25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu atau institusi.

Sebagai platform pinjaman online, Modal Rakyat bisa dijadikan alternatif untuk pembiayaan bagi pelaku UKM yang belum dapat pelayanan lembaga keuangan lainnya.

Platform ini mempercepat proses seleksi, namun juga meningkatkan keakuratan pinjaman melalui uji kelayakan dan analisis risiko yang dikembangkannya. Hal ini tentunya akan memberikan jaminan dan rasa aman kepada para pemberi pinjaman yang mengakses platform ini.

Di sisi lain, Modal Rakyat juga telah beroperasi dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor surat KEP-27/D.05/2021. Artinya, segala jenis transaksi dan operasional yang dijalankan di platform ini dapat lebih terjamin daripada platform lain yang belum memiliki izin resmi dari regulator.

Modal Rakyat menawarkan solusi melalui layanan digitalnya, dengan mempertemukan UKM yang membutuhkan dana dan pendana secara aman, terpercaya, dan menguntungkan. Kedua belah pihak yang berinteraksi di platform ini akan mendapatkan keuntungan masing-masing, yaitu peminjam mendapat dana yang dibutuhkan, sedang pendana mendapat keuntungan berupa imbal hasil yang mencapai 18 persen (flat per tahun) dari hasil pendanaannya.

Menjadi Pemberi Pinjaman di Modal Rakyat

Sebelumnya, untuk lebih meyakinkan pemberi pinjaman, seluruh kegiatan usaha yang dilakukan oleh platform ini telah diatur oleh OJK, dan platform juga memastikan akan patuh terhadap peraturan yang berlaku. Nah, apa saja keuntungan menjadi pemberi pinjaman di platform pinjol ini? Berikut ulasannya.

  1. Platform ini menawarkan imbal hasil yang sangat menarik, pemberi pinjaman dapat meraih imbal hasil sebesar 18 persen per tahunnya.
  2. Platform pinjaman online ini menyediakan pendanaan yang bisa dibilang cukup rendah. Sehingga siapapun dapat memberikan pendanaan kepada pelaku UKM yang telah terdaftar dan telah diseleksi ketat oleh tim analisis platform. Untuk menjadi pendana, kamu bisa memulainya dengan nominal Rp 25 ribu, lho.
  3. Modal Rakyat memberikan pilihan pembiayaan dengan durasi pinjaman yang beragam. Pemberi pinjaman bisa memilih durasi yang sesuai mulai dari satu bulan. Hal ini akan memudahkan pemberi pinjaman mengatur atau mengelola pendanaan yang dilakukannya.

Jenis Pendanaan yang Tersedia

Ada beberapa jenis pembiayaan yang disediakan oleh platform ini. Apa saja itu?

  1. Modal Invoice, yaitu pembiayaan piutang yang akan diperoleh peminjam dengan menjaminkan faktur.
  2. Modal Mikro, yaitu pembiayaan dengan nominal kecil yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro.
  3. Modal Usaha, yaitu pembiayaan bagi pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan tambahan modal dengan cepat untuk mengembangkan usaha.

Cara Kerja Pendanaan

Untuk melakukan pembiayaan atau pendanaan, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna.

  1. Buka situs website resmi Modal Rakyat, kemudian buat akun di platform.
  2. Jika akun kamu sudah terdaftar dan terverifikasi, kamu dapat memilih proyek UKM yang tersedia di platform.
  3. Setelah itu, lakukan transfer ke virtual account yang disediakan. Dana tersebut akan disalurkan kepada pelaku UKM setelah pengumpulan dana selesai.
  4. Setelah itu, barulah pemberi pinjaman mendapat imbal hasil saat peminjam memproses pelunasan pinjamannya.

Menjadi Peminjam di Modal Rakyat

Apa saja keuntungan meminjam di platform pinjol ini?

  1. Segala jenis kegiatan usaha yang dilakukan sudah terjamin, sehingga memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada peminjam yang ingin mencari pendanaan.
  2. Bunga pinjaman yang tersedia akan disesuaikan dengan tingkat risiko bisnis masing-masing pemilik usaha, sehingga relative lebih kompetitif daripada platform pinjol lainnya.
  3. Platform memproses survey, analisis, serta penentuan tingkat risiko atau suku bunga secara cepat dan efisien, dengan kurun waktu maksimal 5 hari kerja.
  4. Pengajuan pendanaan yang dilakukan di platform tergolong cukup mudah dan bisa dilakukan dalam waktu 15 menit saja.

Cara Kerja Peminjaman

  1. Daftar sebagai peminjam di situs website platform.
  2. Setelah akun terdaftar dan diverifikasi, peminjam dapat mengajukan pinjaman di platform.
  3. Peminjam tinggal menunggu persetujuan dari platform, apabila disetujui, maka platform akan mengadakan penggalangan dana di situs websitenya.
  4. Jika dana yang diinginkan sudah terkumpul, maka platform akan mencairkannya kepada peminjam.
  5. Setelah dana diterima, tugas peminjam selanjutnya adalah mengembalikan pinjaman sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE