32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Mudik Lebih Menyenangkan Pakai E-money

.duniafintech.com – Bulan Ramadan sudah berjalan hampir tiga minggu. Bulan Ramadan di Indonesia tak hanya soal ibadah puasa saja, yang paling ditunggu-tunggu masyarakat juga kegiatan mudik atau pulang kampung bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri.

Momen Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia memang selalu identik dengan tradisi mudik atau pulang kampung. Berbicara mengenai pulang kampung, Pengamat Transportasi Unika, Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan, pada tahun ini angka pemudik akan mencapai 19,04 juta jiwa, naik sekitar 4,85% dibandingkan dengan angka pemudik tahun lalu. Di sisi lain, jumlah pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ditaksir akan mencapai 9,55 juta orang,

Berkaca pada pengalaman mudik setiap tahunnya, pasti akan terjadi penumpukan kendaraan di setiap ruas jalan antar kota maupun provinsi. Dengan banyaknya angka pemudik yang selalu meningkat setiap tahunnya, pemerintah sudah mengantisipasinya dengan membuka beberapa ruas jalan tol baru yang akan mulai beroperasi menjelang mudik. Selain itu, tidak hanya membuka jalan tol baru, pemerintah dan pengelola jalan tol bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan e-Money akan memberikan diskon sebesar 20% bagi para pemudik yang menggunakan jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga Tbk (JSMR), dan 10% bagi pemudik yang mengakses ruas tol yang dikelola PT Marga Mandala Sakti, PT Marga Harjaya Infrastruktur, dan PT Lintas Marga Sedaya. Adapun penerapan diskon uang elektronik ini akan berlaku dari H-3 hingga H+2 Lebaran, dan akan kembali diterapkan pada H+4 hingga H+6 Lebaran untuk mendukung kelancaran arus balik.

Saat ini layanan e-Money seperti Bank Mandiri, Brizzi BRI, TapCash BNI, Blink BTN, dan Flazz BCA. telah dapat digunakan di 22 ruas tol milik Jasa Marga, anak perusahaan Jasa Marga dan BUJT lainnya, seperti ruas Jakarta Dalam Kota, ruas Cawang – Tomang – Cengkareng, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta Outer Ring Road W2U, JORR BSD, Jakarta Lingkar Barat, Jakarta – Tangerang, Jakarta – Cikampek, Jakarta – Bogor – Ciawi, Cinere – Jagorawi, ruas Purbaleunyi, ruas Cikupa – Merak, Bogor Outer Ring Road (BORR), Ruas Palimanan – Kanci, ruas semarang, ruas Semarang – Bawen, ruas Surabaya – Gempol, ruas Belawan – Medan – Tanjung Morawa (Belmera), ruas Nusa Dua – Ngurah Rai – Benoa (Bali) , ruas Cikopo – Palimanan, ruas Kanci – Pejagan, dan Pejagan – Brebes Timur.

Langkah tersebut sangat efektif untuk mempersingkat waktu antrean yang dibutuhkan untuk transaksi pembayaran akses jalan tol, dengan kata lain, dapat mengantisipasi antrean kendaraan di pintu-pintu tol. Di sisi lain, pengisian ulang (top up) dapat dilakukan di lebih dari 38.000 titik yang meliputi mandiri ATM, Cabang-cabang Bank terkait, retail merchant (Indomart, Alfamart, dan lain-lain), gerbang tol, halte Trans Jakarta dan isi ulang melalui ponsel berteknologi NFC (near field communication).

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menggunakan e-Money, tentu sangat sayang jika Anda tidak menggunakannya ketika mudik nanti. Di samping lebih aman, tentu Anda juga akan menjadi lebih nyaman. Jadi, ayo buat pulang kampung Anda lebih menyenangkan dengan menggunakan e-Money!

Source :

  • finance.detik.com
  • kompas.tv

Written by : Hendratanu Wijaya

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU