28.9 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

8 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah

Passive income adalah penghasilan yang diperoleh seseorang dengan melakukan aktivitas seminim mungkin tanpa berperan aktif di dalamnya. Secara sederhana, ini adalah pendapatan yang diraih tanpa harus melakukan banyak hal. Dalam hal ini, seseorang bisa memperoleh uang sampingan walau ia sedang bekerja pada pekerjaan utamanya.

Pengertian dan Cara Kerja Passive Income

Passive Income adalah pendapatan atau penghasilan pasif yang tidak dapat diraih secara langsung. Artinya, kendati sedang tidak aktif bekerja, seseorang tetap bisa mendapatkan penghasilan. Di sisi lain, passive income sendiri merupakan salah satu cara menambah pendapatan yang sedang diminati oleh banyak kalangan. 

Cara kerja dari passive income, yakni dengan melakukan investasi awal, yang biasanya mewajibkan untuk tidak hanya mengumpulkan lebih banyak uang, tetapi juga harus mampu bekerja keras dan melakukan banyak penelitian.

Beberapa investasi diketahui dapat menghasilkan pendapatan pasif, di antaranya adalah saham, properti sewaan, obligasi, dan investasi dalam bisnis swasta. Beberapa gagasan itu bakal memungkinkan seseorang untuk terus menghasilkan laporan arus kas yang baik setiap waktunya. Contoh passive income yang diminati, antara lain:

  • Menjual stock photo
  • Membuat eBook
  • Memasang iklan di blog
  • Menjual karya digital

Namun, pendapatan pasif lainnya tentu juga bisa hadir dari peluang-peluang lain. Inilah cara mendapatkan passive income yang perlu diketahui:

  1. Menjual produk informasi 

Menjual produk informasi atau information product melalui e-book dan kursus audio atau video, menjadi salah satu strategi yang populer saat ini. Cara tersebut banyak digunakan oleh pakar-pakar yang ahli dalam suatu bidang. Dalam hal ini, mereka merekam produk informasi itu dalam sebuah video saat mereka sedang menjelaskan sesuatu dan mendistribusikan video itu melalui lembaga kursus, seperti SkillShare, Coursera, Udemy dan sebagainya.

Adapun cara itu terbilang efektif untuk mendapatkan passive income. Cara lainnya adalah dengan menggunakan model “freemium” untuk membuat orang lain tergugah dengan konten yang diluncurkan dan menggunakannya hingga waktu tertentu. Lantas, kenakanlah biaya untuk level berikutnya.

  1. Pemasaran afiliasi

Pengertian pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah strategi yang populer untuk menghasilkan uang secara online, yakni dengan mempromosikan produk pihak ketiga dengan menyertakan link ke produk di situs atau akun media sosial mereka. Beberapa contoh platform untuk membangun pengikut dan mempromosikan produk yang biasanya dilakukan oleh social media influencer dan juga blogger adalah Instagram dan TikTok.

Melalui pemasaran afiliasi ini maka pemilik situs web, social media influencer, dan blogger dapat mempromosikan produk pihak ketiga dengan menyertakan tautan ke produk di situs atau akun media sosial mereka. Mitra afiliasi paling terkenal, misalnya Amazon.

Di sisi lain, ada nama-nama yang lebih besar, yakni eBay, Awin, dan ShareASale. Sementara itu, Instagram dan TikTok saat ini menjadi platform besar bagi mereka yang ingin menumbuhkan pengikut dan mempromosikan produk.

Apabila tertarik dengan cara ini, terlebih dahulu harus mengetahui siapa target pasar dari produk yang hendak dijual. Kemudian, promosikan melalui media sosial sehingga kalau pengunjung mengklik link dan melakukan pembelian dari pihak ketiga, akan diperoleh komisi.

  1. Flip retail products

Cara yang paling mudah adalah flip retail products. Hal itu karena dengan cara ini hanya memanfaatkan media penjualan online, seperti eBay atau Amazon. Selanjutnya, jual produk yang ditemukan dan pasang produk itu layaknya milik sendiri dengan harga yang kompetitif.

Percayalah, uang dari selisih harga pembelian dan penjualan akan segera diraih.

  1. Pinjaman peer-to-peer (P2P)

Aktivitas meminjam uang antara pemberi pinjaman (Lender) dan penerima pinjaman (borrower) yang difasilitasi perantara pihak ketiga seperti Prosper atau LendingClub adalah pengertian umum dari pinjaman peer-to-peer (P2P). Aplikasi ini sangat cocok bagi yang ingin berinvestasi sebab di dalamnya bebas menentukan besaran modal yang akan ditanam dan jumlah suku bunga atau imbal hasil yang akan diperoleh.

  1. Penghasilan sewa 

Cara efektif lainnya untuk mendapatkan passive income adalah berinvestasi dalam properti sewaan. Pasalnya, manusia pastinya membutuhkan macam-macam barang yang tidak dimilikinya.

  1. Investasi saham

Cara yang tepat untuk bisa mendapatkan passive income berikutnya adalah dengan menjadi pemegang saham di sebuah perusahaan. Dengan berinvestasi saham maka perusahaan akan membayar dividen tunai dari setiap keuntungan perusahaan. Dividen sendiri dibayarkan per saham sehingga kian banyak saham yang dimiliki, tentu semakin tinggi pula dividen yang diraih.

  1. Sewa rumah

Menyewakan ruang atau rumah untuk jangka waktu tertentu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan passive income. Adapun rumah menjadi salah satu instrumen dalam investasi sehingga ia bisa menjadi peluang bagi mereka yang jarang berada di rumah untuk mulai menyewakan rumahnya.

  1. Pasang iklan di mobil

Mengemudikan mobil keliling kota sambil beriklan ternyata juga bisa menghasilkan cuan passive income. Cara ini patut dicoba apabila memang gemar bepergian. Langkahnya adalah menghubungi biro iklan terdekat dan pasang iklan sekarang untuk mendapatkan tambahan uang tanpa disadari.

  1. Passive income dari aset kripto

Saat ini aset kritpo memang kian menjanjikan, terlebih lagi didukung dengan kemampuan pengembangan teknologi mata uangnya yang tidak terbatas. Aktivitas trading crypto pun meningkat setiap tahunnya, sejalan dengan semakin banyaknya variasi koin yang ditawarkan.

Munculnya platform bursa kripto yang semakin beragam ikut menjadi pendorong terjadinya kenaikan aktivitas tersebut. Melalui Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka, Indonesia saat ini memiliki 13 bursa crypto yang sudah resmi terdaftar, salah satunya Indodax.

Adapun untuk memperoleh mata uang kripto, dilakukan aktivitas yang dinamakan mining atau menambang. Kegiatan mining cryptocurrency ini tentu memerlukan kemampuan komputer yang kuat dan dukungan listrik yang besar. Alternatif lainnya adalah dengan staking coin, yakni cara untuk mendapatkan koin tambahan tanpa menggunakan perangkat komputer yang canggih.

Saat ini, orang-orang bisa mendapat hasil yield farming atau hasil pertanian dengan cara staking dan itu menjadi cara alternatif untuk mendapatkan passive income di pasar kripto.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...

Mendag Harapkan Harga Mie Instan Tidak Naik

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Zaini, mengharapkan kenaikan harga gandum tidak membuat harga mie ataupun mie instan menjadi naik. Hal itu disebabkan...

Malacca Trust Insurance: Profil Lengkap hingga Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Insurance merupakan adalah perusahaan asuransi umum yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Malacca Trust...
LANGUAGE