25.6 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

PAMOR RIPPLE MENINGKAT DI PASAR MATA UANG DIGITAL

duniafintech.com – Setelah Bitcoin dan Ethereum, kini giliran Ripple yang menunjukkan kekuatannya. Peningkatan harga yang cukup memukau dari mata uang digital ini mencapai kenaikan sebesar 24,2% dalam waktu 24 jam. Kenyataan tersebut menimbulkan pemikiran bahwa Ripple akan menjadi cryptocurrency terbesar ke dua di dunia.

Mengenal Ripple

Dilansir dari blog.bitcoin.co.id, Ripple merupakan mata uang digital yang serupa dengan Bitcoin. Mata uang ini juga dikenal sebagai nama sistem pembayaran global yang terhubung dengan berbagai mata uang di dunia. Satuan mata uang yang keluar dari teknologi Ripple, dikenal dengan nama XRP. Teknologi ini memudahkan para pengusaha, perusahaan, dan masyarakat dunia untuk mengirim, menerima, menjual atau membeli berbagai mata uang tanpa harus lagi khawatir dengan biaya transaksi yang mahal atau waktu delay yang lama.

 Jepang Memimipin

Pada tanggal 8 Mei, Cointelegraph melaporkan bahwa harga Ripple melebihi Ethereum setelah pembentukan sebuah konsorsium bank di Jepang, yang selanjutnya memicu perhatian para investor dan pedagang di Jepang. Pada saat itu Japan Bank Consortium mengatakan bahwa:

Untuk mengatasi kebutuhan mendesak yang muncul ini, beberapa bank telah berkumpul untuk meluncurkan Japan Bank Consortium sebagai solusi dari pembayaran lintas batas dan pembayaran domestik, yang memungkinkan sistem pembayaran yang fleksibel dan efisien. Ini adalah terobosan baru di dunia yang menggunakan Ripple di ruang lingkup cloud.”

Sejak saat itu, Ripple telah menunjukkan tingkat volatilitas yang tinggi, terutama karena perdagangannya terkonsentrasi di dua pasar utama, yaitu Jepang dan Korea Selatan. Menurut berbagai penyedia data pasar Bitcoin dan pasar digital, termasuk CoinMarketCap, hampir 15% perdagangan harian Ripple diproses di Korea Selatan, bersamaan dengan Jepang yang juga memproses sebagian besar pesanan.

Meroketnya Harga

Isu utama tren harga terbaru Ripple adalah pertumbuhan eksperimennya. Hanya dalam semalam, harga Ripple dan market cap melonjak sekitar 34,4% dan tidak seperti lonjakan harga yang terjadi pada tanggal 8 Mei, kenaikan harga Ripple yang mendadak ini menimbulkan tanda tanya besar.

Lonjakan ini tidak normal untuk jaringan Blockchain dan cryptocurrency tanpa penyebab tertentu. Seperti yang ditunjukkan pada gambar yang diambil dari advanced chart Bitcoin.co.id di bawah ini:

Data lain yang diambil dari akun twitter @iamjosephyoung juga menunjukan bahwa market cap Ripple telah meningkat dari sekitar $200 juta menjadi $11,4 miliar dalam periode dua bulan. Di mana telah mengalami pertumbuhan 57x dalam jangka waktu 60 hari. Berikut ini data tersebut:

Baru-baru ini Cointelegraph menekankan bahwa kinerja Ripple yang tak terduga dan luar biasa ini dapat dikaitkan dengan pertumbuhan eksplosif industri Altcoin Jepang.

Altcoin Melambung:

Pekan lalu, Pemimpin Proyek ORB dan Pendiri IndieSquare Koji Higashi menjelaskan bahwa legalisasi Bitcoin dan pertumbuhan eksponensial dari pasar kriptografi telah menyebabkan sebagian besar investor institusional dan pedagang di Jepang percaya bahwa investasi cryptocurrency selain Bicoin itu menguntungkan dan pilihan yang baik.

Masalah dengan tren ini, seperti yang dicatat oleh Higashi dalam analisisnya adalah bahwa sebagian besar pedagang berinvestasi di Altcoin seperti Ripple dan NEM, tanpa pengetahuan aktual tentang tujuan, asal, dan spesifikasi teknisnya. Higashi berkata bahwa:

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang tren baru ini adalah karena kurangnya pemahaman atau apresiasi teknologi oleh banyak pengguna baru. Ini tidak mengherankan dan kita semua mungkin tahu pernah ada satu titik gelombang baru di mana investor Jepang tampaknya menunjukkan tingkat pemahaman baru dan membuat keputusan yang salah, menurut pendapat saya. Banyak dari mereka tidak repot-repot meneliti apa koin-koin itu dan manfaatnya, melainkan hanya mengikuti apapun yang mereka dengar di forum chat.”

Pertanyaan besar bagi investor adalah, apakah tren harga dan pertumbuhan Ripple ini terus berkelanjutan dan Ripple bisa mempertahankan tingkat pertumbuhan ini dalam jangka panjang? Namun, terlepas dari pertanyaan besar tersebut, fakta ini menunjukkan bahwa Ripple terlihat sangat berpotensi untuk menjadi salah satu token cryptocurrency yang hot diperdagangkan di Indonesia. Dan apabila Anda tertarik untuk membeli token Ripple tersebut, di Indonesia Anda bisa membelinya melalui Bitcoin.co.id. Di mana Bitcoin.co.id adalah pusat pertukaran Digital Asset di Indonesia.

Sumber: cointelegraph.com

Picture by: www.pexels.com

Written by: Sintha Rosse

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...

Jelang Akhir Tahun, Modalku Catat Pertumbuhan Positif Fasilitas Finansial Bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Modalku mencatatkan pertumbuhan positif dari berbagai fasilitas finansial karyawan antara lain fasilitas Modal Karyawan dan Modal Kasbon. Dalam menyediakan fasilitas finansial bagi...

Berita Kripto Hari Ini: Mantan CEO FTX Siap-siap Dipenjara?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait sosok mantan CEO pertukaran kripto yang bangkrut, yaitu FTX, Sam Bankman-Fried. Menjadi salah satu sosok berpengaruh di...
LANGUAGE