. Di mana cara ini seperti menjadikan nomor ponsel sebagai nomor rekening.

  1. XL Tunai

XL Tunai adalah sebuah produk layanan keuangan digital berupa e-money milik XL Axiata. Di mana pelanggan XL Axiata dapat melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan ponsel. Jenis transaksi yang bisa dilakukan antara lain untuk pembelian pulsa XL, pembayaran tagihan, belanja di toko, belanja online, dan pengiriman uang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Rekomendasi uang elektronik yang terdaftar lainnya bisa juga dilihat di kanal Direktori fintech untuk  alternatif menggunakan e-money dan menjadi bagian cashless society.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

PNM Mekaar Berbasis Digital Luncur, Mudahkan Pencairan Pembiayaan Nasabah

DuniaFintech.com – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu,...

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mencapai Masa Pensiun

DuniaFintech.com - Mencapai masa pensiun kadang terasa melegakan karena mengucapkan selamat tinggal kepada pekerjaan menumpuk, di sisi lain juga menjadi beban bagi...

Layanan TokoCabang di Tokopedia Bantu Pengusaha di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com - E-commerce Tokopedia mengungkapkan adanya peningkatan pemanfaatan fitur TokoCabang, sebuah layanan untuk ketersediaan pasokan hingga pemenuhan permintaan selama masa pandemi COVID-19....

Mau Dapat Beasiswa? Kunjungi Beberapa Situs Ini

DuniaFintech.com - Siapa yang tidak mau dapat beasiswa? Rasanya, hampir setiap orang punya impian untuk meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, bukan?...

Pandemi Covid-19 Jadi Ajang Menuju Reformasi Memanfaatkan Teknologi

DuniaFintech.com - Pemerintah memandang masa krisis yang terjadi hingga saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan reformasi memanfaatkan teknologi. Inilah hikmah...
LANGUAGE