27.3 C
Jakarta
Minggu, 19 Mei, 2024

Mencari “Saham Crypto” seperti MicroStrategy: Investasi Bitcoin Tidak Langsung

MicroStrategy, perusahaan perangkat lunak yang fenomenal karena strategi investasinya yang berat di Bitcoin, telah menjadi buah bibir para investor. Namun, bagaimana jika Anda tertarik dengan pendekatan serupa tanpa harus langsung membeli Bitcoin? Artikel ini membahas saham-saham perusahaan yang mirip dengan MicroStrategy, yang bisa menjadi alternatif untuk berinvestasi tidak langsung di dunia cryptocurrency.

MicroStrategy: Pelopor Investasi Bitcoin di Kalangan Perusahaan

MicroStrategy menjadi terkenal karena CEO-nya, Michael Saylor, yang vokal dan percaya diri terhadap masa depan Bitcoin. Sejak 2020, perusahaan ini telah mengalokasikan sebagian besar treasury mereka untuk membeli Bitcoin. Strategi ini terbilang sukses, dengan harga Bitcoin yang meroket di tahun 2023, membawa harga saham MicroStrategy (MSTR) ikut melambung.

Mencari Alternatif: Saham-Saham dengan Eksposur Tinggi ke Crypto

Meskipun berinvestasi langsung di Bitcoin seperti MicroStrategy memiliki daya tarik tersendiri, beberapa investor mungkin lebih nyaman dengan kepemilikan saham tradisional. Berikut beberapa opsi saham yang memiliki eksposur tinggi ke cryptocurrency:

  • Coinbase (COIN): Raksasa bursa aset kripto Amerika Serikat ini memungkinkan investor untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan berbagai cryptocurrency. Kinerja saham COIN akan dipengaruhi oleh popularitas perdagangan crypto secara keseluruhan.
  • Marathon Digital Holdings (MARA): Perusahaan ini berfokus pada penambangan Bitcoin, yang berarti mereka menggunakan kekuatan komputasi untuk memvalidasi transaksi Bitcoin dan mendapatkan reward berupa Bitcoin baru. Harga saham MARA akan dipengaruhi oleh harga Bitcoin dan profitabilitas penambangan.
  • Riot Blockchain (RIOT): Riot Blockchain adalah another perusahaan penambangan Bitcoin asal Amerika Serikat. Sama seperti MARA, performa saham RIOT akan dipengaruhi oleh harga Bitcoin dan profit margin penambangan.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi

Investasi di saham-saham yang terkait crypto, seperti yang disebutkan di atas, tetap memiliki risiko tersendiri. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  • Volatilitas Tinggi: Pasar cryptocurrency dikenal dengan fluktuasi harga yang besar. Hal ini bisa menyebabkan perubahan harga yang signifikan pada saham-saham terkait crypto.
  • Regulasi: Regulasi pemerintah terhadap cryptocurrency masih belum jelas di banyak negara. Perubahan regulasi bisa berdampak negatif pada harga saham dan keseluruhan ekosistem crypto.
  • Ketergantungan pada Bitcoin: Sebagian besar saham yang disebutkan di atas memiliki keterkaitan yang kuat dengan harga Bitcoin. Pergerakan harga Bitcoin akan secara langsung mempengaruhi performa saham-saham tersebut.

MicroStrategy menawarkan cara unik untuk berinvestasi di Bitcoin melalui kepemilikan saham. Namun, bagi investor yang menginginkan alternatif, saham-saham perusahaan yang terkait erat dengan cryptocurrency bisa menjadi pilihan menarik. Tetap penting untuk melakukan riset dan memahami risiko sebelum mengambil keputusan investasi.

Sumber Lainnya : 

https://finance.yahoo.com/news/crypto-stocks-microstrategy-coinbase-could-191735606.html

Iklan

ARTIKEL TERBARU