27.7 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Payment Gateway adalah: Ini Manfaat dan Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway merupakan satu bidang fintech yang menghubungkan transaksi antara konsumen dan penyedia barang.

Jenis fintech yang satu ini memang sedang ramai dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dan rekomendasi terbaiknya, simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Payment Gateway: Contoh, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Payment Gateway adalah

Payment gateway terdiri dari kata payment yang berarti pembayaran dan gateway yang berarti gerbang. Kalau digabungkan maka artinya adalah gerbang pembayaran.

Teknologi yang satu ini mampu membuat seluruh bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu tak terbatas dengan memanfaatkan internet.

Oleh sebab itu, pengertiannya, yaitu alat pembayaran sebuah transaksi dalam layanan aplikasi e-commerce dengan fungsi mengotorisasi berbagai proses pembayaran baik perbankan, kartu kredit, transfer bank maupun secara langsung dari konsumen.

Sistem yang menunjang gerbang pembayaran ini adalah sebagai berikut:

  • Address Verification System: sistem verifikasi tagihan otomatis pada pihak penagih sesuai data dimasukkan, bisa ke nomor telepon, email, kartu kredit, atau alamat penagihan lainnya.
  • Security Code: sistem yang membuat transaksi hanya bisa diproses jika diselesaikan melalui alamat penagihan terdaftar.
  • 3D Secure Password: sistem keamanan berlapis untuk memastikan hanya pemilik alamat penagihan bisa melakukan transaksi.

payment gateway

Manfaat Payment Gateway

Tentunya, teknologi keuangan ini membawa dampak signifikan bagi kehidupan. Adapun seluruh transaksi pembayaran berjalan secara efektif. Bukan hanya itu, berikut ini sederet manfaatnya yang lain.

1. Mempermudah transaksi online

Pertama, mempermudah transaksi online. Dengan adanya teknologi ini, kamu tidak perlu melakukan pembayaran secara offline lewat bank atau bertemu pihak penjual secara langsung. Pasalnya, proses transaksi telah otomatis dilakukan secara online.

2. Opsi pembayaran lebih banyak

Kedua, opsi pembayaran lebih banyak. Lantaran transaksi dilakukan secara online, penyediaan sarana pembayaran menjadi berkembang dan beragam. Kamu dapat memilih sarana transaksi sesuai dengan opsi pembayaran yang dimiliki tanpa harus membuat dari awal.

3. Transaksi lebih cepat diselesaikan dengan payment gateway

Ketiga, transaksi lebih cepat diselesaikan. Kamu tidak perlu menunggu beberapa hari untuk membeli suatu produk lantaran proses transaksi lama. Dengan adanya gerbang pembayaran, proses transaksi kamu segera selesai sebab gerbang pembayaran terintegrasi langsung ke asosiasi penerbit atau bank dan tempat transaksi barang.

4. Keamanan lebih terjamin

Keempat, keamanan lebih terjamin. Sistem transaksi gerbang pembayaran memiliki keamanan berganda, baik dari sisi hubungan dengan penerima dana maupun tempat transaksi barang. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dana kamu dicuri oknum melalui skimming, kebocoran data, dan sebagainya.

5. Tidak ada limit transaksi di payment gateway

Kelima, tidak ada limit transaksi. Konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran sepuas mungkin dalam satu waktu tanpa terikat limit transaksi.

6. Payment Gateway Melayani pertukaran kurs dengan mudah

Keenam, melayani pertukaran kurs dengan mudah. Ini adalah manfaat gerbang pembayaran bagi kamu yang akan bepergian ke luar negeri.

Alasannya, kamu tidak perlu mengantre secara offline untuk menukarkan kurs. Hanya melalui gerbang pembayaran secara online, keperluan pertukaran kurs bisa terpenuhi.

7. Memungkinkan transaksi massal dalam satu waktu

Buat para pelaku usaha, manfaat yang dirasakan dari gerbang pembayaran adalah transaksi bisa dilakukan secara massal dalam satu waktu. Tentunya hal itu membantu aktivitas bisnis lebih efisien. Misalnya, pengiriman gaji karyawan yang bisa dilakukan secara efektif.

Baca juga: Payment Gateway: Manfaat, Rekomendasi, hingga Tips Memilih

Rekomendasi 10 Payment Gateway Indonesia Terbaik

  1. Doku: Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Doku menjadi satu gerbang pembayaran terbaik di Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 2007. Layanan yang satu ini sudah oleh sebanyak 150 ribu mitra dan 3 juta pengguna. Mitranya, antara lain, Lazada, Garuda Indonesia, KFC, HnM, Pertamina, dan Unicef. Doku pun telah bermitra dengan banyak UMKM, selain dengan perusahaan besar.

  1. iPaymu

iPaymu telah bermitra dengan lebih dari 218 ribu usaha. Gerbang pembayaran yang satu ini memberikan layanan yang menawarkan solusi sistem pembayaran Plug & Play untuk e-Commerce, reseller, dan dropshipper. Jika kamu sering berbelanja dengan pembayaran cash on delivery (COD) maka itu adalah salah satu fitur unggulan iPaymu. Perlu diketahui, iPaymu telah bekerja sama dengan Pos Indonesia, PayPal, dan 140 bank yang ada di Indonesia dan di luar negeri.

  1. Finpay

Anak perusahaan Telkom ini telah melayani layanan pembayaran sejak tahun 2006. Adapun layanan unggulannya adalah Finpay Link dan Finpay Invoice. Finpay juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan, antara lain, Blibli dan Garuda Indonesia. Mereka juga bekerja sama dengan beberapa bank dan gerai pembayaran, mulai dari BCA, BRI, Mandiri, Permata Bank, Danamon Online, CIMB, OVO, Gopay, Kredivo, Alfamart, hingga Indomaret.

  1. Faspay

Telah berpengalaman dan berdiri sejak tahun 2003, Faspay diketahui bermitra dengan lebih dari 1.500 mitra dari berbagai industri. Perusahaan ternama langganannya adalah Tiket.com, Starbucks, Kredivo, dan yang lainnya.

  1. Xendit: Payment Gateway Terbaik Indonesia

Meski bisa dibilang sebagai pemain baru di lini bisnis ini, Xendit nyatanya telah menjadi salah satu yang terbaik di bidang ini dan kemampuannya tidak lagi diragukan. Xendit bahkan telah digunakan oleh sejumlah perusahaan ternama, di antaranya Bukalapak, OYO, Traveloka, Lazada, dan Samsung. Produknya yang sangat direkomendasikan untuk toko online, salah satunya, adalah XenPayments, yang bisa memudahkan konsumen membayar dengan kartu kredit, transfer bank, serta virtual account. 

  1. Midtrans

Midtrans adalah layanan yang berasal dari Jepang dan sejak 2017 lalu telah menjadi bagian dari Gojek. Sebelumnya, gerbang pembayaran yang satu ini bernama Veritrans Indonesia. Midtrans sendiri telah dipercaya oleh lebih dari 500 ribu merchant, termasuk oleh Tokopedia, KitaBisa, dan TaniHub. Dalam memberikan layanan, Midtrans menerima pembayaran via website, chat, serta SMS. 

  1. Duitku

Telah mengantongi izin Bank Indonesia, Duitku banyak digunakan oleh perusahaan besar, antara lain, Metrodata, KimiaFarma, dan Akulaku. Duitku juga menawarkan pelayanan yang mengutamakan konsep sosial harga yang jelas, transparan, dan kompetitif. Di samping itu, mereka pun hanya mengenakan tarif pada transaksi yang berhasil dan biayanya telah termasuk PPN. 

  1. iPay88

Gerbang pembayaran terbaik dan terpercaya ini telah membuktikan integritasnya di beberapa negara Asia, mulai dari Malaysia, Kamboja, Singapura, Filipina, hingga Thailand. Metode pembayaran unggulannya berupa link payment, direct payment, dan mesin POS. Metode pembayaran pada iPay88 pun sangat variatif, mulai dari debit, e-wallet, hingga kartu kredit.

  1. Winpay

Winpay punya platform seperti e-commerce dan telah berdiri sejak tahun 2015. Winpay juga telah berkembang dan digunakan oleh ribuan pengguna, antara lain, TiketKAI.com. Di samping itu, di sini juga tersedia beragam metode pembayaran, mulai dari e wallet, transfer, hingga kartu kredit. 

  1. Prismalink

Ini merupakan gerbang pembayaran yang banyak digunakan dan memiliki sistem keamanan sendiri untuk memastikan semua transaksi via debit dan kredit aman serta data konsumen bisa terlindungi dengan baik. Prismalink telah digunakan oleh perusahaan besar, mulai dari Kalbe, ACT, hingga Kitabisa.

Sekian ulasan tentang payment gateway yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Payment Gateway Indonesia: Cara Kerja dan Rekomendasi Terbaik

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE