32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Perbedaan Earn dan Staking Crypto: Dapatkan Cara Penghasilannya

JAKARTA, duniafintech.com – Perbedaan earn dan staking aset kripto merupakan dua konsep yang berhubungan dengan aset kripto tetapi memiliki perbedaan dalam cara kerja dan tujuan penggunaannya.

Anda perlu memahami baik “earn” maupun staking dengan baik sebelum berpartisipasi. Selalu lakukan riset menyeluruh dan pastikan Anda memahami risiko serta potensi pengembalian dari setiap bentuk partisipasi dalam dunia kripto. Berikut ulasan mengenai perbedaan earn dan staking aset kripto:

Cara Mendapatkan Penghasilan Crypto

Earn Crypto:

1. Pilih Platform Earn

Cari platform atau layanan yang menawarkan program earn crypto. Ini bisa berupa platform pertukaran kripto, dompet, atau aplikasi finansial tertentu.

2. Daftar Akun

Buat akun atau masuk ke platform yang Anda pilih.

3. Deposit Aset

Setelah mendaftar, depositkan aset kripto Anda ke dalam akun platform earn. Beberapa platform mungkin memerlukan jumlah minimum untuk memenuhi syarat program earn.

4. Pilih Aset yang Akan Di-Earn

Pilih aset kripto yang ingin Anda simpan di platform earn untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa platform menawarkan berbagai pilihan aset.

Baca juga: Perbedaan Earn dan Staking Aset Kripto: Kenali Resiko-Resikonya!

5. Tunggu dan Kumpulkan Penghasilan

Setelah menyimpan aset, Anda akan mulai menerima penghasilan dalam bentuk bunga. Penghasilan ini akan ditambahkan ke saldo akun Anda sesuai dengan suku bunga yang ditawarkan.

Staking Crypto:

1. Pilih Jaringan Blockchain

Pilih jaringan blockchain yang mendukung staking crypto. Umumnya, ini akan berbasis PoS (Proof of Stake) atau varian lain dari konsensus PoS.

2. Pilih Aset untuk Staking

Pilih aset kripto yang mendukung staking di jaringan blockchain tersebut.

3. Pilih Dompet

Pilih dompet atau platform staking yang sesuai dengan jaringan blockchain yang Anda pilih. Pastikan dompet mendukung staking aset yang Anda miliki.

Baca juga: Perbedaan Staking dan Earn Aset Kripto, Simak Yuk Ulasannya!

4. Deposit Aset ke Dompet

Depositkan aset kripto ke dalam dompet staking Anda.

5. Mulai Staking

Setelah memiliki aset di dompet, Anda dapat memulai proses staking. Biasanya, ini melibatkan mengunci sejumlah aset sebagai jaminan dalam validasi transaksi atau pengamanan jaringan.

6. Menerima Hadiah

Sebagai imbalan atas partisipasi aktif Anda dalam jaringan, Anda akan menerima hadiah berupa kripto baru atau hadiah blok yang diberikan oleh protokol blockchain.

Partisipasi Dalam Blockchain

Earn Crypto:

1. Peran Partisipasi

Dalam earn crypto, Anda sebagai pemegang aset kripto hanya menyimpan aset Anda di platform atau layanan yang menawarkan program earn. Anda tidak terlibat langsung dalam validasi transaksi atau keamanan jaringan.

2. Tujuan Utama

Tujuan utama dari earn crypto adalah mendapatkan bunga atau penghasilan pasif dari menyimpan aset Anda di platform tersebut. Anda tidak berpartisipasi aktif dalam operasi jaringan blockchain.

3. Risiko Terkait

Risiko dalam earn crypto cenderung lebih rendah karena Anda tidak terlibat dalam validasi transaksi atau pemeliharaan jaringan. Namun, Anda masih perlu mempertimbangkan risiko terkait platform tempat Anda menyimpan aset.

Staking Crypto:

1. Peran Partisipasi

Dalam staking crypto, Anda berperan aktif dalam jaringan blockchain dengan mengunci sejumlah aset kripto sebagai jaminan untuk validasi transaksi dan keamanan jaringan. Anda berkontribusi untuk mempertahankan integritas jaringan.

2. Tujuan Utama

Tujuan utama dari staking crypto adalah mendapatkan hadiah berupa kripto baru atau hadiah blok sebagai imbalan atas kontribusi Anda dalam menjalankan jaringan dan validasi transaksi.

Baca juga: Perbedaan Staking dan Earn Aset Kripto, Cari Tahu di Sini Yuk!

3. Risiko Terkait

Risiko dalam staking crypto lebih tinggi karena Anda terlibat dalam operasi jaringan. Jika Anda tidak mematuhi aturan dan ketentuan staking, Anda dapat kehilangan sebagian atau seluruh aset yang Anda staking.

Perbedaan Keuntungan dan Pengembaliannya

Earn Crypto:

1. Keuntungan

Dalam earn crypto, Anda mendapatkan keuntungan berupa bunga atau penghasilan pasif dari menyimpan aset kripto Anda di platform tertentu. Keuntungan ini biasanya diberikan secara reguler dan proporsional terhadap jumlah aset yang Anda simpan.

2. Sumber Keuntungan

Keuntungan dalam earn crypto berasal dari hasil lending atau peminjaman aset Anda kepada pihak lain di platform tersebut. Pihak yang meminjam aset Anda akan membayar bunga, dan Anda memperoleh bagian dari bunga tersebut.

3. Risiko dan Pengembalian

Risiko dalam earn crypto cenderung lebih rendah karena Anda tidak terlibat langsung dalam operasi jaringan. Pengembalian dapat bervariasi tergantung pada tingkat bunga yang ditawarkan oleh platform dan jenis aset yang Anda simpan.

Baca juga: Panduan Singkat Staking BNB: Rekomendasi Staking Pool BNB

Staking Crypto:

1. Keuntungan

Dalam staking crypto, Anda memperoleh keuntungan berupa hadiah berupa kripto baru atau hadiah blok sebagai imbalan atas kontribusi Anda dalam menjalankan jaringan dan validasi transaksi.

2. Sumber Keuntungan

Keuntungan dalam staking crypto berasal dari protokol konsensus Proof of Stake (PoS) atau Delegated Proof of Stake (DPoS), di mana Anda mengunci sejumlah aset sebagai jaminan untuk validasi transaksi dan keamanan jaringan. Imbalan diberikan kepada validator atau staker berdasarkan proporsi jumlah aset yang mereka staking.

3. Risiko dan Pengembalian

Risiko dalam staking crypto lebih tinggi karena Anda terlibat langsung dalam operasi jaringan. Pengembalian dapat bervariasi tergantung pada protokol PoS atau DPoS yang digunakan, jumlah aset yang Anda staking, dan tingkat imbalan yang ditawarkan oleh jaringan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE