27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Perbedaan Mandiri Inhealth dan BPJS Lebih Untung Mana?

JAKARTA, duniafintech.com – Perbedaan Mandiri Inhealth dan BPJS merupakan dua program atau lembaga yang berfokus pada pelayanan kesehatan di Indonesia, tetapi ada perbedaan signifikan antara keduanya.

Namun, pilihan antara BPJS Kesehatan dan Mandiri Inhealth tergantung pada preferensi individu, kebutuhan kesehatan, dan kemampuan finansial.

BPJS Kesehatan merupakan program yang diwajibkan oleh pemerintah dan lebih terjangkau, sementara Mandiri Inhealth menawarkan fleksibilitas dan manfaat tambahan untuk mereka yang ingin meningkatkan cakupan kesehatan mereka. Berikut ulasan perbedaannya:

Perbedaan Mandiri Inhealth dan BPJS

1. Sifat Lembaga

– BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang didirikan oleh pemerintah Indonesia. Ini adalah program asuransi sosial yang dikelola oleh negara untuk memberikan layanan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia.

– Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang asuransi kesehatan. Ini adalah perusahaan yang beroperasi dalam industri asuransi swasta dan tidak dikelola oleh pemerintah.

2. Peserta

– BPJS Kesehatan

Semua warga negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memiliki peserta yang jumlahnya sangat besar, mencakup sebagian besar penduduk Indonesia, termasuk pekerja formal, pekerja informal, dan peserta mandiri.

– Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth adalah asuransi kesehatan swasta, jadi pesertanya adalah individu atau keluarga yang membeli polis asuransi kesehatan Mandiri Inhealth secara sukarela. Ini adalah pilihan yang tersedia untuk mereka yang ingin memiliki perlindungan kesehatan tambahan di luar BPJS Kesehatan.

3. Manfaat

– BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memberikan akses ke layanan kesehatan dasar, seperti perawatan di rumah sakit dan puskesmas, resep obat-obatan, dan sebagainya. Manfaat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan terbatas oleh anggaran yang tersedia.

– Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth menyediakan polis asuransi kesehatan dengan berbagai manfaat tambahan, seperti perlindungan terhadap penyakit kritis, rawat inap VIP, atau akses ke rumah sakit dan dokter spesialis tertentu. Manfaatnya lebih bervariasi dan fleksibel tergantung pada jenis polis yang dipilih oleh peserta.

4. Kontribusi

– BPJS Kesehatan

Kontribusi ke BPJS Kesehatan dibayarkan oleh peserta dan juga oleh pemberi kerja, dengan jumlah yang ditentukan oleh aturan yang berlaku.

– Mandiri Inhealth

Kontribusi ke Mandiri Inhealth adalah premi asuransi yang dibayarkan oleh peserta sesuai dengan jenis polis yang mereka pilih. Premi asuransi ini dapat bervariasi tergantung pada cakupan dan manfaat yang diperoleh.

5. Kualitas Layanan

– BPJS Kesehatan

Kualitas layanan BPJS Kesehatan dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah tersebut. Terkadang, peserta mungkin menghadapi keterbatasan dalam akses atau waktu tunggu.

– Mandiri Inhealth

Kualitas layanan Mandiri Inhealth cenderung lebih tinggi karena peserta dapat memilih rumah sakit dan dokter sesuai dengan preferensi mereka. Namun, ini juga tergantung pada jenis polis dan jaringan mitra penyedia layanan kesehatan Mandiri Inhealth.

Baca juga: Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas, Apa Saja Manfaatnya? 

Perbedaan Mandiri Inhealth dan BPJS

Baca juga: E-Mas Mandiri Syariah Mobile, Ketahui Beragam Fiturnya di Sini

Kualitas Layanan

 

1. Obat:

– Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth biasanya menawarkan cakupan yang lebih luas dalam hal obat-obatan. Beberapa polis Mandiri Inhealth dapat mencakup obat-obatan resep, termasuk obat-obatan yang lebih mahal atau eksklusif. Peserta Mandiri Inhealth mungkin memiliki akses lebih baik ke obat-obatan yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan.

– BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memiliki daftar obat-obatan yang dapat dicover berdasarkan formularium yang ditentukan. Ini berarti bahwa beberapa obat mungkin tidak tersedia atau harus dibayar sendiri oleh peserta jika tidak termasuk dalam formularium BPJS Kesehatan. Kualitas obat-obatan yang tersedia juga dapat bervariasi.

2. Layanan Rawat Inap:

– Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth sering kali menawarkan pilihan polis yang memberikan akses ke fasilitas perawatan rawat inap yang lebih baik, seperti kamar VIP atau suite. Peserta Mandiri Inhealth dapat memiliki pilihan yang lebih besar dalam memilih rumah sakit dan kamar rawat inap yang sesuai dengan preferensi mereka.

– BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan menyediakan akses ke layanan rawat inap dasar di rumah sakit dan puskesmas yang telah bekerjasama dengan mereka. Kualitas layanan rawat inap dapat bervariasi tergantung pada fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah tertentu. Fasilitas yang lebih eksklusif mungkin tidak tersedia melalui BPJS Kesehatan.

3. Layanan Rawat Jalan:

– Mandiri Inhealth

Mandiri Inhealth dapat memberikan akses lebih baik ke layanan rawat jalan, termasuk kunjungan ke dokter spesialis tertentu dan pemeriksaan medis yang lebih lengkap. Peserta Mandiri Inhealth dapat memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam memilih dokter atau spesialis yang mereka inginkan.

– BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan rawat jalan, tetapi pemilihan dokter dan spesialis mungkin lebih terbatas dibandingkan dengan Mandiri Inhealth. Peserta BPJS Kesehatan mungkin perlu mengikuti prosedur tertentu dan mendapatkan rujukan untuk kunjungan ke spesialis.

Baca juga:Asuransi Kesehatan Selain BPJS, Apakah Menguntungkan?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE