27.6 C
Jakarta
Selasa, 23 April, 2024

Pencipta NFT Bored Ape Menjual Kavling di Jagad Virtual Senilai Rp 4,1 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com – Pencipta serial non-fungible token atau NFT bertajuk Bored Ape mengantongi uang kripto dengan nilai setara US$ 285 juta atau setara Rp 4,1 triliun lebih.

Dana sebesar itu diperoleh melalui penjualan token yang mewakili tanah dalam permainan dunia virtual yang tengah dibangunnya saat ini. 

Melansir dari Bussines Insight Kontan, Yuga Labs menarik perhatian dunia setelah tahun lalu menciptakan NFT Bored Ape Yacht Club. Token berbasis blockchain itu mewakili 10.000 kera kartun yang dihasilkan komputer.

Baca juga: Wow! Penjualan NFT Moonbirds Imbangi BAYC, Sentuh Rp5,2 Triliun dalam 5 Hari

Sejalan dengan booming NFT, aset kripto yang mewakili file digital seperti gambar, video, atau item dalam game online, harga Bored Ape melonjak hingga masing-masing mencapai ratusan ribu dolar.

Bored Ape termasuk merek NFT yang paling terkenal. NFT seri tersebut hingga dijual di rumah lelang top dan dimiliki selebriti termasuk Paris Hilton dan Madonna. 

Sekarang, Yuga Labs – yang mengumpulkan $450 juta pada bulan Maret dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz – telah mengarahkan pandangannya pada apa yang disebut “metaverse”.

Dalam penjualan online pada 30 April, Yuga Labs menjual NFT yang disebut “Otherdeeds”, yang katanya dapat ditukarkan sebagai bidang tanah virtual di lingkungan online bertema Kera Bosan yang disebut “Otherside.”

Baca juga: Serangan Phising, NFT Bored Ape Yacht Club Senilai Rp 43 Miliar Digasak Hacker

“Otherdeeds” hanya dapat dibeli menggunakan cryptocurrency terkait proyek, yang disebut ApeCoin, yang diluncurkan pada bulan Maret.

Ada 55.000 Otherdeeds untuk dijual, dengan harga masing-masing 305 ApeCoin, dan perusahaan menulis di Twitter bahwa ini telah terjual habis.

Ini berarti penjualan menghasilkan 16.775.000 ApeCoin, senilai sekitar $285 juta pada hari Minggu, menurut perhitungan Reuters berdasarkan harga ApeCoin di bursa cryptocurrency Coinbase pada 1210 GMT.

Tidak jelas bagaimana dana akan didistribusikan, meskipun perusahaan mengatakan ApeCoin akan “dikunci” selama satu tahun.

Penjualan tersebut menunjukkan permintaan tinggi yang berkelanjutan untuk aset kripto spekulatif dan berisiko tinggi yang terkait dengan dunia virtual online. NFT sebagian besar tidak diatur, dan laporan penipuan, pemalsuan, dan manipulasi pasar sering terjadi. 

Sementara banyak yang bingung dengan gagasan membayar uang nyata untuk tanah yang tidak ada secara fisik, beberapa NFT tanah virtual telah menghasilkan jutaan dolar.  Metaverse Otherside akan menjadi lingkungan permainan multi-pemain, menurut situs webnya, yang mengatakan saat ini sedang dalam pengembangan.

Baca juga: Menarik Nih! PSG Segera Jual NFT Ballon d’Or ke-7 Milik Lionel Messi

Yuga Labs menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang bekerja untuk membangun Otherside atau kapan akan diluncurkan.

Penjualan Otherdeeds Yuga Labs datang tak lama setelah akun Instagram resmi Bored Ape Yacht Club diretas dan tautan phishing diposting, memungkinkan scammer mencuri NFT korban.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE