26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Mengenal Protokol DeFi Synthetix Pengembang Token Kripto SNX Coin

JAKARTA, duniafintech.com – Synthetix adalah protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang menyediakan eksposur on-chain ke berbagai aset kripto dan non-kripto. Protokol ini didasarkan pada blockchain Ethereum (ETH) dan menawarkan pengguna akses ke aset sintetis (synths) yang sangat likuid. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Synths melacak dan memberikan pengembalian pada aset dasar tanpa mengharuskan seseorang untuk secara langsung memegang aset tersebut. Layaknya protokol DeFi lain, Synthetix memiliki utilitas kripto sendiri yang disebut SNX Coin.

Platform ini bertujuan untuk memperluas ruang cryptocurrency dengan memperkenalkan aset non-blockchain, menyediakan akses ke pasar keuangan yang lebih kuat.

Pendiri Synthetix

Melansir Liputan6.com, jaringan Synthetix diluncurkan pada September 2017 oleh Kain Warwick dengan nama Havven (HAV). Sekitar setahun kemudian perusahaan berganti nama menjadi Synthetix.

Kain Warwick adalah pendiri Synthetix dan direktur non-eksekutif di jaringan ritel blueshyft. Sebelum mendirikan Synthetix, Warwick telah mengerjakan beberapa proyek cryptocurrency lainnya. Dia juga mendirikan Pouncer, situs lelang langsung eksklusif untuk Australia.

CEO proyek, Peter McKean, memiliki lebih dari dua dekade pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak. Dia sebelumnya bekerja sebagai programmer di ICL Fujitsu. COO Synthetix, Jordan Momtazi adalah ahli strategi bisnis, analis pasar, dan pemimpin penjualan dengan pengalaman beberapa tahun di blockchain, cryptocurrency, pembayaran digital, dan sistem e-commerce.

CTO Synthetix, Justin J. Moses, adalah mantan direktur teknik di MongoDB dan wakil kepala praktik teknik di Lab49. Dia juga ikut mendirikan Pouncer.

Keunikan

Synthetix adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) dan platform untuk aset sintetis. Protokol dirancang dengan cara yang memaparkan pengguna ke aset dasar melalui synths, tanpa harus memegang aset dasar.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk berdagang dan bertukar synth secara mandiri. Ini juga memiliki kumpulan taruhan di mana pemegang dapat mempertaruhkan token SNX mereka dan dihargai dengan bagian dari biaya transaksi di Synthetix Exchange.

Baca jugaDaftar Perusahaan Besar yang Bangkrut di Dunia dan Indonesia

Platform melacak aset yang mendasarinya menggunakan protokol pengiriman harga kontrak pintar yang disebut oracle. Synthetix memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan synth dengan mulus, tanpa masalah likuiditas/selip. Ini juga menghilangkan kebutuhan akan fasilitator pihak ketiga.

Token SNX digunakan sebagai jaminan untuk aset sintetis yang dicetak. Ini berarti bahwa setiap kali synth dikeluarkan, token SNX dikunci dalam kontrak pintar.

Harga SNX

Berdasarkan data Coinmarketcap, pada Selasa (28/6/2022) kemarin, harga SNX Coin adalah Rp 34.874 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 922,4 miliar.

SNX melemah 14,03 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 107 dengan kapitalisasi pasar Rp 4 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 114,8 juta SNX Coin dari maksimal 212,4 juta SNX Coin.

Baca juga: Padahal Dilarang Main HP di SPBU, tapi Kok Malah Disuruh Pakai Aplikasi MyPertamina?

Baca juga: Lengkap! Begini Cara Pencairan BPJS Online Ketenagakerjaan

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Fintech Indonesia: Nama Fintech Legal Dicatut, AFPI Ancam Tempuh Jalur Hukum

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini datang dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Untuk diketahui, AFPI melayangkan ancaman terhadap pihak-pihak yang...

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...
LANGUAGE