31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Phone Banking: Cara Kerja hingga Manfaat

Secara umum, phone banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah menghubungi nomor telepon tertentu dari bank dalam rangka melakukan transaksi perbankan.  Fasilitas ini bisa digunakan untuk cek saldo atau tagihan kartu kredit tanpa perlu mendatangi ATM. 

Apa Itu Phone Banking?

Semua transaksi yang tersedia selama 24 jam dapat dilakukan dengan menggunakan layanan ini sehingga Anda tidak perlu repot-repot ke ATM. Adapun fasilitas telepon perbankan ini tidak jauh berbeda dengan SMS banking, yakni sama-sama dapat dipakai melalui handphone, di mana saja dan kapan pun. 

Sebagaimana diketahui, SMS banking menggunakan tulisan pesan yang dikirim dengan format tertentu, sementara layanan telepon perbankan menggunakan telepon ataupun suara ke nomor yang sudah ditentukan.

Sementara itu, perbedaannya adalah fasilitas telepon perbankan bisa melakukan transaksi dalam bentuk voice (suara) sehingga biaya yang ditanggung nasabah sebesar biaya pulsa percakapan.  Di sisi lain, transaksi mobile banking dilakukan dalam bentuk visual berupa teks SMS sehingga biaya yang ditanggung nasabah sebesar biaya SMS premium.

Di samping nasabah bank, masyarakat nonnasabah pun dapat mengakses layanan yang satu ini. Meski demikian, tentu saja akses itu bukan untuk transfer dana atau bayar tagihan ini atau tagihan itu sebab nonnasabah dapat memakai layanan perbankan yang satu ini untuk mencari tahu informasi soal suku bunga dari bank, nilai tukar mata uang, atau produk perbankan yang ditawarkan oleh bank tersebut.

Di sisi lain, mobile banking adalah layanan perbankan via handphone dan untuk menggunakan fasilitas ini, nasabah tinggal memilih menu mobile banking yang sudah tersedia pada SIM Card nasabah.  Dengan demikian, nasabah tidak perlu menghubungi nomor telepon tertentu dari bank itu. Adapun seluruh instruksi transaksi perbankan dilakukan dengan memilih menu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan. 

Untuk keamanan bertransaksi di mobile banking, yakni menggunakan PIN, data nasabah yang dikirim atau diterima di-encrypt (diacak), dan baru akan dibuka setelah sampai di bank atau handphone nasabah itu. Karena itu, selama dalam perjalanan, data ini tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Keunggulan dari kedua layanan ini adalah nasabah dapat melakukan transaksi perbankan di mana dan kapan pun tanpa harus datang ke cabang bank itu.

Cara Aktivasi Phone Banking

Cara mengaktifkan traksaksi di phone banking adalah Anda terlebih dahulu harus mendaftar ke bank atau ATM terkait. Adapun di bank, Anda bakal diberikan PIN yang nantinya akan digunakan untuk otorisasi atau izin dalam bertransaksi melalui telepon.

Usai Anda memperoleh PIN, Anda hanya perlu menekan nomor bank yang akan dituju. Di ujung telepon, sudah ada pegawai bank atau hanya mesin penjawab yang bakal melayani dan memandu Anda.

Biasanya, mesin penjawab yang dipekerjakan ini menjadi pemandu phone banking yang bakal menjawab Anda.  Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi keren Interactive Voice Response (IVR) yang sanggup mendeteksi suara dan tekanan tombol telepon, kemudian menanggapi dalam bentuk suara.

Contoh-contoh nomor layanan telepon perbankan adalah BCA di nomor 1500888, CIMB NIAGA di nomor 14041, Phone Banking Mandiri 14000, Phone Banking BRI 14017, Phone Banking BNI 500046, dan Danamon di nomor 1500090.

Manfaat Layanan serta Fitur dan Keuntungan

Produk ini pada awalnya memiliki manfaat yang lebih banyak bersifat informatif, yakni dalam rangka informasi jasa atau produk bank dan informasi saldo rekening yang dilayani Customer Service Operator (CSO).

Lantas, seiring berjalannya waktu, profil layanan ini menjadi kian variatif, yang meliputi transaksi pemindahbukuan antar-rekening serta pembayaran berupa tagihan kartu kredit, listrik, telepon, pembelian voucher, dan tiket pesawat hingga transfer ke bank lain. 

Untuk transaksi nontunai, fasilitas yang satu ini juga bisa disebut lebih praktis ketimbang ATM. Hal itu karena cukup dengan memakai handphone, Anda dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain di mana pun berada, dengan fasilitas ini.

Fitur dan keuntungan lain yang akan diperoleh nasabah dari layanan ini adalah sebagai berikut.

  • Informasi saldo: fitur dan keuntungan phone banking adalah, pertama, dalam rangka memudahkan nasabah untuk melakukan pengecekan saldo rekening dan pengecekan mutasi untuk 5 mutasi debet dan 5 mutasi kredit terakhir dari rekening.
  • Informasi tarif dan limit: Lewat layanan ini, Anda bisa memperoleh sejumlah informasi mengenai tarif dan limit, contohnya jenis transaksi, biaya cek saldo, maksimum pembayaran per hari, dan lainnya.
  • Informasi kurs: Sebagaimana seluruh layanan perbankan, fasilitas ini pun menyediakan informasi kurs indikasi untuk sejumlah mata uang asing.
  • Informasi produk bank: Anda pun tidak perlu datang ke kantor cabang sebab layanan ini bakal memudahkan Anda sebagai nasabah untuk mengetahui produk perbankan. Cukup lewat telepon, Anda akan dapat mengetahui keuntungan-keuntungan dengan menabung di bank yang bersangkutan.  Nasabah pun dapat menemukan produk bank yang sesuai dengan kebutuhannya.  Bukan hanya berlaku untuk nasabah, nonnasabah pun dapat memperoleh informasi mengenai produk dan layanan bank.
  • Ubah PIN: Fasilitas yang satu ini pun memungkinkan nasabah untuk mengubah PIN Phone Banking kapan saja.
  • Blokir ATM: Anda sebagai nasabah juga dapat segera menghubungi Layanan Phone Banking 24 Jam setiap hari, misalkan sewaktu terjadi kehilangan Kartu ATM dan lain-lain.  Anda juga bisa memblokir ATM kapan pun dan di mana saja.
  • Pemindahbukuan: Sebagai nasabah, Anda pun bisa melakukan transaksi transfer antar-rekening bank yang telah didaftarkan melalui layanan ini.

Cara Daftar

Ada 4 langkah yang harus Anda lakukan sebagai nasabah untuk bisa melakukan registrasi atau pendaftaran melalui customer service (CS), yakni:

  • Nasabah dapat langsung datang ke CS untuk mengisi formulir pendaftaran Phone Banking.
  • Isi dan lengkapi formulir pendaftaran. Nasabah kemudian akan dihubungi dan dikonfirmasikan CS Bank, dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  • Nasabah akan memperoleh PIN Mailer yang akan dikirim ke alamat nasabah (berupa kertas carbonized layaknya PIN ATM).
  • Usai nasabah memperoleh PIN Mailer Phone Banking, ia bisa melakukan perubahan PIN melalui Layanan Phone Banking setelah fasilitas ini aktif. Selanjutnya, nasabah bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Layanan Phone Banking itu.

Kiat Aman Menggunakan Layanan

  1. Tidak memberikan PIN kepada siapa pun:  Banyak data pribadi yang tidak boleh dibagikan kepada orang lain, di antaranya 4 data keamanan penting ini, yaitu OTP, CVV/CVC, nomor kartu ATM, dan PIN.
  2. Tidak menyimpan informasi PIN di handphone: Keamanan phone banking adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan kelihaian Anda menjaga kerahasiaan PIN.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE