25.8 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

6 Media Promosi Online Paling Efektif yang Wajib Dicoba

Ada beberapa macam media promosi online paling efektif yang bisa kamu coba. Apalagi jika baru saja merintis usaha atau memulai bisnis baru. Hal ini karena brand membutuhkan waktu dan usaha untuk bisa dikenal oleh masyarakat secara luas. Itulah kenapa para pebisnis harus tahu bagaimana cara mempromosikan brand awareness.

Beberapa pebisnis mungkin berpikir jika mempromosikan di media sosial saja sudah cukup. Nyatanya, media tersebut tidak cukup untuk menarik perhatian khalayak ramai. Meski mampu, tapi target pasar hanya mencakup lingkungan itu saja. Dengan kata lain, brand kamu hanya bisa dikenal oleh kalangan tertentu saja.

Media Promosi Online Paling Efektif

Bagi kamu yang mempunyai usaha atau bisnis online, tentunya perlu tahu media apa saja yang bisa membantu untuk mempromosikan produk. Berikut beberapa media yang bisa dicoba dengan mudah dan cocok untuk pemula.

1. Facebook Ads

Media online pertama yang bisa dicoba adalah Facebook Ads. Hal ini karena Indonesia masuk sebagai negara yang banyak menggunakan aplikasi Facebook. Wajar saja jika banyak pebisnis pemula yang akan mencoba media ini untuk mempromosikan bisnisnya. Apalagi pengguna Facebook terdiri dari berbagai kalangan dan kelompok usia.

Tentunya akan memudahkan kamu dalam menentukan target iklan secara detail dan spesifik. Selain itu, jika kamu menggunakan Facebook Ads sebagai sarana promosi, iklan tersebut tidak hanya muncul di Facebook saja. Akan tetapi juga muncul di website yang bekerja sama dengan Facebook. Alhasil, bisnis kamu akan besar peluangnya untuk lebih dikenal.

2. Instagram Ads

Jenis media promosi online yang banyak digunakan di era sekarang adalah Instagram Ads. Apalagi media ini mempunyai perubahan di mana penggunanya bisa memasang iklan langsung di aplikasi Instagram. Aplikasi tersebut terbilang cocok untuk menjadi media promosi karena banyak artis atau selebgram.

Jadi, kamu bisa menggunakan Instagram Ads untuk meningkatkan jumlah followers. Nantinya, secara tidak langsung penjualan bisnis akan ikut meningkat secara perlahan. Selain itu, kamu bisa meminta bantuan selebgram untuk mempromosikan produk atau bisnis. Dengan begitu, akan semakin besar potensi untuk dikenal oleh masyarakat luas.

3. TikTok Ads

Siapa bilang aplikasi TikTok tidak bermanfaat? Nyatanya, aplikasi tersebut bisa membantu kamu dalam mempromosikan bisnis dengan mudah. Apalagi sudah banyak content creator yang mempromosikan produknya melalui media online tersebut selain dari fitur iklan. Kamu juga bisa meningkatkan jumlah viewers secara organik.

Caranya adalah dengan membuat konten yang bermanfaat, sesuai tren, penggunaan hashtag yang relevan, dan mengikuti challage. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan dari seleb TikTok yang mempunyai followers banyak untuk mempromosikan produk di setiap kontennya. Karena banyak sekali penonton yang suka keracunan setelah melihat review atau produk yang lewat di berandanya.

4. Youtube

Media promosi online paling efektif lainnya adalah Youtube. Hal ini karena banyak pengguna smartphone yang lebih suka menghabiskan waktunya dengan menonton Youtube dibandingkan di televisi. Tidak heran jika banyak content creator yang menggunakan aplikasi Youtube untuk mempromosikan produk.

Kamu bisa membuat konten terkait dengan produk. Misalnya siapa dan apa brand kamu, apa yang kamu jual, apa manfaat dari produkmu, dan lain sebagainya. Buatlah konten satu per satu untuk membuat pengunjung merasa penasaran. Selain itu, bekerja sama dengan influencer akan membuat produk semakin dipercaya.

5. Website atau Blog

Contoh media promosi online yang sudah banyak dicoba di era sekarang adalah blog atau website. Beberapa orang mungkin beranggapan jika blog adalah tempat untuk berbagi pengalaman pribadi seperti menulis diary. Namun, menggunakan blog sebagai media promosi terbilang cukup efektif. 

Apalagi sudah banyak pebisnis yang menjadikan blog atau website sebagai media komersil dalam mempromosikan produk. Caranya adalah dengan memasang banner iklan, membuat konten berupa review produk, dan melakukan content placement. Akan lebih baik jika kamu mengombinasikannya dengan beberapa media lainnya.

6. Marketplace

Ada lagi media promosi online paling efektif lainnya yang masih jarang diketahui, yakni marketplace. Sebut saja aplikasi Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih salah satu media tersebut untuk mempromosikan bisnis sekaligus berjualan.

Selain itu, media ini cukup banyak disukai karena memberikan sejumlah promo yang akan membuat para konsumen semakin betah berbelanja online. Tidak heran jika media satu ini cocok untuk kamu yang merupakan pelaku bisnis UKM.

Kesimpulan

Beberapa media promosi online paling efektif di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jadi, manakah media yang paling kamu kuasai dan mampu mempromosikan produk secara maksimal?

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU