25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Menteri Koperasi Pastikan Para Nelayan Dapat Harga Solar Lebih Murah

JAKARTA, duniafintech.com – Menteri Koperasi UKM Teten Masduki memastikan penyaluran Program Solar untuk Koperasi Nelayan, para nelayan akan mendapatkan harga solar yang lebih murah.

Teten menilai Program Solar untuk Koperasi Nelayan merupakan solusi bagi para nelayan yang memiliki dampak terhadap kenaikan harga BBM subsidi yang baru saja diputuskan oleh pemerintah. Menurutnya dengan program tersebut akan memperbaiki akses nelayan untuk memudahkan mendapatkan solar, sehingga nanti kenaikan solar tidak terlalu berdampak kepada nelayan.

“Karena rantai pasok nelayan bisa diperbaiki, karena nanti mereka (nelayan) bisa mendapatkan harga yang lebih murah,” kata Teten. Jakarta, Senin (5/9).

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan  nantinya koperasi akan membantu dalam hal modal kerja untuk mendorong para nelayan dalam sisi hasil nelayan. Kemudian, pihaknya akan mendorong dan berkoordinasi dengan Himbara melalui Bank BRI dan PNM untuk membangun ekosistem dan membantu nelayan sebagai nelayan.

Baca juga: Cara Menteri Erick Permudah Nelayan Dapatkan BBM Subsidi

Kemudian, dia menambahkan untuk ibu-ibu nelayan juga akan didorong untuk mengikuti program PNM Mekar. Selain itu, Kementerian BUMN juga akan mendorong perusahaan BUMN, perusahaan swasta besar dalam hal kebutuhan bahan baku dari hasil nelayan.

“TInggal diskusi dengan nelayan mengenai over taker atau hasil nelayan. Apakag bisa melalui BUMN atau perusahaan swasta besar atau UMKM membutuhkan daripada bahan baku dari hasil nelayan,” kata Erick.

Program Solar untuk Koperasi Nelayan akan memberikan BBM secara lebih terjangkau dan tepat sasaran bagi nelayan yang membutuhkan. Sebab koperasi nelayan memiliki data nelayan per nama dan alamat. Dengan kebijakan itu, maka solar bersubsidi bisa lebih tepat sasaran.

Baca juga: Menteri Erick Klaim MyPertamina Jawaban Untuk Subsidi BBM Tepat Sasaran

Menurut Erick, program di tujuh lokasi ini adalah pilot project. Jika sukses selama tiga bulan, maka program ini akan menjadi kebijakan nasional di seluruh nusantara. Erick menegaskan bahwa program ini sesuai dengan semangat dan amanah Presiden Jokowi agar pemerintah hadir memberi solusi di tengah kebutuhan masyarakat.

“Kita mulai secara bertahap untuk membantu nelayan yang membutuhkan. Kita buktikan pemerintah hadir, pemerintah memberikan solusi untuk nelayan,” ujar Erick.

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan bahwa tujuh lokasi yang akan menjadi pilot project Program Solar untuk Koperasi Nelayan adalah di Lhoknga (Aceh), Deli Serdang, Indramayu, Pekalongan, Semarang,  Surabaya, dan Lombok Timur. Rencananya, awal Desember nanti akan berlangsung di seluruh Indonesia.

“Pertamina menyambut baik program ini karena akan memudahkan pertamina dalam menyalurkan BBM bersubsidi untuk nelayan karena melalui koperasi ini yang anggotanya by name by addres bisa dipastikan ini akan langsung ke para nelayan,” ujar Nicke.

Baca juga: Cara Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE