26.7 C
Jakarta
Jumat, 30 September, 2022

Ini Dia Daftar Perusahaan Seluler yang Tergiur Menjajaki Blockchain

duniafintech.com – Tidak ada yang bisa membantah bahwa teknologi Blockchain telah berhasil membius banyak orang, bahkan yang tadinya sama sekali tidak tertarik pada kripto sekalipun. Satu per satu berbagai sektor mulai menerapkan teknologi ini untuk memudahkan bisnisnya. Perusahaan-perusahaan seluler dan telekomunikasi pun tak ingin ketinggalan.

Ingin tahu perusahaan-perusahaan seluler apa saja yang mulai melirik Blockchain untuk diterapkan dalam bisnisnya? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baca juga: Pertukaran Efek Swasta Singapura Dikabarkan Akan Adopsi Blockchain

Perusahaan Seluler Merambah ke Blockchain

1. Samsung

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini telah lama menunjukkan ketertarikannya pada kripto aset dan Blockhain. Beberapa waktu yang lalu, Samsung menyematkan fitur dompet kripto ke dalam salah satu seri ponsel kelas atas milik mereka, Galaxy S10.

Pada tanggal 24 April lalu, produsen perangkat keras untuk kripto aset, Ledger mengumumkan bahwa mereka baru menerima pendanaan sebesar 2,6 juta Euro dari Samsung. Di hari yang sama, sebuah sumber menyebutkan bahwa Samsung sedang mengembangkan jaringan Blockchain pribadi dan mungkin akan meluncurkan token mereka sendiri, Samsung Coin.

2. Apple

Perusahaan gawai yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini memang tidak pernah secara terang-terangan menyatakan ketertarikannya pada teknologi Blockchain. Namun pada bulan Februari lalu, sebuah dokumen yang diserahkan Apple kepada Securities and Exchange Commission menjadi pertanda bahwa Apple mulai melangkah ke arah yang sama seperti Samsung. Belum ada yang bisa merinci bagaimana rencana Apple tapi banyak yang menduga Apple akan membuat jaringan iChain, Blockchain yang akan digabungkan dengan Public Key Infrastructure (PKI) untuk mempermudah bisnis mereka.

Baca juga: Kemudahan Investasi Saham di Era Digital yang Serba Online

3. HTC

Produsen ponsel asal Taiwan ini juga berhasil membuat kehebohan dengan peluncuran salah satu produknya, HTC Exodus 1. Ponsel yang dilengkapi wallet kripto hingga peramban yang yang terhubung dengan streamline kripto bukan satu-satunya kelebihan yang dimiliki oleh ponsel yang dijuluki sebagai ponsel Blockchain itu.

Saat pertama kali diluncurkan, ponsel hanya bisa dibeli dengan menggunakan kripto aset seperti Bitcoin, Litecoin, Ethereum hingga token keluaran Binance, BNB token. Meski akhirnya perusahaan membuka kesempatan konsumen membeli dengan fiat, namun promosi yang mereka lakukan di awal terbilang berhasil.

4. LG

Pada akhir tahun lalu, LG CNS, anak perusahaan konglomerat multinasional Korea Selatan LG Corporation, telah mengumumkan rencana untuk memperkuat penawaran perusahaannya di tujuh bidang utama termasuk Blockchain.

LG CNS berencana untuk merilis merek “strategis” baru untuk masing-masing dari tujuh platform teknologi yang baru dikembangkan termasuk Blockchain, kecerdasan buatan (AI), internet of things (IoT), smart city, pabrik pintar, layanan robot, dan energi pintar – untuk mempromosikan “revolusi industri keempat” dengan portofolio perusahaannya.

Meskipun masih sulit menyaksikan secara langsung dampak dari langkah-langkah perusahaan seluler di atas terkait Blockchain, tapi dalam beberapa tahun ke depan bukan tidak mungkin kita akan segera melihat hasilnya. Siap menunggu?

 picture: pixabay.com

-Dita Safitri-

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Butuh Integrasi Pertumbuhan Hijau

JAKARTA, duniafintech.com - UOB Indonesia berpandangan bahwa proses integrasi pertumbuhan hijau ke dalam strategi pembangunan nasional akan menjadi kunci dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan jangka...

Potensi Resesi di Negara Maju Tahun 2023

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai negara penggerak perekonomian dunia, diprediksi akan memiliki...

Harga BBM Indonesia Masih Lebih Murah Dibanding Negara Lain

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia masih tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Jokowi...

Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Timpang, Timbulkan Korban

JAKARTA, duniafintech.com - Literasi keuangan dan inklusi keuangan yang timpang, menjadi sorotan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo menyatakan indeks...

Pinjol Cepat Cair: Prosedur Pengajuan & Daftar Aplikasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana yang cepat. Saat ini, pinjol yang berizin...
LANGUAGE