29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Menyusul El Salvador, Honduras Adopsi Bitcoin Jadi Alat Pembayaran yang Sah

JAKARTA, duniafintech.com – Sebuah zona ekonomi khusus di pulau wisata di pantai Karibia, Honduras telah mengadopsi Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sebagai alat pembayaran yang sah.

Pernyataan tersebut disampaikan pejabat zona itu pada Kamis (7/4/2022) kemarin. 

Setiap transaksi yang dilakukan dengan jenis aset virtual ini berada di bawah tanggung jawab dan risiko orang yang melakukannya. 

Disebut “Honduras Prospera,” zona khusus itu didirikan pada tahun 2020 untuk membantu mendorong investasi, dan memiliki otonomi administrasi, fiskal dan anggaran.

“Kerangka regulasi fleksibel Prospera memungkinkan inovasi kripto dan penggunaan Bitcoin oleh penduduk, bisnis, dan pemerintah,” kata Honduras Prospera dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari Antara, Minggu (10/4/2022)

Zona ekonomi juga akan membiarkan kota, pemerintah daerah dan perusahaan internasional menerbitkan obligasi bitcoin dari yurisdiksi daerah tersebut.

Honduras Prospera mencakup bagian pulau Roatan yang indah serta kota La Ceiba di Pantai Atlantik Honduras.

Negara tetangga El Salvador itu mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September lalu, negara pertama di dunia yang melakukannya, meskipun peluncurannya bergelombang dan terperosok dalam skeptisisme publik.

Di Honduras, Bank Sentral mengatakan tidak dapat menjamin transaksi mata uang kripto.

“Setiap transaksi yang dilakukan dengan jenis aset virtual ini berada di bawah tanggung jawab dan risiko orang yang melakukannya,” kata bank tersebut dalam pernyataan Maret yang dikirim sebagai tanggapan atas pertanyaan pada Kamis (7/4/2022), dikutip dari Reuters.

Kini zona ekonomi khusus di pulau wisata di pantai Karibia, Honduras itu telah mengadopsi Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sebagai alat pembayaran yang sah di kawasan tersebut. 

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU