26.3 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Persiapan Mudik Tidak Ribet Pakai E-Money

duniafintech.com – Budaya persiapan mudik merupakan budaya yang telah turun temurun terjadi di Indonesia bahkan di berbagai negara. Terutama pada saat hari raya, atau libur panjang, mudik  ke kampung halaman menjadi satu-satunya rencana yang tercatat di buku agenda.

Dalam melakukan persiapan mudik, selain perlu berhati-hati dengan keselamatan dalam berkendara, tentu kita juga ingin sampai lebih cepat dan nyaman. Tapi sayang, kecametan lalu lintas kerap sulit untuk dihindari karena arus mudik yang ramai dan padatnya kendaraan bermotor di jalan.

Berbicara tentang arus mudik, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), berupaya untuk memberikan pelayanannya kepada masyarakat, yaitu dengan memberikan diskon tarif tol sebesar 20% kepada pengguna e-money atau uang elektronik. Sebagaimana dilansir melalui kumparan.com, dison tersebut akan mulai berlaku di H-3 (22 Juni) dan H-2 (23 Juni) hari raya Idul Fitri, serta H+4 sampai dengan H+6 hari raya Idul Fitri.

Adanya langkah tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah pengguna e-money sehingga bisa mengurangi kemacetan karena transaksi lebih cepat dan praktis di gerbang tol apabila dibandingkan membayar tol dengan menggunakan uang tunai. Adapun uang elektronik yang bisa dipakai adalah Mandiri (e-money), BRI (BRIZZI), BNI (TapCash), BTN (Blink), dan BCA (Flazz).

Tentang E-Money

E-Money merupakan jenis uang elektronik yang bisa dipergunakan untuk melakukan pembayaran. Perkembangan teknologi yang semakin menjamur ikut andil dalam terciptanya e-money yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi sehari-hari. Bank atau lembaga keuangan yang melahirkan e-money di antaranya adalah Bank Mandiri dengan produknya E-Cash, Tap Cash dari BNI, Flazz dari Bank BCA, Brizzi dari Bank BRI, dan lain-lain.

Umumnya produk-produk e-money tersebut, selain bisa untuk menyimpan uang dengan cara melakukan top-up, bisa juga dipergunakan untuk berbelanja. Dengan demikian kita tidak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika bepergian. Tapi Anda juga perlu bijak dalam membelanjakan e-money yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan.

Written by: Sintha Rosse

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU