25.6 C
Jakarta
Minggu, 25 Oktober, 2020

Pengertian Cyber Security dan Peran Pentingnya dalam Perusahaan

DuniaFintech.com – Dengan ancaman cyber yang terus berkembang, Cyber security dapat menjadi usaha yang kompleks. Karena sifat yang menguntungkan dari serangan siber yang sukses, penjahat dunia maya menjadi semakin canggih dalam taktik mereka. Namun sebenarnya apa sih pengertian Cyber security itu sendiri?

Pengertian Cyber Security

Cyber security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber attack atau serangan siber dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Tindakan ini bisa ditujukan untuk mengganggu secara fisik maupun dari alur logic sistem informasi.

Dapat disimpulkan serangan siber dapat menyebabkan gangguan yang signifikan dan bahkan merusak perusahaan yang paling tangguh. Perusahaan yang terkena dampaknya akan kehilangan aset, reputasi dan bisnis, dan menghadapi denda dan biaya remediasi. Oleh karena itu, terciptalah Cyber security sebagai solusi.

Elemen-elemen Pokok di Dalam Cyber Security

Di dalam keamanan siber sendiri, tidak hanya tersedia satu elemen saja. Walau memang fokus utamanya adalah menjaga keamanan jaringan dan sistem dari serangan yang tidak bertanggung jawab dan membahayakan, ada beberapa elemen yang perlu Anda ketahui:

  • Dokumen security policy merupakan dokumen standard yang dijadikan acuan dalam menjalankan semua proses terkait keamanan informasi.
  • Information infrastructure merupakan media yang berperan dalam kelangsungan operasi informasi meliputi hardware dan software. Contohnya adalah routerswitchserver, sistem operasi, database, dan website.
  • Perimeter Defense merupakan media yang berperan sebagai komponen pertahanan pada infrastruktur informasi misalnya IDS, IPS, dan firewall.
  • Network Monitoring System merupakan media yang berperan untuk memonitor kelayakan, utilisasi, dan performance infrastruktur informasi.
  • System Information and Event Management merupakan media yang berperan dalam memonitor berbagai kejadian di jaringan termasuk kejadian terkait pada insiden keamanan.
  • Network Security Assessment merupakan elemen cyber security yang berperan sebagai mekanisme kontrol dan memberikan measurement level keamanan informasi.
  • Human resource dan security awareness berkaitan dengan sumber daya manusia dan awareness-nya pada keamanan informasi.

Tugas Praktisi Cyber Security

Dalam menjalankan keamanan data dalam dunia telematika terdapat tugas-tugas penting dari praktisi cyber security yang saling berhubungan dan saling bekerjasama untuk menjada data-data yang ada. Beberapa tugas-tugas tersebut dikerjakan oleh orang-orang profesional yang menggeluti pekerjaan ini. Ada 3 tugas utama yang harus praktisi cyber security lakukan untuk membuat data-data tetap aman dari serangan cyber crime.

  1. Analis Keamanan, seperti tugas analis kebanyak, seorang analis keamanan bertugas untuk memetakan potensi ancaman cyber crime, kemudian akan memberikan masukan untuk melakuakan mitigasi yang berguna untuk menyelesaikan ancaman tersebut. 
  2. Spesialis Forensik, melakukan penyelidikan pasca potensi kebocoran keamanan yang barusaja terjadi. Seorang spesialis forensik harus memiliki kemampuan teknis yang mumpuni untuk bisa mencari dan memetakan jejak-jejak yang ditinggalkan oleh pelaku, untuk bisa melacak dan menemukan pelaku.
  3. Hacker/Peretas, tugas yang ketiga adalah untuk meretas. Sebenarnya hacker / peretas adalah istilah yang diberikan kepada orang-rang yang memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan eksploitasi terhadap sistem telematika melalui berbagai cara. Namun istilah ini disalah artikan seolah-olah tindakan hacking merupakan sebuah tindakan kriminal.

Baca juga:

Peran Penting Cyber Security dalam Perusahaan

  • Melindungi dari malware, ransomware, phishing, dan, social engineering.
  • Melindungi data dan jaringan yang digunakan
  • Mencegah adanya pengguna yang tidak sah di dalam jaringan sebuah perusahaan
  • Bisa mempercepat perbaikan setelah adanya usaha serangan cyber ke dalam sistem dan jaringan perusahaan
  • Melindungi para end-user
  • Bisa membuat produk lebih terpercaya untuk perusahaan dan para pelanggannya

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa Cyber security terbukti berperan penting dalam sebuah perusahaan. Tidak peduli sebesar maupun sekecil apa pun bisnis yang Anda punya, aspek keamanan haruslah diposisikan sebagai prioritas utama. Keamanan di bisnis digital adalah penentu keselamatan perusahaan. Karena faktanya, tidak sedikit perusahaan global yang bangkrut karena terkena serangan siber.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Modal 1 Juta Bisa Dapat Untung Besar dengan Ide Usaha Ini, Apa Saja? Simak di Sini

Duniafintech.com - Modal sedikit bukan menjadi penghalang untuk tidak memulai berbisnis. Karena, banyak anggapan yang mengatakan bahwa berbisnis harus memiliki modal yang...

UMKM Bisa Ajukan Pinjaman dengan Bunga Rendah di Fintech Ini, Di Cek Yuk!

Duniafintech.com - Pinjaman dengan bunga rendah untuk Modal Usaha ditawarkan Fintech P2P Lending untuk pengusaha kecil yang menghadapi kesulitan modal dan tidak...

Mau Beli Mobil Tanpa Keuangan Terganggu? Ikuti Cara Ini

DuniaFintech.com - Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil dapat membantu mengurangi biaya transportasi. Namun ternyata belum tentu loh, bisa saja justru...

Pilihan Pekerjaan Online Tanpa Menggunakan Modal dengan Penghasilan Fantastis

Duniafintech.com - Ketika penghasilan tetap masih tidak bisa mencukup kebutuhan utama, tentu kerja sampingan adalah solusinya. Tetapi, Anda pasti lebih memilih pekerjaan...

Harga Emas Digital per Jumat 23 Oktober 2020 Masih Murah!

DuniaFintech.com - Harga emas di layanan digital per Jumat 23 Oktober terpantau masih berada di angka yang rendah. Jika melihat dari layanan...
LANGUAGE