32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

NFT JKT48 Akan Segera Rilis, Kolektor Bisa Cari Cuan Bareng Mereka

JAKARTA, duniafintech.com – JKT48 akan segera meluncurkan karya Non-Fungible Token (NFT) mereka. NFT ini akan diluncurkan melalui program terbaru dari Goplay, yakni Stickerverse yang juga baru akan diluncurkan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Chief Operating Officer (COO) Calvin Kizana.

Nantinya, NFT JKT48 ini bisa dikoleksi dan tentunya dapat memberikan sejumlah benefit, baik secara finansial maupun non-finansial. Benefit non-finansial ini yang menarik terutama untuk para penggemar JKT48.

“(Misalnya) saya (kolektor) bisa ditelepon sama member-nya JKT48,” kata Calvin dikutip dari Kumparan.

Tak cuma bisa teleponan dengan member JKT48, kolektor NFT JKT48 juga akan memiliki hak istimewa atau privilege untuk mengakses ke pertunjukan-pertunjukan JKT48.

“Kalau mereka nanti bikin show-show khusus, yang boleh masuk hanya yang punya NFT-nya. Jadi macem-macem, itu akan segera kita umumkan,” ujarnya.

JKT48 hanya salah satu seniman yang akan digandeng oleh Goplay melalui proyek Stickerverse. Menurut Calvin, masih ada banyak seniman-seniman ternama lain dalam proyek tersebut, namun saat ini belum bisa dibocorkan ke publik.

Calvin juga mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada 4.000 lebih kreator yang sudah berkolaborasi dengan Goplay, sehingga dia optimis akan bisa menggandeng banyak seniman untuk bergabung dalam Stickerverse yang akan segera diluncurkan.

Stickerverse sendiri merupakan proyek terbaru Goplay yang bertujuan untuk menjembatani para konten kreator yang ada di Goplay untuk masuk ke dunia NFT.

“Sehingga mereka yang sebelumnya sudah making revenue cukup lumayan di Goplay dari ratusan ribu sampai puluhan juta, dengan adanya NFT ini harapan kita revenue mereka bisa lebih lagi,” ujarnya.

Nantinya, kreator yang ingin terjun ke dunia NFT akan mendapat pendampingan sampai mereka bisa meluncurkan proyek NFT-nya. Tak cuma sampai meluncurkan karya, para kreator juga akan dibantu untuk melakukan strategi pemasaran, akses ke komunitas-komunitas, sampai berkolaborasi dengan brand-brand tertentu.

​​Bagi para kreator, ada beberapa benefit utama yang bisa mereka dapatkan ketika bergabung dalam Stickerverse. Di antaranya, mereka tidak perlu lagi pihak ketiga. Misalnya jika seniman ingin mengadakan pameran tak perlu lagi pihak ketiga, musisi-musisi bisa langsung masuk ke NFT tanpa ada label, bahkan para sineas bisa langsung melakukan penggalangan dana langsung menggunakan NFT untuk membuat proyek film.

Para kreator juga akan mendapatkan kemudahan akses ke pasar global, bisa mengatur royaltinya sendiri dan mendapatkan royalti secara otomatis.

Sementara untuk kolektor, benefit yang didapatkan terdiri atas benefit monetary dan non-monetary. Dari sisi monetary, kolektor bisa memiliki passive income ketika mengoleksi NFT-NFT dari seniman idolanya.

Sedangkan secara non-monetary, para kolektor bisa mendapatkan benefit berupa akses eksklusif ke pertunjukan seniman favoritnya. Misalnya saat ada pertunjukan, kolektor bisa menemui idolanya langsung di belakang panggung.

Saya bisa foto-foto sama dia, atau bahkan saya bisa ditelepon sama dia. Jadi ada non-monetary benefit-nya yang bisa didapatkan dari project-project di dalam Stickerverse,” kata Calvin Kizana.

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU