Menteri Baru Ini Sering Suarakan Fintech! Siapakah Dia?

0
208
menteri baru

DuniaFintech.com – Presiden Joko Widodo telah melantik 6 nama baru yang akan mengisi posisi Menteri di kabinet pemerintahan. Dari 6 nama tersebut, terdapat satu nama yang kerap mempromosikan peran ekonomi digital dan layanan keuangan berbasis teknologi.

Adalah Sandiaga Salahudin Uno yang kerap menyuarakan pemanfaatan teknologi finansial dan juga kewirausahaan di kalangan milennial. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut juga pernah menerapkan beberapa kebijakan yang mendukung hal tersebut, seperti OKE OCE yang merupakan sebuah kebijakan untuk memfasilitasi kewirausahaan.

Sebelum mengisi pos Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandi kerap mengisi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi digital dan fintech, salah satunya terkait era revolusi industri 4.0. Ia pernah menjelaskan hasil penelitiannya yang berjudul “The Effect if Entrepreneurial Values and Entrepreneurial Orientation on the Micro, Small, Medium Business’s Financial Performance”.

Ada pun penelitian tersebut membahas tentang tantangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di era revolusi industri. Pada penelitian tersebut, ia menekankan pentingnya adaptasi teknologi untuk para pengusaha, seperti mengikuti program pelatihan hingga membangun jaringan.

Baca juga:

Sandiaga Uno Jadi Menteri Baru Indonesia

Selain itu, Sandi juga kerap mengarahkan fokusnya kepada fintech, khususnya layanan dengan prinsip syariah. Menurutnya, layanan keuangan berbasis teknologi untuk pinjaman personal (P2P Lending) yang mengacu pada prinsip syariah dapat menjadi solusi keuangan para pengusaha muslim Tanah Air.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam seminar virtual dengan tema “Muslimpreneurs in Crisis” yang dihelat oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia pada Rabu (25/11/2020).

Sandi mengatakan, peluang bagi fintech syariah untuk mengembangkan layanannya lebih luas didukung dengan adanya situasi pandemi COVID-19. Ia beralasan akan lebih banyak pengusaha yang akan mencari pinjaman alternatif selain perbankan.

Sandiaga menilai, pemerintah saat ini gencar mengembangkan Industri halal di Indonesia salah satunya dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) pada 2020 ini yang diketuai langsung oleh Presiden RI Jokowi. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang menjadi wakil ketua merangkap ketua harian lembaga ini.

Sebagai pengisi pos menteri yang baru di bidang ekonomi kreatif, maka diharapkan Sandi mampu menyuarakan pemanfaatan fintech dan instrumen keuangan lainnya, terutama soal kewirausahaan.

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here