23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

STARTUP INI BANTU ANDA MENERBITKAN BUKU

duniafintech.com – Bila Anda ingin menerbitkan buku kini hadir konsep crowd funding di bidang penerbitan buku. Adalah Inner Child Crowdfund (ICC) Publisher yang mendorong masyarakat terlibat dalam pembuatan buku.

Dikutip dari laman ICCPublisher.com mengklaim sebagai penerbit pertama di Indonesia yang menggunakan konsep crowd funding. ICC Publisher menjembatani kebutuhan penulis dan konsumen atau pembaca untuk menerbitkan buku. Dari sisi penulis, ia akan terbantu dari segi pendanaan dan pendampingan. Sementara itu, konsumen bisa berkontribusi lebih mengenai buku yang ingin dibaca dan disebarluaskannya.

Bentuk naskah buku apa saja yang diterima dan dinilai oleh ICC Publisher? ICC Publisher menerima naskah novel untuk fiksi dan non-fiksi. Penerbit ini tidak membatasi genre naskah. Untuk naskah self-help dan bisnis akan diproses perkasus. Namun, ICC Publisher tidak menerima naskah dengan tema utama politik, suku, ras, atau agama.

Penulis tidak harus menyelesaikan naskah buku yang ingin diterbitkan. ICC Publisher mengaku pihaknya sebagai co-creator, bukan middleman. Artinya, mereka akan bekerja sama dengan penulis untuk menyukseskan karyanya. Dengan kata lain, ICC Publisher dapat menerima naskah dalam bentuk outline (draft). Tim ICC Publisher akan menyediakan jasa design cover, editing naskah, percetakan, dll.

Naskah bisa dikirim melalui email atau link yang tersedia di web ICC Publisher. Biasanya, untuk memproses naskah dibutuhkan waktu empat hingga delapan minggu. ICC Publisher menggunakan sistem ticketing dalam penerimaan naskah. Maksudnya, semua naskah pasti akan terproses dan memberikan jawaban untuk naskah yang mereka terima.

Setelah naskah diterima, ICC Publisher akan bekerja sama dengan penulis untuk menentukan goal. Goal dana project harus bisa menutup biaya design cover, editing, percetakan, distribusi, dan iklan. Penulis mempunyai hak dalam menentukan pilihan design cover dan penyuntingan dalam naskah.

Baca juga

Menariknya, semua buku yang sukses didanai akan mendapatkan International Standard Book Number (ISBN). Selain itu, hak cipta atas karya penulis tetap dimiliki 100% oleh penulis. Ini artinya penulis bebas untuk menerbitkan bukunya di penerbit lain setelah masa project selesai. Tapi, penulis dimohon untuk tidak menerbitkan buku di penerbit lain selama campaign project berlangsung.

Tak hanya itu, semua project yang sukses didanai akan didistribusikan ke toko-toko buku secara regional atau nasional. Untuk keuntungan dana yang terkumpul di ICC Publisher akan dibagi 50% ke penulis setelah dikurangi biaya. Untuk keuntungan dari hasil penjualan di toko-toko buku akan dibagi 50% ke penulis setelah dikurangi biaya.

Di sisi lain, masyarakat bisa memilih proyek yang ingin didukungnya. Elemen-elemen yang terdapat dalam proyek di ICC Publisher adalah sebagai berikut:

  • Raised: Jumlah dana yang sudah tergalang sejauh ini
  • Goal: Jumlah dana yang harus digalang supaya proyek berjalan
  • Pledgers: Jumlah orang yang sudah berkontribusi dalam proyek tersebut
  • End date: Tanggal akhir untuk berkontribusi dalam suatu proyek

Setiap proyek mempunyai pilihan level dukungan yang berbeda. Proyek akan dijalankan bila jumlah komitmen dari pendukung sudah mencapai 100% atau lebih. Untuk proyek yang sudah terdanai 100% atau lebih sebelum tanggal proyeknya berakhir, akan ada “stretch goal”. Ini artinya akan ada bonus tambahan untuk semua yang sudah memberikan dukungannya, sesuai dengan jumlah dana yang lebih. Bila project berhasil didanai, ICC Publisher akan langsung memproses pledge reward dari masing-masing pendukung.

Baca juga

Untuk proyek yang belum terdanai 100% saat tanggal proyeknya berakhir, proyek tersebut akan dibatalkan atau diperpanjang tanggal berakhirnya, tergantung dari antusiasme pendukung. Bila project gagal didanai, ICC Publisher akan mengembalikan 100% dana sebagai “funds” atau saldo di akun masing-masing pengguna. Saldo ini bisa digunakan untuk checkout di project lainnya atau ditransfer ke rekening pengguna.

Dari segi keamanan pembayaran, ICC Publisher telah bekerja sama dengan vendor payment gateway terkemuka di Indonesia yang mempunyai sertifikasi  PCI-DDS Compliant. Semua transaksi kartu kredit akan diverifikasi oleh Visa dan Mastercard. Di samping itu, terdapat Fraud Detection and Protection System di payment gateway tersebut. Ditambah lagi, semua transaksi di website tidak ditangani langsung oleh ICC Publisher. Artinya, ICC Publisher tidak menyimpan data perbankan pembaca di website.

 

Sumber:  iccpublisher.com

 Written by: Sebastian Atmodjo

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU