34.5 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Perbedaan GPN dan Visa: Panduan Lengkap dengan 3 Tips Memilihnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perbedaan GPN dan Visa apa saja ya? Di era digital ini, kemudahan transaksi menjadi semakin penting. Berbagai alat pembayaran pun bermunculan, menawarkan kemudahan dan keuntungan bagi penggunanya. Dua alat pembayaran yang cukup populer di Indonesia adalah GPN dan Visa.

Namun, tahukah Anda perbedaan antara GPN dan Visa? Artikel ini akan membahas secara komprehensif mengenai perbedaan GPN dan Visa, membantu Anda memilih alat pembayaran yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Apa itu GPN?

GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) adalah sistem pembayaran nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2017. GPN bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan dan mengurangi ketergantungan pada sistem pembayaran internasional.

Apa itu Visa?

Visa adalah jaringan pembayaran global yang didirikan pada tahun 1959. Visa menyediakan berbagai layanan pembayaran, termasuk kartu debit, kartu kredit, dan layanan pembayaran digital.

Perbedaan GPN dan Visa yang Paling Utama

Perbedaan GPN dan Visa: Panduan Lengkap dengan 3 Tips Memilihnya

GPN vs Visa: Mana yang Tepat untuk Anda?

Pemilihan antara GPN dan Visa tergantung pada kebutuhan Anda. Berikut beberapa pertimbangan:

  • Kebutuhan Transaksi: Jika Anda hanya melakukan transaksi di dalam negeri, GPN adalah pilihan yang lebih murah dan mudah.
  • Penerimaan: Jika Anda sering bepergian ke luar negeri, Visa adalah pilihan yang lebih tepat karena diterima di banyak tempat.
  • Fitur Tambahan: Jika Anda menginginkan fitur tambahan seperti program reward dan asuransi perjalanan, Visa mungkin lebih menarik.

Kesimpulan

Baik GPN maupun Visa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah alat pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Tips

  • Tanyakan kepada bank Anda tentang kartu GPN dan Visa yang mereka tawarkan.
  • Bandingkan biaya dan fitur dari berbagai kartu sebelum memilih.
  • Baca ulasan online untuk mendapatkan informasi dari pengguna lain.

Dengan memahami perbedaan dan tips di atas, Anda dapat memilih alat pembayaran yang tepat dan memaksimalkan keuntungannya.

Baca jugaApa Itu Kartu GPN serta Perbedaannya dengan VISA dan MasterCard

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU