23.4 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

OJK dan GoTo Financial Hadirkan Buku Pintar Keuangan, Unduh di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – GoTo Financial bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan buku pintar keuangan agar dapat membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengatur keuangan. 

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara, mengungkapkan kehadiran buku pengelolaan keuangan ini diharapkan membantu meningkatkan pemahaman dan literasi keuangan nasional. 

“kehadiran buku berjudul Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM menjadi sumber inspirasi bagi pelaku UMKM untuk mengatur keuangan,” kata Tirta Segara dalam keterangan resminya.

Tirta menyatakan bahwa buku yang dirilis dalam format ebook ini bisa menjadi sumber Informasi penting bagi  pelaku UMKM agar kedepannya menjadi lebih pandai mengelola keuangan. Selain itu juga dapat bertransformasi dalam pembayaran dan transaksi secara digital, perhitungan serta pelaporan perpajakan, bahkan hingga mengakses sumber permodalan. 

Tirta mengatakan bahwa kehadiran ebook ‘Buku Pintar Keuangan: Pengelolaan Keuangan Untuk UMKM Pemula’ yang diterbitkan oleh GoTo ini diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi yang besar manfaatnya bagi para pelaku UMKM di Indonesia. 

Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019, indeks literasi keuangan nasional berada pada level 38,03%, sedangakan indeks inklusi keuangan mencapai 76,19%.  

Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal. 

Sementara terkait literasi keuangan, Tirta bilang bahwa merupakan suatu keterampilan yang penting dalam meningkatkan inklusi keuangan, pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan individu, dan perlindungan konsumen. 

Oleh karena itu GoTo Financial melalui Finasiap  berkolaborasi dengan OJK dalam membuat Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM. 

Adapun kerja sama ini merupakan upaya GoTo Financial untuk mendukung mitra usaha agar dapat naik kelas melalui solusi teknologi maupun non-teknologi.  

Senior Vice President Public Policy and Government GoTo Financial Anita Sukarman mengatakan, Perusahaan yang menaungi jutaan mitra usaha mulai dari usaha kecil hingga enterprise, ingin terus mendampingi mitra agar dapat bangkit bersama. 

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah berkolaborasi dengan OJK sebagai wujud komitmen kami dalam mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan literasi keuangan bagi para pelaku UMKM di Indonesia,”kata Anita. 

Adapun isinya, Anita mengatakan terdapat empat ilmu penting yang dapat diperoleh melalui Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM. 

Pelaku usaha dalam memperdalam pemahaman terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan, cara memperoleh modal usaha, cara menghitung dan dan melapor pajak usaha, dan pembayaran dan transaksi online 

Buku kolaborasi GoTo dan OJK ini dapat diunduh melalui link gjk.id/ebookFinanSiap  

Sementara itu Finansiap dirancang untuk membantu masyarakat semakin tangguh dalam mengatur keuangan di masa pandemi, membekali diri dengan pemahaman finansial yang kuat seiring meningkatnya tren keuangan digital di kehidupan sehari-hari, mulai dari belanja serba cashless hingga berinvestasi secara digital.  

Dengan demikian, GoTo Financial turut membantu melengkapi solusi  bisnis dari berbagai skala, mulai dari UMKM, perusahaan rintisan, hingga korporasi, dengan menawarkan solusi bisnis lengkap melalui Midtrans (payment gateway), Moka dan GoBiz Plus (jaringan point of sales), hingga platform GoBiz, GoStore, dan Selly yang dapat meningkatkan efisiensi usaha online.

 

Penulis: Kontributor / Achmad Ghifari

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...

WOW! Ajang Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor dalam Negeri

JAKARTA, duniafintech.com - Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol, Jakarta Utara. "Benar...
LANGUAGE