28.4 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Ingin Mendapatkan Uang dari Facebook? Ikuti Tips Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Mendapatkan Uang dari Facebook memang sangat mudah untuk dilakukan, namun ada hal yang harus dilakukan oleh penggunanya terlebih dahulu yaitu monetisasi. Sama halnya seperti mendapatkan uang dari YouTube, Facebook juga harus dimonetisasi terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan uang dari internet. Di zaman sekarang ini, untuk mencari uang secara online sangat mudah bagi siapa saja dan di kalangan usia. Salah satunya adalah memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan uang tambahan atau passive income. Caranya adalah dengan mengajukan monetisasi Facebook.

Dalam artikel berikut ini akan dibahas tentang bagaimana cara monetisasi Facebook yang benar. Bagi kamu yang sering sekali bermain Facebook, maka bisa memanfaatkan hal ini dengan baik agar bisa menghasilkan cuan untuk kebutuhan Anda.

Sekilas Tentang Facebook

Rasanya akan sangat aneh jika ada orang yang masih tidak mengenal Facebook atau FB, karena mayoritas penduduk di seluruh dunia memiliki akun Facebook. Facebook pertama kali berdiri pada tahun 2004 lalu, dan sampai sekarang aplikasi tersebut telah menjadi media sosial yang paling eksis karena bisa bertahan selama itu.

Pada tahun 2012 lalu juga disebutkan bahwa pengguna Facebook kurang lebih ada semiliar di seluruh dunia. Sekarang pun mungkin jumlahnya sudah jauh bertambah banyak. Jadi, sangat tidak mengherankan jika Facebook selalu melakukan inovasi baru untuk menarik lebih banyak pengguna.

Walaupun untuk membuat akun FB sendiri gratis, tapi perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari jasa pemasangan iklan yang menjadi salah satu fitur andalan aplikasi ini.

Itulah yang menjadi alasan mengapa platform aplikasi tersebut terus menjadi perusahaan yang besar. Selain itu, melalui aplikasi sosial media tersebut pun kamu bisa mendapatkan uang dari Facebook dengan mengetahui cara monetisasi Facebook. Sistemnya pun nyaris sama seperti monetisasi yang diterapkan di Youtube, dengan monetisasi nantinya pengguna akan mendapatkan keuntungan yang tidak terbayangkan, asalkan mereka bisa mengusahakannya dengan serius.

Intinya yang bisa dimonetisasi ini adalah konten-konten video yang akan dipublikasikan di Facebook.

Mengapa Harus Monetisasi Lebih Dulu untuk Mendapatkan Uang dari Facebook?

Monetisasi Facebook adalah salah satu cara untuk mencari uang secara online yang terbukti sangat efektif, karena bisa dipraktikkan oleh siapa saja yang hobi membuat konten menarik. Monetisasi ini tentunya bisa mendatangkan pundi-pundi yang menarik dan juga bisa menghasilkan penghasilan besar untuk penggunanya apabila ada keseriusan untuk menggarapnya.

Bahkan, hal ini bisa menjadi pekerjaan yang dilakukan sehari-hari juga. Apalagi sekarang ini pengguna Facebook itu jumlahnya sangat banyak. Potensi untuk mendapatkan uang dari Facebook pun akan jadi semakin besar.

Monetisasi Facebook sangat bergantung pada jumlah views dan jumlah interaksi di konten yang sudah dipublikasikan itu. Jadi, untuk mendapatkan passive income dari Facebook memang perlu konsisten dalam membuat konten yang menarik. Tentu saja hal itu tidak mudah dilakukan, karena kamu harus selalu putar otak untuk dapat menghadirkan ide yang baru setiap harinya.

Syarat Monetisasi Facebook

Cara monetisasi Facebook yang sangat perlu untuk diketahui tahapan-tahapannya, hal ini bertujuan agar pengajuan monetisasi dapat diterima. Adapun beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi lebih dulu oleh penggunanya juga. Intinya adalah monetisasi Facebook ini harus sesuai dengan syarat-syarat yang diberikan oleh pihak Facebook. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Konten yang dipublikasikan harus sesuai dengan standar komunitas Facebook. Jadi, penggunanya tidak boleh mempublikasikan konten yang berisi kekerasan, rasisme, pornografi, dan konten lainnya yang dianggap melanggar standar komunitas milik Facebook.
  2. Facebook juga memiliki kebijakan monetisasi partner yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Aturan tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan yang sudah diatur untuk Halaman Facebook. Intinya adalah monetisasi ini hanya dapat dilakukan di Halaman Facebook.
  3. Facebook memiliki kebijakan terkait monetisasi konten yang harus diikuti penggunanya sesuai dengan aturan pertama. Intinya adalah setiap konten akan diawasi oleh pihak Facebook, lalu Facebook juga berhak untuk menghilangkannya apabila konten tersebut terindikasi melakukan pelanggaran. Untuk itu kamu juga perlu membuat konten yang sesuai dengan standar Facebook.
  4. Konten yang akan dipublikasikan adalah asli atau tidak melanggar hak cipta pihak mana pun. Dengan begitu, kamu sangat perlu untuk mempublikasikan konten yang benar-benar asli dari idemu sendiri.
  5. Jumlah pengikut di Halaman Facebook harus ada kurang lebih 10.000 pengikut.
  6. Video yang akan dimonetisasi telah memiliki jumlah views sebanyak 30.000 kali.

Cara Monetisasi Facebook, Solusi Mendapatkan Uang dari Facebook

Setelah mengetahui persyaratannya, maka selanjutnya adalah cara monetisasi Facebook. Cara ini sebenarnya tidak rumit karena pengguna hanya perlu untuk mengikuti standarisasi yang sudah ditetapkan oleh Facebook. Berikut ini adalah cara monetisasi Facebook yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  • Memiliki Halaman Facebook

Memiliki Halaman Facebook adalah syarat utama untuk monetisasi Facebook yang benar. Cara membuatnya pun terbilang amat sangat mudah, jadi kamu hanya perlu memiliki akun personal lebih dulu, barulah nanti dari sana Halaman Facebook bisa dibuat. Halaman Facebook ini yang nantinya bisa menjadi identifikasimu ketika ingin mengajukan monetisasi Facebook.

  • Buka Creator Studio

Creator Studio ini letaknya ada di Halaman Facebook. Hal ini bisa dilakukan ketika kamu sudah mempublikasikan beberapa konten video untuk dijadikan penilaian. Hal ini dilakukan untuk menilai kelayakan Halaman Facebook yang dimiliki pengguna benar-benar layak mendapatkan monetisasi atau tidak.

Setelah masuk ke menu creator studio, maka pilihlah bagian “Monetisasi” di Creator Studio, lalu klik Terapkan. Jika sudah, maka nanti akan ada indikator penilaian dari warna hijau yang berarti layak untuk dimonetisasi, warna kuning yang berarti ada beberapa masalah yang harus kamu perbaiki lebih dulu, lalu warna merah yang berarti Halaman Facebook tidak bisa dimonetisasikan.

Jika kamu mendapatkan penilaian warna hijau, langsung saja mengikuti langkah selanjutnya dengan cara mengikuti semua alurnya.

  • Mengubah Halaman Facebook menjadi Akun Bisnis

Mengubah halaman Facebook menjadi bisnis ini bertujuan agar Halaman Facebook nantinya bisa digunakan untuk monetisasi, karena itu pengguna harus lebih dulu mengubah Halaman Facebook mereka menjadi akun bisnis. Untuk mengubahnya, maka kamu bisa mengubahnya di bagian Pengaturan.

Setelah halaman tersebut sudah menjadi akun bisnis, maka kamu akan lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan audiens. Di sini kamu akan tahu lebih detail tentang jangkauannya.

  • Mengaktifkan Monetisasi Video

Hal ini adalah suatu hal yang sangat perlu diketahui oleh pengguna FB, yakni kamu harus mengajukan pengadaan iklan di beberapa konten video Facebook satu per satu. Cara ini memang sangat berbeda dengan Youtube, yakni ketika pengajuan sudah disetujui oleh pihak YouTube, maka iklan akan secara otomatis bermunculan di seluruh video yang kamu posting.

Selain itu, pengguna juga bisa mengajukan pengadaan iklan dengan fitur yang bernama ad breaks, fitur ini bisa diatur langsung di video-video yang telah dipublikasikan. Cara ini pun sebenarnya tidak terlalu merepotkan penggunanya, karena kamu hanya tinggal mengandalkan fitur ad breaks itu. Setelah itu, maka kamu sudah bisa menghasilkan uang dari konten-konten video yang telah dipublikasikan di Facebook.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...
LANGUAGE