31 C
Jakarta
Senin, 6 Desember, 2021

Petinggi Masyarakat Ekonomi ASEAN Himbau Pemerataan Ekosistem 5G

duniafintech.com – Wakil Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic ASEAN), Aladdin D. Rillo menekankan pentingnya perluasan dan pemerataan 5G di wilayah Asia Tenggara. Hal ini ia sampaikan kala mengunjungi Huawei Cyber Security Transparency di Brussels, Belgia.

Aladdin pun mengajak seluruh pihak yang berkepentingan untuk turut membantu merealisasikan harapannya.

“Oleh karena itu, kami memastikan komitmen kami kepada industri ternama, salah satunya Huawei, untuk mewujudkan harapan ini,”

“Keterlibatan sektor swasta pada proyek ini sangat tepat. Mereka memiliki kompetensi dalam pembangunan infrastruktur mau pun pengembangan ekosistem,”

Aladdin menilai, saat ini ASEAN tengah bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya. Oleh sebab itu, integrasi dan keterhubungan menjadi hal yang perlu dilakukan di wilayah Asia Tenggara.

Baca juga:

Digitalisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN Melalui 5G

Aladdin sebagai petinggi Masyarakat Ekonomi ASEAN menegaskan perlunya transformasi berbasis digital dalam berbagai sektor. Upaya ini ia dinilainya sebagai cara dalam meningkatkan literasi teknologi di Asia Tenggara di 2030.

“Digitalisasi menjadi fokus ASEAN saat ini. Untuk itu, Kami memerlukan infrastruktur yang tepat,”

“Jaringan 5G menjadi hal mendasar bagi kami untuk menerapkan digitalisasi di berbaga sektor, serta membanun pasar yang terintegrasi,”

Saat ini, ASEAN mengalami pertumbuhan Internet, digital, media sosial, dan aktivitas
mobile yang sangat pesat. Tingkat penetrasi Internet di ASEAN mencapai 65%. Artinya,
terdapat lebih dari 400 juta pengguna Internet di kawasan ini.

Penerapan berbasis internet di berbagai sektor dan negara tumbuh mencapai dua digit. Hal tersebut tentunya berpengaruh dengan ekosistem digital yang berpotensi menjadi penguasa pasar.

Implementasi cybersecurity pada saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi internet di kawasan ini tengah mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi. Pertumbuhan tersebut bahkan diyakini akan terus terjadi.

Menurut Dr. Rillo, keamanan siber berperan sangat penting dalam transformasi digital di
ASEAN, khususnya dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital kawasan
yang berbasis 5G, AI, dan IoT.

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ini Cara Memahami Sentimen Pasar bagi Investor di Dunia Trading dan Investasi

JAKARTA, duniafintech.com - Sentimen pasar atau market sentiment merupakan konsensus atau sikap secara keseluruhan dari pelaku pasar atau investor terhadap pergerakan harga suatu pasar....

Biaya Asuransi: Pengertian dan Jenis-jenisnya

JAKARTA, duniafintech.com – Biaya asuransi pada dasarnya terdiri dari berbagai macam. Umumnya, ketika memiliki asuransi, pemegang polis diwajibkan untuk tahu apa saja jenis biaya...

Dukung Produksi Susu Nasional, ADB pesan 19,4 Juta Lembar Saham Cimory

JAKARTA, duniafintech.com - Asian Development Bank (ADB) telah memesan sebanyak 19,4 juta lembar saham sebagai bagian dari rencana penawaran saham perdana (initial public offering/IPO)...

Turun 20% Hal Biasa di Dunia Kripto, Ini Momentum Tepat untuk Membeli

JAKARTA, duniafintech.com - Pasar aset kripto dalam beberapa hari terakhir sedang mengalami penurunan harga lebih dari 20% yang menyebabkan para investor pemula di kripto...

Ini Syarat Pihak Asuransi Mau Tanggung Kerusakan Kendaraan Akibat Bencana Alam

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil bencana alam menjadi hal yang mesti dipersiapkan di tengah ketidakpastian bencana yang terjadi di tanah air. Misalnya saja dari...
LANGUAGE