29.5 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Saat Pandemi, Platform Manajemen Media Sosial banyak Diburu UMKM Digital

DuniaFintech.com – Manajemen Media Sosial bukan saja membantu pemasaran Anda menjadi lebih baik tetapi juga bisa menjadi pembuang waktu yang luar biasa banyak. Apalagi anda mengelola lebih dari 1 profil, dengan semua hal yang harus Anda lakukan, siapa yang punya waktu untuk masuk ke tiap platform tersendiri lalu menghabiskan banyak waktu membuat update status, cuitan, pin, dan lebih banyak lagi.

Sebagai pelaku UMKM yang bergerak di sektor digital, Selain mengelola bisnis dan mengerjakan proyek-proyek klien atau pesanan-pesaanan baru, Anda juga bertugas untuk membangun hubungan yang baik dengan klien, menemukan prospek-prospek baru, dan memasarkan bisnis Anda. Dengan mempertimbangkan bahwa waktu adalah uang, Anda tidak boleh membuang waktu semenit pun dalam sehari.

Di zaman serba digital ini, segala bentuk kegiatan beradaptasi seiring dengan berjalannya perkembangan teknologi yang pesat, termasuk manajemen media sosial. Jika sebelumnya sebuah iklan hanya dapat dilihat melalui selembaran dan papan iklan di jalanan atau di layar kaca, maka sekarang ini dapat ditemui banyak iklan yang terpampang jelas di layar smartphone Anda.

Alat ini akan membantu Anda untuk mengelola dan memantau semua saluran media sosial dari satu tempat, mengirim dan menjadwalkan sebuah konten, mengatur pemberitahuan ketika seseorang melakukan mention pada bisnis Anda, dan mendapatkan statistik tentang seberapa baik media sosial bekerja untuk Anda. Salah satu alat yang paling populer adalah Hootsuite. Meskipun mudah untuk digunakan, Anda mungkin belum tahu cara mengoperasikannya dengan baik.

Baca Juga:

Mengenal Hootsuite dan Cara Kerjanya

Hootsuite adalah alat yang dapat membantu Anda untuk bisa melacak dan mengelola banyak media sosial secara bersamaan. Diciptakan oleh Ryan Holmes, Dario Meli, dan David Tedman pada 2008, alat ini dapat memantau apa yang telah dikatakan orang tentang brand Anda serta membantu meresponsnya secara instan.

Melalui Hootsuite, Anda dapat langsung terhubung ke berbagai jaringan seperti Facebook, Twitter, dan Google+ sehingga bisa mem-posting pembaruan atau membalas tanggapan secara langsung tanpa harus membuka berbagai situs tersebut. Dengan banyak akun yang bisa dikelola untuk melakukan bisnis, Hootsuite menjadi alat yang populer dan dapat diandalkan oleh banyak perusahaan saat ini.

Jika Anda belum memiliki akun Hootsuite, Anda dapat membuat akun gratis dengan cepat dan mudah. Cukup buka situs Hootsuite dan pilih tombol Get Started–Free. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi data informasi dan menghubungkan akun sosial Anda. Jika Anda perlu untuk menambahkan jaringan media sosial tambahan di masa mendatang, cukup klik gambar profil Anda di pojok kiri atas dan pilih Add Social Network.

Setelah itu Anda lakukan penjadwalan Posting-an media sosial. Fitur ini akan berguna untuk terus mem-posting konten di media sosial Anda secara otomatis. Meskipun begitu, jangan terlalu bergantung sepenuhnya pada posting-an yang telah dijadwalkan sebelumnya karena dunia media sosial sifatnya dinamis dan banyak hal yang bisa berubah setiap saat.

Untuk menjadwalkan posting-an, masukkan konten Anda, lalu klik ikon kalender dan pilih tanggal serta waktu yang ingin Anda posting. Anda dapat menerima pemberitahuan melalui email ketika konten tersebut telah di-posting dengan mencentang kotak di bawah kolom waktu.

Saat Anda mulai terbiasa menggunakan Hootsuite, Anda dapat memanfaatkan fitur lain yang ditawarkan platform ini. Jika memiliki anggaran lebih, Anda bisa menggunakan fitur berbayar untuk mendapatkan akses yang lebih. Pada akhirnya, Hootsuite adalah alat yang bisa membantu manajemen media sosial Anda untuk melakukan interaksi dengan pengguna media sosial secara bersamaan sehingga bisa menghemat waktu dan sumber daya dalam menjalankan kampanye pemasaran digital.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pembatalan Polis Asuransi Mobil: Prosedur dan Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, pembatalan polis asuransi mobil merupakan cara menyelesaikan polis asuransi mobil yang masih dalam masa pertanggungan. Dalam arti, belum satu...

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...
LANGUAGE