27.2 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online.

Metode payment gateway akhir-akhir ini mampu membantu para pebisnis dalam melakukan transaksi dengan kliennya.

Pengertian Payment Gateway

Payment gateway adalah suatu metode pembayaran yang membantu para penjual dan pembeli bertransaksi online. Selain itu, sistem ini juga membantu banyak toko online atau online shop melakukan proses pembayaran dengan bak. Misalkan dalam bentuk transfer bank, virtual account, credit card, e-wallet, bahkan gerai-gerai mini market.

Baca Juga : Payment Gateway Aset Kripto Terbaik untuk Transaksi Jual Beli

Baca Juga : Tentang Sevimapay, Payment Gateway untuk Biaya Pendidikan

Sistem pembayaran ini akan melihat informasi yang bersifat penting dari pihak bank, pembeli, dan online shop. Dalam hal penggunaan, sistem keamanan yang sistem ini berikan sangatlah ketat. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Address Verification System.

Sistem ini mencatat seluruh rincian tagihan setiap pelanggan, memeriksa, dan menyesuaikannya dengan alamat kartu yang terdaftar. Hal ini membuat kesalahan tagih pun tidak terjadi.

2. Card Security Code.

Kegiatan transaksi hanya akan terproses jika mempunyai tiga digit atau seri terakhir pada nomor kartu kredit atau debit.

3. 3D Secure Password.

Pengguna yang ingin menggunakan sistem pembayaran ini wajib memasukkan password yang aman saat melakukan transaksi online.

Cara Kerja

Payment gateway memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Pelanggan yang melakukan transaksi pada website atau toko online akan memilih produk, kemudian menentukan pembayaran yang sesuai. Lalu, melakukan checkout dengan membayar sejumlah uang.

Kemudian, online shop akan mengirimkan data pembelian pelanggan kepada penyedia jasa gerabng pembayaran. Setelah konsumen menyelesaikan pembayarannya, proses penjualan pun akan berlanjut ke pihak layanan keuangan terkait.

Setelah itu, pihak bank memproses transaksi tersebut. Pada posisi ini, pihak bank punya hak untuk menolak transaksi apabila terdapat kesalahan pembayaran atau data. Penyedia platform ini akan mengirimkan pesan ke online shop terkait hasil pembayaran transaksi, apakah pembayaran tersebut berterima atau tidak.

Keunggulan Payment Gateway

Sistem ini memiliki keunggulan yang banyak, apa saja itu?

1. Metode Pembayaran Lebih Variatif

Sistem pembayaran memudahkan konsumen dan online shop karena payment gateway menyediakan beragam metode pembayaran. Hal ini akan melancarkan jual beli yang terjadi, karena pasti ada kondisi saat pembeli menggunakan bank A, dan penjual menggunakan layanan bank B.

Dengan metode pembayaran yang beragam, tentunya pembeli tidak lagi mesti memikirkan potongan administrasi lagi. Sistem ini telah mampu mengatasi kendala pembayaran di online shop.

2. Instalasi Lebih Mudah

Instalasi payment gateway juga tergolong mudah. Misalkan kamu menjual produk pada website, maka kamu bisa memasang plugin seperti Midtrans dan WooCommerce. Nilai tambah dari metode ini, yaitu menyediakan dukungan tanpa henti, sehingga pelanggan yang ingin belanja pun bisa mengaksesnya kapan pun.

3. Proses Transaksi Lebih Cepat

Payment gateway juga dapat memproses transaksi lebih cepat, sebab segalanya telah berjalan secara otomatis. Berbeda dengan transaksi manual, di mana pembeli harus pergi dulu melakukan transfer ke ATM, dan lain sebagainya.

Dengan mengandalkan kinerja yang telah tertanam sistematis, maka akan memangkas banyak waktu untuk menyelesaikan transaksi.

4. Transaksi Lebih Aman

Metode pembayaran ini memberikan keamanan tingkat tinggi pada setiap transaksi. Sebab, setiap perusahaan penyedia payment gateway telah membangun sistem keamanan yang canggih. Sistem inilah yang akan memeriksa seluruh transaksi secara lebih cepat. Bahkan, sistem pembayaran ini juga dapat menghindari kamu dari transaksi fiktif.

Tidak seperti transaksi manual, jangan salah, ada banyak pedagang online yang kerap kali tertipu dengan transaksi palsu.

5. Memiliki Jangkauan Luas

Kelebihan lain dari sistem ini adalah memiliki jangkauan yang luas. Hal ini sangat bagus untuk online shop yang menerima pemesanan dari luar negeri. Dengan mempersiapkan metode sistem ini, maka konsumen dari luar negeri pun akan lebih mudah melakukan transaksi.

6. Transaksi Tidak Terbatas

Dewasa ini, banyak transaksi yang telah jadi bagian dari gerbang pembayaran. Artinya, sistem yang ada pada gerbang pembayaran pun sudah siap menampung banyak transaksi. Sehingga metode ini cocok bagi online shop yang telah memiliki banyak pelanggan.

Jadi, online shop yang kamu miliki sudah menggunakan sistem metode payment, atau masih melakukan transaksi manual yang memakan waktu? Silakan pilih sendiri.

Berikut daftar perusahaan payment gateway di Indonesia, klik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Apa itu Blockchain? Ini Penjelasannya

Salah satu sistem komputerisasi dan internet yang berkembang adalah blockchain. Apa itu blockchain?  Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu...

Situs Penghasil Bitcoin Gratis 2020 Terbukti Tanpa PHP

DuniaFintech.com - Terdapat berbagai macam cara untuk mendapatkan bitcoin bahkan tanpa deposit sekalipun. Menarik bukan? Berikut beberapa situs penghasil bitcoin gratis 2020 terpercaya dan...

Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia

Tidak mau kalah dengan para pendahulunya baik itu dari dalam ataupun luar negeri, ada startup fintech terbaru di tanah air yang sudah diperkenalkan kepada...

Mengenal Xendit : Payment Gateway dengan Beberapa Keunggulan

Xendit, adalah salah satu starup payment gateway yang berizin di Indonesia. Xndit payment gateway yang memiliki beberapa produk unggulan yang membantu bisnis di Asia...

Harga Bitcoin Hari Ini : BTC Menurun, Ethereum Sambut London Hardfork

Harga Bitcoin hari ini sudah memasuki penurunan, setelah rally lebih dari satu pekan dengan pemuncak Rp600 juta. Namun, berbeda dengan Ethereum yang terus menguat...
LANGUAGE