25.6 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

Petinggi Masyarakat Ekonomi ASEAN Himbau Pemerataan Ekosistem 5G

duniafintech.com – Wakil Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic ASEAN), Aladdin D. Rillo menekankan pentingnya perluasan dan pemerataan 5G di wilayah Asia Tenggara. Hal ini ia sampaikan kala mengunjungi Huawei Cyber Security Transparency di Brussels, Belgia.

Aladdin pun mengajak seluruh pihak yang berkepentingan untuk turut membantu merealisasikan harapannya.

“Oleh karena itu, kami memastikan komitmen kami kepada industri ternama, salah satunya Huawei, untuk mewujudkan harapan ini,”

“Keterlibatan sektor swasta pada proyek ini sangat tepat. Mereka memiliki kompetensi dalam pembangunan infrastruktur mau pun pengembangan ekosistem,”

Aladdin menilai, saat ini ASEAN tengah bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya. Oleh sebab itu, integrasi dan keterhubungan menjadi hal yang perlu dilakukan di wilayah Asia Tenggara.

Baca juga:

Digitalisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN Melalui 5G

Aladdin sebagai petinggi Masyarakat Ekonomi ASEAN menegaskan perlunya transformasi berbasis digital dalam berbagai sektor. Upaya ini ia dinilainya sebagai cara dalam meningkatkan literasi teknologi di Asia Tenggara di 2030.

“Digitalisasi menjadi fokus ASEAN saat ini. Untuk itu, Kami memerlukan infrastruktur yang tepat,”

“Jaringan 5G menjadi hal mendasar bagi kami untuk menerapkan digitalisasi di berbaga sektor, serta membanun pasar yang terintegrasi,”

Saat ini, ASEAN mengalami pertumbuhan Internet, digital, media sosial, dan aktivitas
mobile yang sangat pesat. Tingkat penetrasi Internet di ASEAN mencapai 65%. Artinya,
terdapat lebih dari 400 juta pengguna Internet di kawasan ini.

Penerapan berbasis internet di berbagai sektor dan negara tumbuh mencapai dua digit. Hal tersebut tentunya berpengaruh dengan ekosistem digital yang berpotensi menjadi penguasa pasar.

Implementasi cybersecurity pada saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi internet di kawasan ini tengah mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi. Pertumbuhan tersebut bahkan diyakini akan terus terjadi.

Menurut Dr. Rillo, keamanan siber berperan sangat penting dalam transformasi digital di
ASEAN, khususnya dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital kawasan
yang berbasis 5G, AI, dan IoT.

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Apa itu Blockchain? Ini Penjelasannya

Salah satu sistem komputerisasi dan internet yang berkembang adalah blockchain. Apa itu blockchain?  Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu...

Situs Penghasil Bitcoin Gratis 2020 Terbukti Tanpa PHP

DuniaFintech.com - Terdapat berbagai macam cara untuk mendapatkan bitcoin bahkan tanpa deposit sekalipun. Menarik bukan? Berikut beberapa situs penghasil bitcoin gratis 2020 terpercaya dan...

Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia

Tidak mau kalah dengan para pendahulunya baik itu dari dalam ataupun luar negeri, ada startup fintech terbaru di tanah air yang sudah diperkenalkan kepada...

Mengenal Xendit : Payment Gateway dengan Beberapa Keunggulan

Xendit, adalah salah satu starup payment gateway yang berizin di Indonesia. Xndit payment gateway yang memiliki beberapa produk unggulan yang membantu bisnis di Asia...

Harga Bitcoin Hari Ini : BTC Menurun, Ethereum Sambut London Hardfork

Harga Bitcoin hari ini sudah memasuki penurunan, setelah rally lebih dari satu pekan dengan pemuncak Rp600 juta. Namun, berbeda dengan Ethereum yang terus menguat...
LANGUAGE