27.9 C
Jakarta
Rabu, 6 Juli, 2022

Pinjaman Online Jadi Alternatif Akses Dana Mendesak di Kala Pandemi

Wabah corona yang tengah terjadi di Indonesia tentu berpengaruh terhadap kondisi ekonomi masyarakat, pinjaman online dapat menjadi solusi alternatif untuk kebutuhan dana mendesak Anda di kala pandemi Covid-19. Ada kalanya kita membutuhkan dana untuk berbagai keperluan yang terbilang mendesak, seperti anak tiba-tiba sakit dan harus dibawa ke dokter atau bahkan tidak adanya pemasukan sehari-hari akibat social distancing.

Beberapa bulan ini, kita telah menyaksikan betapa virus corona ini memberikan dampak buruk yang besar terhadap perekonomian secara global. Indonesia juga termasuk salah satu negara yang mengalami dampak buruk, seperti jatuhnya nilai mata uang Rupiah. Hal ini sangatlah mengkhawatirkan karena memberikan banyak dampak negatif.

Menurut Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad, industri fintech lending perlu segera mengambil langkah-langkah strategis supaya masyarakat tetap mendapatkan akses pinjaman online. Salah satu cara yang disebutkannya adalah menurunkan suku bunga yang dianggap dapat menarik perhatian publik.

Fintech atau financial technology membuat proses pinjaman dana jadi makin mudah. Persyaratannya dan proses pengajuannya jauh lebih ringkas dan praktis. Bermodalkan aplikasi dalam smartphone, pinjaman dana bisa Anda dapatkan dalam hitungan hari, bahkan jam. Itu sebab, mulai banyak orang yang mengakses fintech.

Baca Juga:

Meskipun demikian, bukan berarti semua pinjaman bisa disetujui pengajuannya oleh perusahaan pinjaman online. Ada kelayakan kredit calon nasabah yang harus dipenuhi, jika tidak pengajuan pinjaman Anda bisa saja ditolak. Nah, supaya pengajuan kreditmu diterima, perhatikan cara ini!

Pastikan Anda Sudah Memenuhi Persyaratan

Layanan pinjaman dana online biasanya memberi beberapa persyaratan bagi calon debiturnya, antara lain minimum pendapatan, usia, dan domisili. Seringkali calon peminjam terkendala persyaratan minimum pendapatan yang cenderung tinggi. Tapi tenang, masih ada kok fintech yang persyaratan pendapatannya cukup rendah.

Ketepatan Dokumen dan Data tak Kalah Penting

Pastikan semua dokumen tersebut tercantum atas nama Anda sendiri. Sebab, ini akan membuat reputasi Anda sebagai calon peminjam akan jadi lebih baik dan bisa dipercaya. Hindari mengunggah dokumen yang bukan atas nama sendiri apalagi memalsukan data. Misalnya seperti memalsukan slip gaji. Atau Anda mengunggah STNK sebagai bukti alamat, namun karena Anda membeli kendaraan bekas, STNK-nya belum dibalik nama. Hal ini bisa membuat profil calon nasabah menjadi lemah dan terlihat tidak konsisten, sehingga akan dianggap sebagai calon peminjam berisiko.

Perhatikan juga Slip Gaji dan Arus Keuangan

Selain domisili dan usia, jumlah gaji juga menjadi salah satu persyaratan pendaftaran Kredivo. Ketika melampirkan slip gaji atau menyambungkan internet banking, pastikan pendapatan bulanan paling tidak sebesar Rp 3 juta. Meskipun Kredivo menetapkan pendapatan minimum, bukan berarti orang yang mendaftar harus kerja kantoran dan punya gaji bulanan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjaman Online Resmi OJK 2022, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com - Pinjaman Online resmi OJK 2022 tentunya lebih terjamin dan terpercaya. Izin dari otoritas jasa keuangan (OJK) sebagai lembaga yang menaunginya menjadi...

Biaya Kartu Kredit BCA di Semua Jenis Kartu

JAKARTA, duniafintech.com – Biaya kartu Kartu Kredit BCA tentunya sangat penting untuk diketahui, utamanya oleh para pengguna kartu kredit BCA. Hal itu karena ada sejumlah...

Cara Menambang Bitcoin di Android, Mari Kita Coba! 

JAKARTA, duniafintech.com - Cara menambang bitcoin di android sepertinya penting untuk diketahui publik. Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang sedang populer. Semua...

Tips Memilih Pinjaman Online Resmi, Dijamin Pasti Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Pinjaman online resmi merupakan pilihan yang sangat tepat bagi masyarakat.  Pandemi Covid-19 yang mengejutkan dunia membuat banyak orang membutuhkan kredit online saat...

Cara Menggunakan LinkAja PayLater, Mudah Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menggunakan LinkAja PayLater, apakah sesulit yang kamu bayangkan? Tentu saja tidak. Caranya sangat mudah kok! Seperti diketahui, ada banyak layanan PayLater...
LANGUAGE