26.1 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni, 2021

Wire Transfer, Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri

Mentransfer atau menerima uang dari luar negeri tidak lagi menjadi perkara sulit. Dengan wire transfer yang tercipta berkat era digitalisasi, maka sangat memungkinkan hal itu dapat terjadi.

Saat ini, bukan hal yang asing lagi jika kamu harus berhadapan dengan warga dunia. Misalnya dalam berbisnis, meskipun kamu berada di Indonesia, tidak menutup kemungkinan kelak akan mendapatkan klien dari luar negeri. Jika dulu kamu harus repot-repot membuat rekening luar negeri, kehadiran sistem ini ini akan memudahkan perkembangan bisnismu untuk mencapai global.

Nah, apa itu wire transfer? Berikut penjelasannya.

Mengenal Wire Transfer

Wire transfer merupakan suatu transaksi uang antar bank antara satu negara dengan negara lain. Biasanya sistem ini berguna bagi trader forex atau seseorang berprofesi sebagai rater. Sebab, transaksi akan melewati wilayah suatu negara. Nah, proses transaksi uang antar bank berbeda negara.

Baca Juga : Asean Kini Menjadi Pusat Pertumbuhan Cross Border Payment

Baca Juga : Akuisisi Fintech Dapat Mempengaruhi Persaingan Antar Bank di ASEAN

Fungsi Wire Transfer

Sistem ini memiliki fungsi untuk melakukan transaksi uang antar bank lintas negara. Kehadirannya akan memudahkan kamu dalam bekerja, terutama bagi para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Wire transfer berguna untuk mengirim uang kepada sanak saudara di Indonesia.  Nah, bank apa saja yang menerima transaksinya?

Bank di Indonesia yang Melayani Wire Transfer

Bagi yang ingin mencoba sistem ini, sekarang sudah hampir seluruh bank di Indonesia yang telah menerima transaksi ke luar negeri. Untuk waktu pemrosesannya terbilang cukup singkat, yaitu satu hingga empat hari kerja.

Ketika mengirim uang melalui wire transfer, kamu bisa melakukannya dengan uang tunai atau melalui buku tabungan.  jika kamu memiliki buku tabungan, maka proses pengiriman akan lebih cepat sampai. Selain itu, bank juga tidak kesulitan mendapatkan data pribadi kamu sebagai pengirim saat dibutuhkan

Kehadiran sistem ini membuat kamu tidak mesti lagi menukarkan mata uang rupiah ke dalam mata uang lain. Nantinya, tugas bank yang akan mengkonversi mata uang tersebut secara otomatis. Untuk biaya wire transfer, ada dua macam biaya yang dikenakan dengan berdasarkan dua kategori, di antaranya sebagai berikut.

Full amount

Kategori pertama adalah full amount, saat kamu menggunakan metode ini, penerima akan menerima uang secara utuh, sedangkan untuk biaya pengirimannya akan dibebankan kepada pengirim dengan nilai US$20 hingga US$30 pembayaran di muka.

Non full amount

Sedangkan, untuk non full amount, penerima uang akan mendapat potongan sebesar di tengah. Artinya, biaya pengirimannya akan dibebankan langsung kepada penerima. Untuk biaya pengirimannya, setiap bank mematok biaya yang variatif.

Sebelum melakukan transfer kawat, ada baiknya untuk mengetahui kode-kode SWIFT bank. Kode SWIFT merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari beberapa huruf yang diwajibkan ada untuk melakukan transaksi transfer uang dari luar negeri ke dalam negeri, dan sebaliknya. Kode ini berfungsi untuk membawa data yang mengangkut pesan antara dua lembaga keuangan.

Melalui kode inilah bank dapat melakukan pertukaran data secara aman dan tetap menjaga kerahasiaannya. Untuk mencarinya, saat ini kamu bisa melakukan pencarian di mesin pencari Google.

Cara Wire Transfer

Bagi yang ingin mengirim uang lintas negara dengan wire transfer, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, pastikan kamu telah memiliki data penerima selengkap-lengkap. Tujuannya agar pengiriman uang yang kamu lakukan nanti tidak menjadi bermasalah. Data-data tersebut meliputi nama, negara, kurs yang berlaku, nama bank penerima, serta nomor telepon penerima.
  2. Apabila telah memiliki data yang lengkap, kamu bisa menuju bank dengan membawa buku rekening, ATM, serta kartu identitas seperti KTP.
  3. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi slip transaksi antar bank dengan lengkap dan benar.
  4. Setelah itu, maka wire transfer pun akan diproses oleh bank terkait. Kamu dapat menyimpan bukti transaksinya untuk menginformasikannya kepada penerima.
  5. Terakhir, tunggulah hingga pengiriman dana selama satu hingga empat hari kerja. Jika dalam waktu seminggu pihak penerima belum  mengonfirmasi uang masuk, maka kamu dapat melakukan pengecekan langsung kepada bank terkait.
  6. Ketika kamu salah dalam mengisi data, jangan khawatir. Sebab dana yang dikirim melalui wire transfer akan langsung kembali ke rekening yang kamu miliki. Karena itu, ada baiknya  untuk selalu mengecek kelengkapan data sebelum mengirimkan uang, ya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE