25 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei, 2022

Mata Uang Digital Facebook Rilis Besok?

duniafintech.com – Setelah lama beradar kabar terkait cryptocurrency, tampaknya mata uang digital Facebook akan rilis dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut dilaporkan oleh The Wall Street Journal pada Jumat (14/6), diperlihatkan dengan merekrut sejumlah perusahaan besar, seperti PayPal, Mastercard, and Visa, untuk pengembangan proyek mata uang digital Facebook yang dinamakan Project Libra tersebut.

Laporan yang sama menyebutkan, Facebook akan mengeluarkan laporan resmi (white paper) pada pekan depan. Bila hal itu terwujud maka perusahaan-perusahaan rekanan yang dilibatkan telah setuju, siap menjalankan proyek mata uang digital Facebook ini, dan mengharapkan keuntungan yang besar dari transaksi  mata uang digital ini.

Baca juga : Tiga Area Utama Pengawasan OJK Terhadap Fintech P2P Lending

Facebook telah meminta dana sebesar 10 juta Dollar pada masing-masing perusahaan rekanan. Uang itu akan dipakai sebagai modal awal untuk menciptakan mata uang digital. Para penyandang dana ini, simpul utama dalam jaringan pembayaran yang  dapat memverifikasi atau mencatat berbagai transaksi. Namun, para pemangku kepentingan ini, termasuk Facebook, tidak akan mengontrol langsung Libra.

Laporan terkini dari The Verge, Senin (17/6/2019) Facebook dirumorkan akan menerbitkan koin digital berbasis blockchain ini pada 18 Juni 2019. Ada pula rumor yang menyebut koin digital Facebook akan diterbitkan akhir bulan ini.

Berdasarkan rumor yang beredar di pasar, mata uang digital Facebook ini akan diberi nama GlobalCoin. Koin digital tersebut disebut sebagai stablecoin karena dikaitkan dengan mata yang seperti dolar AS, Euro dan Yen. Jadi mata uang digital ini tidak akan bergerak liar karena dihubungkan dengan mata uang resmi.

Selain digunakan untuk membayar gaji pegawainya, Facebook menargetkan mata uang ini untuk digunakan di negara berkembang di mana masih banyak penduduknya yang tidak memiliki rekening bank.

Nantinya, pengguna layanan milik Facebook seperti Messenger dan WhatsApp bisa mengirimkan token ini tanpa biaya sepeser pun. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga disebut akan menyediakan fasilitas fisik yang mirip dengan ATM untuk mengubah uang tradisional menjadi crypto.

Bagi Facebook, proyek mata uang digital ini menjadi sumber pendapatan baru untuk perusahaan. Sebelumnya, pengelola media sosial terbesar di dunia ini hanya mendapatkan pemasukan dari iklan.  Kini, Facebook akan mendapatkan keuntungan lain dari transaksi dan perdagangan elektronik (e-commerce).

Baca juga : Inilah Cara Menjadi Pengembang Blockchain Ethereum

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Negara Paling Bangkrut di Dunia, Indonesia Termasuk? Cek ini Faktanya..

JAKARTA, duniafintech.com - Ini dia negara paling bangkrut di dunia. Ada beberapa negara yang bangkrut akibat utang dan mengalami krisis ekonomi yang menyengsarakan. Saat Indonesia...

Aturan Terbaru Mendag Lutfi Setelah Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, dan selanjutnya untuk menindaklanjuti hal ini,...

Miskin Sawah Ekspor Beras 19 Ton Arab Saudi, Anies: Ini Bersejarah

JAKARTA, duniafintech.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin pelepasan ekspor 1 kontainer produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Ekspor 19 ton...

Viral Penolakan UAS, Ternyata Singapura Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Hubungan baik Indonesia dengan Singapura nampaknya perlu dijaga. Bukan sekadar kerukunan bertetangga namun juga ketergantungan finansial Indonesia yang cukup besar terhadap...

Mengenal Asuransi Pertanian hingga Jenis dan Cara Kerjanya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi pertanian pada dasarnya menjadi solusi bagi para petani dalam rangka melindungi hasil pertanian dari risiko yang tidak terduga. Mengacu pada Peraturan...
LANGUAGE