32.3 C
Jakarta
Senin, 27 Mei, 2024

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller, Pembeli Wajib Tahu!

JAKARTA, duniafintech.com – Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller tentunya akan sangat penting diketahui oleh calon pembeli di platform Shopee.

Dengan mengetahui perbedaannya, kamu sebagai pembeli akan terbantu dalam berbelanja produk di Shopee yang diinginkan dan pas dengan kantong.

Bahkan, kamu pun bisa mengetahui produk asli di Shopee atau yang original kalau sudah bisa membedakan Shopee Mall dan Star Seller.

Dengan demikian, kamu pun tidak menyesal setelah membeli produknya. Lantas, apa saja sih perbedaan di antara keduanya?

Simak yuk ulasannya di bawah ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir dan Cashback Shopee

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller: Apa Itu Shopee Mall?

Melangsir situs resmi Shopee, Shopee Mall adalah ruang belanja khusus yang menampilkan merek internasional dan lokal terbaik.

Berikut ini manfaat berbelanja dari penjual Shopee Mall:

  • 100% produk asli
  • Gratis pengembalian 15 (lima belas) hari 
  • Gratis ongkir tersedia untuk pesanan yang memenuhi kriteria min. belanja
  • Manfaat keanggotaan untuk Penjual Shopee Mall dengan Membership Brand

Apa Itu Shopee Star?

Masih mengutip laman resmi Shopee, penjual Star Shopee adalah penjual terpilih dan terpercaya yang telah terbukti memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik untuk pembeli.

Program Star memberikan keuntungan kepada penjual yang dipilih secara eksklusif oleh Shopee sebagai pengakuan atas penjualan dan layanan pembeli yang sangat baik. 

Penjual yang memenuhi kriteria akan mendapatkan undangan untuk bergabung dalam program Star melalui notifikasi dan dapat bergabung dalam program ini jika bersedia.

Kamu bisa mendapatkan tag Star yang akan ditampilkan di toko dan produk kamu jika menjadi Penjual Star.

Manfaat menjadi penjual Star Shopee adalah:

  • Mendapatkan kepercayaan Pembeli
  • Filter pencarian “Star”
  • Prioritas akses ke program dan fitur baru
  • Bonus Saldo Iklan 1% (maks. Rp30.000/bulan) untuk setiap isi Saldo Iklan Shopee
  • Maksimum produk yang dapat di-upload lebih banyak dari penjual lainnya, yaitu hingga 10.000 produk
  • Keuntungan Koin Penjual yang lebih besar dari penjual lainnya
  • Akses ke fitur eksklusif

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller

Pada dasarnya, terdapat lima hal yang membedakan Shopee Mall dengan Star Seller yang perlu diperhatikan sebelum membeli barang. Inilah penjelasannya.

  1. Perbedaan Status Penjual

Seperti disinggung tadi, Shopee Mall adalah toko yang menjual produk langsung dari official store atau toko resminya.

Dengan kata lain, toko ini memang milik dari brand atau produk yang dijual. Beberapa contoh toko resmi seperti Eiger Adventure Official Store, Arei Outdoor Gear Official Store, Thinkpad Official Store, Apple Flagship Store, dan Samsung Official Shop.

Untuk toko yang masuk kategori Shopee Mall punya bedge atau tanda Shopee Mall, sedangkan produk yang dijual juga ada badge-nya, yaitu Mall.

Sementara itu, yang dimaksud Star Seller adalah penjual non-official atau bukan resmi dari produknya, namun sudah terpilih dan terpercaya.

Penjual Star Seller ini dipilih langsung oleh Shopee dengan kriteria tertentu, contohnya mereka telah terbukti memberikan pelayanan yang baik untuk pembeli.

Dengan demikian, jika penjual sudah memenuhi kriteria maka Shopee secara eksklusif mengundang untuk menjadi Star. Tidak ada pendaftaran untuk menjadi Star Seller.

Dengan kata lain, gelar Star Seller ini dianugerahkan kepada Seller yang memiliki reputasi hubungan dengan pelanggan yang cukup baik; mulai dari rating, kecepatan balas pesan, hingga review pelanggan.

  1. Perbedaan Produk

Masih terkait dengan jenis tokonya, karena Shopee Mall ini toko resmi, tentunya adalah produk yang dijual memang original atau asli sehingga produk yang dijual Shopee Mall ori, bukan produk palsu.

Karena barang di Shopee Mall ini original, jadi memang dari segi kualitas sesuai dengan harga yang ditawarkan, yakni berkualitas bagus dan nomor wahid di kalangannya.

Sementara itu, Star Seller adalah penjual yang bukan resmi. Namun, bukan berarti Star Seller menjual produk bajakan, ya! Banyak juga Star Seller yang menjual produk asli. Hanya saja tokonya bukan toko resmi.

Baca juga: Shopee Seller Balance adalah dan Cara Tarik Saldonya

Meski tidak semua produk asli, namun produk yang dijual dan layanan yang diberikan ke pelanggan juga sudah memenuhi standar Shopee. Jadi layanannya sudah terjamin.

Di samping itu, cara menjadi Star Seller Shopee pun juga tidak mudah sehingga Seller tidak main-main dalam melayani kebutuhan pelanggannya.

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller

  1. Perbedaan Jaminan/Garansi Ori

Produk yang dijual di Shopee Mall ada jaminan 100% ori dari Shopee sendiri. Jika setelah diterima ternyata barang tidak asli maka bisa dikembalikan.

Untuk Shopee Mall, Shopee juga memberi waktu 7 hari pengembalian. Apabila setelah 7 hari tidak ada komplain, maka sudah dianggap tidak ada masalah.

Sementara itu, untuk Star Seller, Shopee tidak memberikan jaminan originalitas produk. Jadi, jika memang produk tidak original, maka Shopee tidak bertanggung jawab atas hal itu.

  1. Perbedaan Cara Filter

Cara mencari produk dari Shopee Mall sebenarnya cukup mudah jika menggunakan filter.

Kamu hanya perlu buka aplikasi Shopee > ketik produk di search box > ketuk ikon Filter > pilih Shopee Mall > ketuk Pakai.

Untuk mencari produk Star Seller hampir sama dengan cara di atas. Cara melihat toko Star Seller di Shopee adalah buka aplikasi Shopee > ketik produk di search box > ketuk ikon Filter > pilih Star Seller > ketuk Pakai.

  1. Perbedaan Harga

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa Shopee Mall harga barangnya lebih mahal daripada Star Seller atau tipe seller yang lainnya.

Hal ini karena Shopee Mall menjual produk yang benar-benar original. Sehingga harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lain.

Misalnya ketika kamu mencari sepatu lari. Maka kamu akan mendapati harga di Shopee Mall ini memang agak mahal.

Salah satu keuntungan dari belanja di Star Seller Shopee – selain tepercaya – adalah harga produknya yang lebih terjangkau daripada harga produk di official store.

Jadi, jika kamu memiliki budget yang terbatas, memang belanja di Star Seller bisa menjadi jalan ninja. Namun, kamu juga perlu melihat review-nya juga, ya. Agar tidak kecewa.

Baca juga: Cara Membayar Shopee PayLater agar tidak Didenda

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU