35 C
Jakarta
Senin, 28 September, 2020

Biaya Sekolah Mahal? Pinjaman Online ini Bisa Bantu Dana Pendidikan

duniafintech.com – Pendidikan menjadi salah satu hal penting yang harus dipenuhi setiap orang. Meskipun penting, dana pendidikan di Indonesia masih dinilai cukup mahal. Siapapun orang tuanya pasti akan berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada anaknya. Meskipun mahal apapun jalannya akan ditempuh, salah satunya adalah dengan mencari pinjaman.

Di Indonesia selama ini bahwa pelajar yang ingin bersekolah tetapi tidak memiliki dana tidak dapat mengajukan dana pinjaman baik pada perbankan maupun lembaga finansial lainnya. Sayangnya di negara kita ini belum ada Student Loan seperti yang ada di Amerika dimana peminjam bisa membayarkannya saat setelah bekerja.

Di era yang kian berkembang dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih hal-hal yang dulu dianggap sulit kini semakin mudah. Tak perlu lagi drama ketok pintu tetangga atau menahan rasa malu menghubungi saudara untuk sebuah pinjaman dana pendidikan.

Dilema rasa bingung dalam mencari pinjaman dana pendidikan untuk membayar biaya sekolah kini sudah tak usah dipusingkan lagi. Beberapa layanan financial technology (fintech) memberikan fasilitas pinjaman online atau yang saat ini marak dikenal sebagai pinjol. Namun bukan sembarang pinjol, saat ini sudah ada pinjol yang khusus memberikan pinjaman dana pendidikan.

Baca Juga:

Pinjaman Dana Pendidikan Mudah, Cepat Cair

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki fintech sebagai penyedia biaya pendidikan yaitu proses secara online dan lebih cepat, persyaratan yang mudah, pinjaman tanpa jaminan, serta pelajar pun dapat mengajukan pinjaman. Banyak alternatif pembiayaan online yang dapat digunakan untuk mendanai pendidikan, antara lain:

  1. Dana Cita

Dana Cita ialah lembaga yang bertujuan memperluas akses bagi mahasiswa dengan jalan menjembatani kesulitan dalam pembiayaan pendidikan. Melalui Dana Cita ini mahasiswa dapat memperoleh peminjaman dana untuk membiayai pendidikan vokasi dan perguruan tinggi. Jumlah dana yang dipinjamkan ialah maksimal total biaya yang harus dibayarkan pada instusi tersebut, tetapi ini tergantung dengan kesanggupan pembayaran pinjaman. Waktu pengembalian pinjaman ialah hingga dua kali waktu pendidikan tersisa.

  1. Pintek

Pintek menawarkan pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 300 juta. Peminjam cukup memberikan bukti tagihan biaya sekolah yang mau dibayar lewat pinjaman, Pintek akan membantu membayar tagihan tersebut, namun tidak penuh si peminjam harus ikut membayar sekitar 20% dari biaya yang akan dibayarkan.

  1. Dana Didik

Fintech yang satu ini memberikan dana pendidikan dalam bentuk crowdfunding, si peminjam akan melakukan kampanye lewat website Dana Didik, lalu nantinya ada investor yang menyumbangkan uangnya kepada peminjam. Dana Didik memberikan pinjaman mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 25 juta. Nantinya, peminjam dari Dana Didik akan melakukan kampanye di website dengan mencantumkan foto, sedikit biodata dan cerita mengapa butuh pinjaman, serta dana yang dibutuhkan.

Rekomendasi platform P2P Lending terdaftar lainnya bisa juga dilihat di kanal Direktori fintech untuk pengajuan pinjaman dana pendidikan cepat cair sebagai alternatif biaya sekolah Anda.

(DuniaFintech/Vidia Hapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ant Group Milik Jack Ma Naikkan Target IPO Jadi US$ 35 Miliar

DuniaFintech.com – Perusahaan afilisiasi Alibaba milik Jack Ma, Ant Group dikabarkan segera melantai di bursa efek (IPO) dan membidik dana segar US$35...

Seberapa Penting Pemanfaatan Teknologi di Bidang Asuransi? Simak!

DuniaFintech.com - Kemajuan dan digitalisasi melalui teknologi dinilai mampu mengubah sektor industri asuransi. Setidaknya hal itulah yang dikatakan oleh Presiden Direktur Mandiri...

Targetkan Milenial, MCAS Bersama Telkomsel Luncurkan DigiSaham Berbasis Whatsapp

Duniafintech.com - PT M Cash Integrasi Tbk, perusahaan distribusi digital  di Indonesia, MCAS mengumumkan peluncuran DigiSaham, platform informasi saham real-time berbasis WhatsApp...

Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Warga Indonesia Saat Pandemi

Duniafintech.com - Pada periode Agustus 2020, aplikasi selain non-game, TikTok paling banyak diunduh warga Indonesia. Data yang dirilis Sensor Tower menunjukkan jumlah...

Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit ini Memudahkan Anda Dalam Bertransaksi Online, Ini Pilihannya

Duniafintech.com - Cicilan tanpa kartu kredit adalah salah satu produk Fintech yang popular saat ini. Hadirnya fintech dengan aplikasi kredit online yang...
LANGUAGE