27.2 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

7 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil 2021

Peluang usaha rumahan adalah bisnis bagi ibu rumah tangga yang ingin tetap mandiri secara finansial untuk membantu keuangan keluarga dan tetap fokus mengurus keluarga. Siapa sangka, bahkan dengan menjalankan usaha seperti ini juga dapat menghasilkan omzet jutaan rupiah per bulannya.

Sekarang ini, banyak wanita karier memutuskan untuk berhenti kerja dan menjadi stay at home mom setelah mempunyai anak. Tujuannya adalah agar fokus dalam mendidik dan membesarkan anak, apalagi di masa golden age. Belum lagi ketika ingin memberikan anaknya pendidikan di sekolah terbaik dan sebagainya pasti membutuhkan biaya lebih, maka dari itu banyak yang membangun bisnis rumahan untuk mendapatkan pemasukan lebih dari biasanya.

Belum lagi jika Anda memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut, itu merupakan nilai lebih bagi bisnis yang ingin kamu jalankan. Di era digital sekarang ini, hampir semua keahlian atau kemampuan dapat menjadi modal untuk merintis usaha. Namun, memang belum banyak orang yang jeli akan bisnis rumahan tanpa modal yang ada. 

7 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis rumahan modal kecil yang dapat menjadi referensi kamu dan keluarga dalam menentukan bisnis saat ingin menjalankannya.

  1. Menjual Pulsa dan Paket Data Internet

Siapa sangka bahwa sekarang ini masih banyak dicari oleh banyak orang, karena kebutuhan pulsa dan internet di era digital yang memanfaatkan teknologi mengharuskan mereka untuk memiliki pulsa dan koneksi internet yang stabil. Terlebih lagi bagi para influencer dan freelancer, belum lagi saat ini ada game penghasil uang yang pastinya membutuhkan koneksi internet demi kelancaran dalam berselancar. Apalagi saat pandemi sekarang ini membuat kebutuhan internet meningkat pesat untuk memenuhi kebutuhan work from home dan juga school from home. 

Tertarik untuk membuka jasa ini? Tenang, kamu tidak perlu mengeluarkan modal cukup besar untuk dapat membuka jasa penyedia layanan pulsa dan paket data. Cukup dengan bermodalkan uang sebesar Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa menjual pulsa dan paket data untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Tidak hanya itu, melainkan bisa juga menjual pulsa listrik, tagihan listrik, pembayaran bpjs, pbb rumah, dan sebagainya. Dengan begitu, usaha Anda lebih bervariasi dan keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

  1. Jasa Membuat Hamper

Tren memberikan hamper atau bingkisan sebagai hadiah pernikahan, hari besar, dan perayaan lainnya semakin meningkat saat ini. Bagi kamu yang memiliki bakat dan ide kreatif bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Karena syarat utama untuk memulai bisnis tersebut adalah sebuah bakat dan ide kreatif dengan cara padu padan kado yang ingin diberikan dan dekorasi sebaik mata memandang pada kotak atau keranjang hampers. 

Terpenting adalah kemasannya menarik agar semakin banyak konsumen yang tertarik untuk memakai jasa Anda dalam membuat hampers. Promosikan bisnis dengan foto semenarik mungkin untuk diposting di media sosial secara lengkap dengan brosur daftar harganya. Tawarkan juga ke perusahaan melalui surel, ada baiknya untuk edit foto dengan latar belakang berwarna putih untuk memaksimalkan foto tersebut. 

  1. Gardening

Gardening atau pertanian adalah salah satu bisnis yang dapat dilakukan di rumah. Sekarang ini pertanian herbal bisa jadi pilihan untuk mengembangkan bisnis, karena pertanian herbal merupakan salah satu industri yang paling cepat berkembang. Namun, sebelum itu kamu harus punya pengetahuan mendalam atau latar belakang pendidikan soal tumbuhan untuk mencoba bisnis ini. Salah satu contoh yang populer adalah obat-obatan herbal, teh, kuliner, serta lilin dan aromaterapi herbal.

Selain itu, ada juga tanaman bunga yang menjadi ladang bisnis menjanjikan. Salah satu tanaman bunga paling populer saat ini adalah anggrek, meskipun perawatannya terbilang cukup rumit tapi minat pasar terhadap bunga anggrek ini selalu tinggi. Apalagi saat ini aktivitas berkebun sedang populer, sehingga tidak perlu repot untuk mengenalkan dan mencari pangsa pasarnya. Semua kalangan usia pasti akan senang untuk membeli tanaman dan merawatnya, jadi tinggal kamu saja yang membuat tampilan dari tanaman menjadi lebih bagus lagi seperti menambahkan pelengkapnya yakni pot bunga atau vas bunga. Karena rata-rata pembeli pasti akan senang membeli tanaman lengkap dengan pelengkapnya itu.

  1. Barbershop

Siapa kiranya tidak mengenal barbershop? Jasa potong rambut kekinian seperti model rambut pria korea yang saat ini sedang populer. Namun, untuk dapat memulai bisnis ini kamu harus memiliki keahlian untuk memotong rambut. Kebutuhan untuk memulai bisnis ini cenderung mudah, yaitu lokasi, alat pencukur rambut, gunting rambut, pewangi rambut, pomade, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga dengan menyediakan jasa creambath, mewarnai rambut, dan sebagainya. Akan tetapi untuk menyediakan jasa lainnya tersebut membutuhkan modal cukup besar untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias bisa menjadi salah satu usaha menguntungkan di masa pandemi saat ini, karena di masa pandemi sekarang ini banyak orang yang membutuhkan kegiatan di rumah. Sebab itu, bisnis ini cukup menjanjikan bagi pelaku bisnis yang kebingungan memilih bisnisnya. Jika, pada saat pandemi di tahun 2020 lalu budidaya ikan cupang menjadi salah satu tren populer di Indonesia, namun di tahun 2021 peminatnya sudah berkurang dan beralih ke jenis ikan hias lainnya.

  1. Menjahit

Bisnis menjahit merupakan bisnis yang cukup menjanjikan saat ini dan perlu diketahui bahwa menjahit tidak melulu soal pakaian atau kebaya. Bisnis menjahit untuk dicoba adalah gorden custom yang sesuai dengan desain interior. Dengan menjalankan bisnis menjahit tersebut, kamu dapat fokus pada mendesain, menjahit, dan memasangkan gorden secara langsung ke jendela customer. Jasa yang lengkap ini dijamin akan jauh lebih menarik konsumen dibandingkan biasanya.

Namun, jika lebih mahir dalam menjahit pakaian, Anda bisa mencoba untuk bisnis kostum anak-anak. Misalnya, gaun ala putri Disney atau animasi yang sedang populer belakangan ini pasti akan digemari. Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris lainnya sebagai pelengkap kostum tersebut. Maka dari itu bisnis menjahit cukup menjanjikan, karena tidak sedikit masyarakat yang menyukai film animasi, kartun, dan sejenisnya. Banyak sekali orang yang menginginkan dirinya menjadi salah satu tokoh animasi dalam serial animasi yang mereka tonton, sebab itu banyak cosplayer mencari jasa menjahit untuk membuatkan kostum dari film animasi tersebut.

  1. Bridal Consultant atau Wedding Planner

Jika sebelumnya Anda sangat menikmati untuk merencanakan pernikahan, maka bisnis ini mungkin saja sangat cocok untuk kamu. Bisnis untuk merencanakan pernikahan atau konsultan pernikahan sebenarnya memiliki peluang lebih besar atau cukup menjanjikan saat ini. Karena kerap kali banyak pasangan masih bingung saat akan melangsungkan pernikahan, meskipun memiliki anggaran biaya cukup besar.

Maka dari peluang itulah yang bisa dimanfaatkan, apalagi jika kamu adalah orang yang sangat terorganisir dan detail-oriented. Pasti paham jelas tentang bagaimana mengatur pernikahan, termasuk sumber daya dan kisaran harga semua kebutuhan seperti undangan, musik pernikahan, catering, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dari beberapa peluang usaha rumahan tersebut, kira-kira bisnis mana yang cocok untuk kamu coba? Walaupun sebenarnya masih ada banyak lagi bisnis rumahan lainnya seperti membuka salon kendaraan, depot air minum isi ulang, membuka jasa desain grafis, dan lain sebagainya. Apapun jenis usahanya, asalkan dikembangkan dengan tekun pasti akan memberikan hasil yang optimal dan tentunya keuntungan menjanjikan. Jadi, jangan pernah ragu untuk mencoba peluang usaha di desa dan rumahan yang kamu miliki, karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencobanya sebab tren usaha sedang tinggi. Minat pasar akan produk kreasi juga semakin meningkat sehingga potensinya juga lebih baik.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Jadi UMKM Binaan Pertamina, Berpeluang Dapat Pinjaman hingga Rp 250 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmen mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.  Pelaku usaha kecil yang masih kebingungan mendapatkan modal...

Bujuk Elon Musk, Luhut Sodorkan Kawasan Industri Hijau Kaltara Buat Investasi Tesla

JAKARTA, duniafintech.com - Tesla bakal segera masuk ke ekosistem kendaraan dan baterai listrik Indonesia. Negosiasi investasi dari perusahaan milik miliarder Elon Musk itu dipimpin...

Waspada! Perusahaan Jual Beli Kripto Ini Ilegal, Binance Juga Tak Berizin 

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat mesti waspada, terbaru, ada perusahaan jual beli Kripto di Indonesia yang ilegal alias tak berizin.  Investasi uang kripto saat ini menjadi...

Kasusnya Diusut, Polisi Sebut Ada Karyawan Terraform yang Diduga Gelapkan Dana Perusahaan

JAKARTA, duniafintech.com - Unit Investigasi Kejahatan Dunia Maya Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan pada Senin, bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan penggelapan oleh...

Nilai Kripto Sedang Lesu, Ukraina Putar Otak Cari Dana Perang

JAKARTA, duniafintech.com - Ukraina berencana terus memanfaatkan investor kripto untuk membantu mengumpulkan dana. Meskipun kondisi anjloknya mata uang virtual ini sempat mengganggu upaya penggalangan...
LANGUAGE