26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Membuat Brand Parfum Sendiri

JAKARTA, duniafintech.com – Apakah kamu ingin membuat brand parfum sendiri? Bukan tidak mungkin jika ingin mencobanya. Apalagi jika kamu mempunyai banyak pengetahuan tentang parfum. Di era sekarang, parfum menjadi salah satu kebutuhan yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Tidak hanya memberikan wangi pada tubuh, tapi parfum juga bisa menggambarkan karakter seseorang. Wajar saja jika banyak orang yang mempunyai selera berbeda terhadap jenis parfum. Hal inilah yang membuat parfum semakin banyak diminati dan digunakan.

Hal yang Harus Dilakukan saat Membuat Brand Parfum Sendiri

Membuat parfum sendiri tentunya membutuhkan usaha yang cukup besar. Pasalnya, kamu harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang parfum. Belum lagi, kamu juga harus melakukan uji klinis agar produkmu aman dan mempunyai legalitas. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum membuat brand.

1. Menyesuaikan Budget

Beberapa orang menganggap bisnis parfum membutuhkan modal yang sangat banyak. Padahal, bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang cukup terjangkau, lho. Biasanya, untuk memulai bisnis dengan merek sendiri bisa dimulai dengan modal Rp 1.000.000 saja. 

Namun, jika kamu ingin mempunyai banyak varian parfum, maka modal yang dibutuhkan semakin besar. Selain itu, cobalah untuk menyesuaikan budget dengan aroma apa saja yang ingin dibuat. Usahakan untuk mencari aroma yang unik dan jarang ditemui, tapi mampu menarik perhatian para penggunanya.

2. Melakukan Riset

Hal yang harus dilakukan saat membuat brand parfum sendiri adalah melakukan riset. Ada banyak sekali hal yang harus kamu tinjau sebelum membuat brand. Mulai dari target pasar, pesan unik yang ingin disampaikan dalam parfum, sampai kapan parfum tersebut cocok digunakan.

Biasanya para wanita akan membeli parfum pria karena aromanya yang cukup unik. Nah, kamu bisa membuat parfum dengan target pria yang bisa digunakan untuk pagi, siang, malam, saat bekerja, atau pun saat bermain. Hal ini sangat penting untuk menunjukkan identifikasi demografi dan mengangkat nama brand parfum.

3. Mencari Nama dan Botol yang Unik

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari nama bisnis parfum. Nama yang menarik dengan kemasan botol khas akan menciptakan brand awareness. Kamu bisa mendaftarkan merek parfum terbaru dan mendapatkan izin usaha agar tidak ada yang bisa menjiplak.

Dalam memilih kemasan, perhatikan jenis parfum yang dibuat. Biasanya kemasan mewah akan membuat harga parfum menjadi lebih mahal. Namun, kamu juga bisa memilih botol atau kemasan yang terjangkau tapi tetap unik.

4. Mencari Bahan untuk Merek Parfum

Karena ingin membuat brand parfum sendiri, tentunya kamu harus mempunyai sesuatu yang menjadi ciri khas. Oleh karena itu, penting untuk mencari bahan untuk membuat parfum terbaru. Secara umum, parfum terdiri dari campuran minyak esensial dalam minyak dasar. Kandungan tersebut dicampur dengan alkohol dan air.

Kamu bisa memilih bahan parfum yang bergantung pada karakter untuk menetapkan aroma unik. Misalnya, elegan, sporty, aroma kayu, oriental, dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan bahan apa saja yang ingin dibuat, ya. Pasalnya, ada beberapa bahan yang bisa menguap dengan cepat dan ada pula yang menciptakan aroma terlalu kuat.

5. Mulai Melakukan Promosi

Setelah kamu berhasil membuat parfum dengan merek sendiri, maka kamu bisa mempromosikannya dari sekarang. Cobalah untuk mencari supplier yang mau mempromosikan produk parfum terbaru. Atau bisa membuat website untuk menarik perhatian pengunjung.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan media sosial. Saat ini sudah banyak media sosial yang akan membantu. Mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan influencer untuk membantu mempromosikan produk. Namun, menggunakan influencer pastinya membutuhkan biaya lebih. 

Jika kamu merasa tidak mempunyai waktu, bisa juga menggunakan jasa marketing. Banyak jasa marketing terpercaya yang hadir untuk memberikan pelayanan terbaik untukmu. Alhasil, produk parfum akan mulai dikenal oleh masyarakat secara luas. Pilihlah jasa yang menyediakan harga terjangkau dengan kualitas bagus.

Kesimpulan

Membuat brand parfum sendiri di era sekarang bukan hal yang tidak mungkin. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk memulainya. Jika kamu ingin membuat parfum, tapi tidak tahu banyak, bisa mencari orang terpercaya yang bisa membantu untuk menciptakan parfum.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU