26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

PERUSAHAAN KESEHATAN GUNAKAN BLOCKCHAIN

duniafintech.com – Perusahaan kesehatan terkemuka asal Amerika Serikat, yaitu MultiPlan, Optum, Humana, Quest Diagnostics, United HealthCare sudah resmi mengumumkan pada 2 April 2018 akan menguji coba teknologi Blockchain.

Perusahaan kesehatan ini mengeksplorasi dan menguji coba dengan tujuanmeningkatkan kualitas data, memangkas biaya administrasi terkait perubahan pada layanan kesehatan perusahaan.

Uji coba yang dilakukan perusahaan kesehatan ini, untuk melihat sejauh mana dampak yang bisa diberikan dengan menerapkan teknologi Blockchain seperti data sharing, proses administrasi, dan juga peningkatan akses layanan pada 5 perusahaan kesehatan terkemuka di Amerika Serikat tersebut.

Hal ini dikarenakan sistem yang diterapkan saat ini dinilai kurang efektif yang disebabkan penyimpan data dari setiap divisi disimpan secara terpisah sehingga sering terjadi eror dan perbedaan data atau informasi. Namun dengan Blockchain dengan kemampuan plaformnya, data-data tersebut bisa disimpan secara aman dan diakses oleh pihak-pihak yang memang dipercaya ketika dalam kondisi yang dibutuhkan.

Semua ini bertujuan agar pelayanan pada untuk pasien dapat ditingkatkan terkait data-data dan juga riwayat kesehatan pasien tersebut.

Seperti yang dilansir dari Cryptovest, Michael Jacob, Insyiur dari Optum, memberi penjelasan terkait eksperimen dan uji coba penggunaan Blockchain sebagai berikut.

Dengan adanya Blockchain, pasien akan merasakan peningkatan layanan medis, yang mana mereka bisa mencari perawatan yang lebih cepat dan juga dengan biaya yang efisien. Dikarenakan, kami sudah memiliki sistem Blockchain yang dapat menampilkan data yang akurat terkait data pasien seperti saat pengajuan klaim dan juga proses pembayaran. Hal ini sangat baik untuk memangkas waktu bagi pihak-pihak yang terlibat dalam proses tersebut.

Hal tidak jauh berbeda juga disampaikan oleh David Murtagh, Vice President, MultiPlan.

Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana Blockchain mampu mengatasi masalah yang terjadi terkait proses administrasi, data pasien, dll. Yang mana Blockchain mampu memberikan solusi seperti memangkas waktu dan biaya hingga meningkatkan pengalaman pasien.

Apa yang diutarakan oleh David Murtagh memang sejalan dengan visi dan misi Perusahaan MultiPlan. MultiPlan merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang penyedia layanan solusi management dalam sektor kesehatan.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Centers for Medicare & Medicaid Services, 52 % dari lokasi direktori penyedia yang terdaftar setidaknya ada satu ketidakakuratan seperti nomor telepon, alamat, sebagaimana yang dicatat oleh Walker, Marketing Communication, MultiPlan.

Namun project Blockchain ini bukanlah yang pertama kali digagas di Amerika Serikat melainkan sudah ada yang melakukan eksplorasi Blockchain pada sektor kesehatan sebelumnya. Seperti yang dilaporkan bahwa pada tahun lalu IBM Watson Health sudah bermitra dan berkolaborasi dengan Control and Prevention (CDC) yang merupakan lembaga kesehatan Amerika Serikat dalam menilai manfaat dan dampak yang diberikan oleh Blockchain pada sistem layanan kesehatan di negara tersebut.

Source : cryptovest.com
Written by : Febrian Surya Kristardi
Picture by : Pixabay.com

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...
LANGUAGE