30 C
Jakarta
Rabu, 30 September, 2020

Moka: Transaksi Harian UMKM Naik Sebesar 62% di 16 Kota Indonesia

DuniaFintech.com – Moka, startup penyedia layanan kasir digital menghadirkan diskusi interaktif yang memaparkan mengenai transaksi harian UMKM naik di 16 kota di Indonesia hingga 62%. Diskusi ini dalam rangka spesial merayakan Hari UMKM Nasional 2020 yang sejalan dengan semangat untuk tumbuh dan berkembang bersama pelaku UMKM.

ACOM webinar kali ini berkolaborasi dengan Midtrans, startup penyedia layanan pemrosesan pembayaran online terbesar di Indonesia, dalam upaya memperluas skala usaha UMKM melalui adaptasi ekosistem digital.

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Banyak pelaku UMKM yang kehilangan pendapatan, tidak bisa mencicil pembiayaan, hingga terpaksa tutup karena berkurangnya pemasukan diakibatkan terbatasnya aktivitas usaha karena dampak pandemi.

Fiki Satari, Staf Khusus Menteri Koperasi & UKM Indonesia mengatakan, “salah satu hal utama yang perlu dilakukan oleh UMKM untuk bertahan di masa ini adalah keharusan dalam melakukan adaptasi bisnis dan mendalami inovasi produk sehingga dapat menyesuaikan dengan permintaan pasar.”

Baca Juga:

Menurut data riset Moka, selama masa transisi menuju periode adaptasi baru, transaksi harian UMKM naik di 16 kota di Indonesia hingga 62% jika dibandingkan dengan bulan pertama masa lockdown oleh pemerintah. Fakta ini membawa harapan bagi para pelaku usaha untuk terus bertahan dan memberikan inovasi terbaik bagi bisnisnya.

Haryanto Tanjo, CEO & Co-Founder Moka menyampaikan “tidak hanya dari sisi penjualan online, solusi manajemen operasional yang berbasis digital juga penting untuk diterapkan dalam bisnis. Dengan memanfaatkan sistem digital pada operasional bisnis, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih cepat tanggap dalam menganalisa penjualan dan mengambil keputusan penting dalam bisnisnya,” jelasnya.

Erwin Tanudjaja, CEO Midtrans memaparkan, kami sadar di masa sekarang ini, mempermudah transisi dan adaptasi ratusan UMKM di Indonesia ke ranah online melalui upaya digitalisasi merupakan prioritas. Untuk itu, Midtrans mengupayakan kemudahan pelaku UMKM dalam transaksi pembayaran online, salah satunya dengan fitur kami yaitu Payment Link.

Mengusung Hari UMKM Nasional 2020, Midtrans juga mencanangkan program zero fee MDR atau pembebasan biaya transaksi online khusus untuk para mitra usaha baru pada periode 15 Juli – 15 September 2020. Dengan pembebasan biaya transaksi, diharapkan transaksi harian UMKM naik lebih dari pencapaian saat ini agar dapat lebih mudah bertransisi ke ranah online, sehingga mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan omzet usaha.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Paris Saint-German Tanda Tangani Kontrak dengan Perusahaan Blockchain Sorare

DuniaFintech.com – Tim sepakbola terkemuka asal Prancis, Paris Saint-Germany (PSG) menjadi klub Eropa terbaru yang menandatangani kesepakatan lisensi dengan perusahaan Blockchain Sorare. Perusahaan...

Hati-Hati Dengan Praktik Fintech Ilegal, Tawarkan Pinjaman Lewat SMS

DuniaFintech.com – Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menyatakan aktivitas penawaran dari fintech ilegal makin marak di tengah masyarakat. Mereka biasanya menyasar...

BukuWarung Raih Pendanaan Hingga Puluhan Juta Dolar

DuniaFintech.com - Penyelenggara teknologi keuangan (fintech) untuk pembukuan dan kas, BukuWarung disebut meraih pendanaan hingga puluhan juta Dollar Amerika Serikat. Hal ini...

Hikmah Pandemi, Indonesia Punya Moment untuk Penguatan Kedaulatan Digital

Duniafintech.com - Memasuki era digital merupakan sebuah keniscayaan disaat seperti ini. Hampir semua aktivitas manusia sudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital....

Walaupun Kredit Macet Industri Fintech Lending Naik, AFPI Pastikan Masin Aman

DuniaFintech.com – Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI) menyatakan bahwa industri fintech lending naik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rasio wanprestasi pengembalian...
LANGUAGE