Pinjaman Online Masih Sering Ditolak? Mungkin Ini Masalahnya

0
713
Pinjaman Online Masih Sering Ditolak
Ilustrasi

DuniaFintech.com – Pinjaman uang secara online adalah salah satu solusi terbaru dalam mengatasi keresahan masyarakat yang membutuhkan uang dalam waktu yang singkat. Masyarakat dapat meminjam uang secara cepat dan mudah tanpa harus memberikan jaminan. Namun, dibalik kemudahan tersebut tak sedikit dari Anda pinjaman online masih sering ditolak saat proses pengajuannya.

Pengajuan pinjaman online masih sering ditolak seperti ini juga sering sekali menimbulkan rasa bingung bagi kreditur, karena tidak mengetahui penyebab penolakan tersebut. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang jadi penyebab pengajuan pinjaman kita ditolak oleh lembaga keuangan. Pada artikel kali ini, DuniaFintech akan membahas mengenai penyebab mengapa pengajuan pinjaman online Anda ditolak. Yuk, simak uraian berikut selengkapnya.

Sulit Dihubungi

Saat mengajukan pinjaman, pihak pemberi pinjaman (analis kredit) pasti akan melakukan wawancara terkait data diri melalui telepon. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi informasi kontak dengan benar. Pengajuan kredit bisa ditolak jika pihak pemberi pinjaman kesulitan menghubungi Anda.

Riwayat Kredit yang Buruk

Bank Indonesia (BI) memiliki daftar riwayat peminjaman uang di bank maupun lembaga keuangan non bank. Jika berdasarkan data BI Checking tersebut Anda dinyatakan punya riwayat kredit buruk. Pinjaman Anda pasti tidak akan dicairkan.

Baca Juga:

Mencantumkan Informasi yang Salah

Saat mengisi formulir pengajuan pinjaman, pastikan Anda mencantumkan informasi yang benar dan akurat. Contohnya seperti penghasilan, status rumah, dan status pekerjaan. Jangan sampai Anda membohongi pihak peminjam. Sebab, analis kredit pasti akan melakukan pengecekan lapangan. Jika faktanya tidak sesuai, pengajuan pinjaman bisa langsung ditolak.

Jumlah Pinjaman Terlalu Besar

Jika sebelum mengajukan pinjaman Anda berpikir untuk mengajukan kredit sebesar-besarnya. Tapi, jumlah limit kredit yang diberikan tidak ditentukan oleh keinginanmu. Limit kredit akan disesuaikan dengan kemampuan Anda membayar utang. Pemberi pinjaman biasanya akan mengecek berapa besar penghasilan utang lain yang Anda miliki.

Selesaikan Pinjaman di Tempat Lain

Ketika Anda memiliki pinjaman yang belum selesai di tempat lain, mungkin itu adalah sebab pengajuan pinjaman online masih sering ditolak. Ingat pribahasa ini? “Gali Lubang Tutup Lubang”.  Pribahasa tersebut dapat menunjukkan bahwa ketika kita ingin meminjam uang di suatu tempat, usahakan kita tidak memiliki urusan pinjaman di tempat lain.

Itulah sejumlah penyebab yang membuat pengajuan pinjaman online masih sering ditolak. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. Selamat mempraktikkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here