26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Payment Gateway Terbaik Indonesia, Ini 10 Pilihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis.

Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan bank serta penjual dalam sebuah transaksi online. Metode pembayarannya dapat berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, dan gerai minimarket.

Di samping itu, layanan finansial yang satu ini pun memungkinkan para pebisnis untuk menyediakan metode pembayaran yang beragam di toko online mereka.

Baca juga: Payment Gateway: 5 Tips Memilih Payment Gateway Terbaik

Cara Kerja Payment Gateway

Adapun cara kerja dari layanan pembayaran yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, yakni:

  • Konsumen bertransaksi di toko online kamu, mulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, hingga melakukan proses checkout.
  • Toko online akan mengirimkan data pembelian dari konsumen itu ke penyedia gerbang pembayaran. Setelah konsumen melakukan pembayaran, transaksi ini akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan yang terkait. 
  • Bank atau institusi keuangan tersebut akan memproses transaksi. Bisa saja sebuah transaksi ditolak jika ada kesalahan pembayaran atau ada data yang keliru.
  • Penyedia gerbang pembayaran akan mengirimkan pesan kepada toko online mengenai berhasil atau tidaknya transaksi.
  • Institusi keuangan menerima pembayaran dari transaksi konsumen dan meneruskan pembayaran itu kepada toko online.

Meskipun sudah melewati sejumlah langkah, proses di atas pun sejatinya hanya berlangsung dalam hitungan detik lho!

payment gateway

Daftar 10 Payment Gateway Indonesia Terbaik

Berikut ini beberapa payment gateway Indonesia terbaik yang bisa kamu gunakan untuk bisnis online, seperti dinukil dari IDXChannel.

1. Finpay

Finpay adalah anak perusahaan Telkom yang sudah melayani gerbang pembayaran sejak tahun 2006 silam. Dua layanan unggulannya, yakni Finpay Link dan Finpay Invoice. Finpay pun sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan, di antaranya Blibli dan Garuda Indonesia. 

Untuk memaksimalkan pelayanan, Finpay pun telah bekerja sama dengan beberapa bank dan gerai pembayaran, di antaranya BCA, BRI, Mandiri, Permata Bank, Danamon Online, CIMB, OVO, Gopay, Kredivo, Alfamart, Indomart, dan seterusnya. 

2. Midtrans

Sebelumnya bernama  Veritrans Indonesia, layanan yang berikut ini diketahui berasal dari Jepang. Namun, sejak tahun 2017 lalu, mereka sudah menjadi bagian dari Gojek.

Midtrans sendiri sudah dipercaya oleh lebih dari 500 ribu merchant, termasuk oleh Tokopedia, KitaBisa, dan TaniHub. Adapun dalam memberikan layanannya, Midtrans menerima pembayaran via website, chat, dan juga SMS. 

3. Doku

Salah satu gerbang pembayaran terbaik di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2007 silam. Doku pun telah digunakan oleh sebanyak 150 ribu mitra dan 3 juta pengguna.

Sejumlah mitranya mulai dari Lazada, Garuda Indonesia, KFC, HnM, Pertamina, hingga Unicef. Bukan hanya perusahaan besar, Doku pun sudah bermitra dengan banyak UMKM. 

Baca juga: Payment Gateway adalah: Intip Yuk 5 Rekomendasinya Ini

4. iPaymu: Payment Gateway

Memberikan layanan gerbang pembayaran yang menawarkan solusi sistem pembayaran Plug & Play untuk e-Commerce, reseller, dan dropshipper, iPaymu sudah bermitra dengan lebih dari 218 ribu usaha. 

Bagi kamu yang sering berbelanja dengan pembayaran cash on delivery (COD), hal itu menjadi salah satu fitur unggulannya. Dalam memberikan pelayanan terbaik, iPaymu sudah bekerja sama dengan Pos Indonesia, PayPal, dan 140 bank yang ada di Indonesia dan di luar negeri. 

5. iPay88

iPay88 sudah membuktikan integritasnya sebagai gerbang pembayaran terbaik dan terpercaya yang digunakan di beberapa negara Asia, di antaranya Malaysia, Kamboja, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Adapun metode pembayaran unggulan dari iPay88, yakni link payment, direct payment, dan mesin POS. Metode pembayarannya juga sangat variatif, mulai dari debit, e-wallet, kartu kredit, dan yang lainnya. 

6. Faspay

Salah satu gerbang pembayaran yang telah berpengalaman ini berdiri sejak tahun 2003 silam. Faspay juga sudah bermitra dengan lebih dari 1.500 mitra dari berbagai industri. Adapun perusahaan ternama langganan Faspay, yakni Tiket.com, Starbucks, Kredivo, dan lain-lain.

7. Xendit

Kendati boleh disebut sebagai pemain baru di lini bisnis ini, tetapi Xendit telah menjadi salah satu yang terbaik di bidang ini dan kemampuannya tidak diragukan lagi. Bahkan, mereka telah digunakan oleh sejumlah perusahaan ternama, mulai dari Bukalapak, OYO, Traveloka, Lazada, hingga Samsung.

Adapun salah satu produknya yang sangat direkomendasikan untuk toko online, yakni XenPayments. Layanan tersebut bisa memudahkan konsumen membayar dengan kartu kredit, transfer bank, dan virtual account. 

8. Winpay: Payment Gateway

Salah satu gerbang pembayaran yang punya platform seperti e-commerce ini telah berdiri sejak tahun 2015 lalu. Winpay pun sudah berkembang dan digunakan oleh ribuan pengguna, di antaranya TiketKAI.com. WinPay juga menyediakan beragam metode pembayaran, di antaranya e wallet, transfer, dan kartu kredit. 

9. Prismalink

Payment gateway yang satu ini juga banyak digunakan dan punya sistem keamanan sendiri yang memastikan semua transaksi melalui debit dan kredit aman dan data konsumen terlindungi dengan baik. Oleh sebab itu, Prismalink pun telah digunakan oleh perusahaan besar, di antaranya Kalbe, ACT, dan Kitabisa.

10. Duitku

Gerbang pembayaran yang satu ini telah mendapat izin dari Bank Indonesia dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar, di antaranya Metrodata, KimiaFarma, AkuLaku, dan lain-lain.

Adapun Duitku menawarkan pelayanan yang mengutamakan konsep sosial harga yang jelas, transparan, dan kompetitif. Bukan itu saja, Duitku hanya mengenakan tarif pada transaksi yang berhasil dan biayanya sudah termasuk PPN. 

Sekian ulasan tentang payment gateway yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Payment Gateway Terbaik di Indonesia, Ini 5 Rekomendasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE