28.2 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

Hadapi Tantangan Global, Mendag Harapkan Kerjasama Masyarakat Indonesia Dorong Kinerja Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat saling bekerjasama dalam mendorong kinerja perdagangan khususnya saat menghadapi tantangan global saat ini.

Menurut Mendag perbaikan kinerja perdagangan baik perdagangan dalam negeri maupun perdagangan luar negeri tentunya akan menopang kinerja perbankan, begitu juga sebaliknya.

“Untuk itu terus mendorong kinerja perdagangan Indonesia kata kuncinya adalah kerja sama. Tantangan bagi perekonomian semua negara di dunia dapat dihadapi dengan kerja sama antara seluruh pihak. Tanpa kolaborasi kita akan mengalami kendala. Kerja sama juga diperlukan dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045,” kata Zulkifli.

Terkait kinerja perdagangan, Mendag Zulkifli mengatakan International Monetary Fund (IMF) telah merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia yaitu pada 2022 diperkirakan hanya tumbuh 3,2 persen dan akan melambat menjadi 2,7 persen pada tahun 2023.

Baca juga: Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Terjaga Demi Stabilkan Inflasi

Mendag Kinerja Perdagangan

Target Mendag Pacu Kinerja Perdagangan

Inflasi global juga diperkirakan mencapai 8,8 persen akibat kenaikan harga energi dan komoditas pangan. Namun demikian, inflasi diperkirakan menurun dan mencapai 6,5 persen pada tahun 2023.

“Di tengah tantangan global, kita patut bersyukur karena ekonomi Indonesia tumbuh 5,44 persen YoY pada kuartal II tahun 2022. Neraca Perdagangan Indonesia juga surplus selama 29 bulan berturut-turut. Pada Januari-September 2022, surplus mencapai US$39,87 miliar,” kata Zulkifli.

Sedangkan untuk di dalam negeri, Zulkifli menilai untuk harga barang kebutuhan pokok terpantau stabil di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Untuk minyak goreng curah yang menjadi tugas khusus dari Presiden RI, saat ini harganya sudah di bawah harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp13.800 per liter. Selain itu, Minyakita juga tersedia di 34 provinsi termasuk usa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat,” kata Zulkifli.

Mendag Zulkifli menuturkan kinerja digitalisasi perdagangan dan keuangan juga menunjukkan peningkatan di bulan Agustus 2022. Nilai transaksi uang elektronik tumbuh 43,24 persen (YoY), volume transaksi QRIS tumbuh 184 persen serta nilai transaksi bank digital tumbuh 31,4 persen (YoY).

Baca juga: Harga Komoditas Pangan Dikendalikan Perorangan, Mendag akan Bongkar!

Dia mengungkapkan pihaknya fokus pada program dan kebijakan prioritas untuk penguatan pasar dalam negeri dan peningkatan ekspor nonmigas di tahun 2022. Dia menjelaskan untuk penguatan pasar dalam negeri, pihaknya memprioritaskan stabilisasi harga dan ketersediaan bahan pokok untuk mengendalikan inflasi.

Sedangkan untuk peningkatan ekspor non migas, Kementerian Perdagangan memprioritaskan penetrasi pasar ekspor non tradisional melalui promosi, misi dagang dan pembentukan kerja sama perdagangan melalui promosi, misi dagang dan pembentukan kerjasama perdagangan melalui skema Preferential Trade Agreement (PTA), Free Trade Agreement (FTA) maupun Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Misalnya, dia menambahkan Afrika dengan penduduk lebih dari 1 miliar dan PDB US$2,11 triliun, memiliki potensi perdagangan US$595,9 miliar. Timur Tengah dengan  penduduk 485 juta dan PDB US$5,54 triliun dengan potensi  perdagangan US$1 triliun. Sedangkan Asia Selatan dengan jumlah penduduk 1,84  miliar memiliki PDB US$4,07 triliun, dengan potensi perdagangan US$757,6 miliar.

“Ke depan, Kemendag juga akan membuka lebih banyak lagi kerja sama dengan institusi pendidikan dan perbankan  yang dapat mendukung pelaksanaan strategi kebijakan perdagangan untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045,” ujar Zulkifli.

Baca jugaUMKM Kuasai Pasar Ekspor dapat Akses dari Kemendag

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Hijau Lagi, Cek Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (9/12/2022). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami...

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...
LANGUAGE